Berita Kampus
MAHASISWA UPER RAIH JUARA PADA OLIMPIADE SAINS NASIONAL DI BIDANG SOSIOLOGI

Published by: Universitas Pertamina 24 April 2024
Di baca: 69 kali
Terbaru ini, mahasiswa Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina (UPER) gandeng juara pada olimpiade sains di kancang nasional. Olimpiade tersebut, yakni Olimpiade Sains Seluruh Indonesia (OSSI) dan Olimpiade Pelajar Sains Nasional (OPSI).

OSSI 2024 merupakan kompetisi bergengsi tahunan bagi pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki pengetahuan dan bakat di bidang sains oleh Pusat Kejuaraan Sains Nasional (puskanas.id) dibawah naungan Yayasan Berlian Hati Mulia. OSSI 2024 diselenggarakan secara daring pada Minggu, 25 Februari 2024 dan diikuti 4 jenjang per bidang studi, yaitu bidang mahasiswa, bidang SMA/Sederajat, bidang SMP/Sederajat, dan SD/Sederajat. 

Dalam hal ini, Amalia Ulya Annurhalena, Mahasiswa Program Studi Komunikasi UPER merupakan salah satu peserta OSSI 2024 pada bidang mahasiswa. Amalia berhasil meraih peringkat 3 nasional di Bidang Sosiologi yang diikuti oleh 79 peserta dari 50 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 1 negara.

Sedangkan OPSI 2024 merupakan ajang perlombaan olimpiade sains yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi & Pendidikan Indonesia (Yapresindo). Terdapat berbagai jenjang yang diselenggarakan dalam perlombaan ini, di antaranya jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, Perguruan Tinggi, dan Guru SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK Tingkat Nasional. 

Kegiatan perlombaan olimpiade ini diselenggarakan secara serentak pada tanggal 18 Februari 2024 melalui website cbt.pusatprestasi.id. Pada ajang olimpiade ini pula,  Amalia berhasil meraih peringkat 3 nasional di Bidang Sosiologi yang diikuti oleh 71 peserta dari 50 Perguruan Tinggi yang terdiri dari 1 negara.

Sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), Amalia memiliki kegemaran pada bidang Sosiologi. Ia tekun mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Sosiologi baik di kelas maupun melalui internet. Ternyata kegemaran dan tekadnya yang kuat tersebut mampu membuahkan hasil yang maksimal.

“Sebuah pengalaman yang baru bagi saya dan sebuah kebanggaan saya bisa memiliki pencapaian ini. Saya tidak menyangka dapat menjadi juara dalam olimpiade ini. Pesan saya, jangan takut untuk mencoba hal-hal baru yang ingin dilakukan selama hal itu hal yang baik, coba aja dulu. Selain itu pengalaman ini juga mengajarkan kepada saya untuk terus berkembang dan memperbaiki diri. Strategi yang saya miliki untuk mencapai pencapaian ini adalah dengan konsisten saat belajar,” Ucap Amalia Ulya Annurhalena. [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved