Berita Kampus
UPER Jawab Kegundahan Siswa-Siswi SMA Lewat Pameran IIETE 2023

Published by: Universitas Pertamina 21 February 2023
Di baca: 39 kali
Jakarta, 21 Februari 2023 - Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama (Kemenko PMK) Prof. Dr. R. Agus Sartono, M.B.A. mengatakan setiap tahunnya 1,9 juta siswa lulusan SMA, MA, dan SMK belum bisa mendapatkan kesempatan berkuliah.

Prof. Agus menyampaikan terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan siswa-siswi tersebut kesulitan mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi diantaranya adalah kondisi ekonomi dan terbatasnya bangku perkuliahan.

Hal ini juga dirasakan oleh siswa-siswi SMA, MA, dan SMK yang hadir pada Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada Minggu (19/2).

Siska salah satu pengunjung IIETE 2023 dari SMA Dental Asisten Sekesal Jakarta mengaku bahwa persaingan ketat dan biaya kuliah yang cukup tinggi menjadi salah satu pertimbangan dirinya untuk memasuki dunia perkuliahan.

“Banyak sih yang harus aku pikirkan, makannya hari ini aku datang kesini untuk lihat-lihat kampus mana saja yang sekiranya bisa cocok buat aku, termasuk dari segi biaya dan peluangnya”, ujar Siska saat ditemui di lokasi.

Berkenaan dengan hal tersebut, selama empat hari Universitas Pertamina mengikuti kegiatan IIETE 2023 untuk mencoba menjawab kegundahan siswa-siswi melalui kegiatan konsultasi dan pemaparan mengenai program studi, kurikulum, jalur masuk, sampai dengan beasiswa yang tersedia.

Di bulan Februari ini, setidaknya sudah ada tiga beasiswa yang ditawarkan Universitas Pertamina yaitu Beasiswa Generasi Juara Double Degree, Beasiswa Bazma Universitas Pertamina 2023, dan Beasiswa Generasi Juara.

Beasiswa Generasi Juara sendiri ditujukan bagi seluruh siswa-siswi SMA sederajat yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Pendaftaran beasiswa ini masih terbuka sampai dengan 28 Februari 2023.

Berbeda dengan Beasiswa Generasi Juara, Beasiswa Bazma adalah beasiswa dari Baituzzakah Pertamina yang diberikan kepada mahasiswa muslim terdaftar Universitas Pertamina yang memiliki kendala secara finansial.

Sementara itu Reyhan Zaki, siswa dari SMA IT Rahmaniyah Bogor yang memiliki minat untuk mempelajari teknik industri di Universitas Pertamina merasa senang, mengetahui bahwa universitas yang ditujunya menyediakan berbagai macam beasiswa.

“Aku seneng banget ya denger Universitas Pertamina menyediakan berbagai macam beasiswa bukan cuman untuk calon mahasiswa baru tapi juga untuk para mahasiswanya nanti. Setidaknya aku jadi bisa coba untuk meringankan beban orang tua-ku”, ucap Zaki.

Selama kegiatan IIETE 2023 booth Universitas Pertamina tidak henti ramai dikunjungi siswa-siswi dari berbagai daerah yang menanyakan informasi seputar Universitas Pertamina. [ER]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved