TENTANG PRODI

Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina mempelajari tentang perancangan teknologi serta pengimplementasikan rekayasa proses serta pengelolaan sistem untuk menjaga kualitas lingkungan dengan mencegah dan mengendalikan berbagai risiko terhadap lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan manajemen lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dengan menyediakan sistem pengolahan dan pembuangan limbah yang tepat, sistem penyediaan air bersih, dan memastikan keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja dalam upaya mencapai pengelolaan lingkungan dan sumber daya yang berkelanjutan.



VISI

Visi Program Studi Teknik Lingkungan
Menjadi Program Studi Kelas Dunia dalam Bidang Teknik Lingkungan khususnya untuk Menunjang Kegiatan Industri Energi Paling Lambat Tahun 2035

Visi Keilmuan
Menjadi Program Studi Teknik Lingkungan yang unggul dalam bidang pencegahan dan pengendalian pencemaran lingkungan berbasis sains, teknologi, dan manajemen lingkungan dalam rangka mewujudkan pembangunan berkelanjutan

MISI

 Misi Program Studi Teknik Lingkungan
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu dalam bidang teknik lingkungan.
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian di bidang teknik lingkungan dalam rangka pengembangan peradaban dunia.
3. Berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan dan dalam menunjang kegiatan industri energi melalui pemanfaatan hasil kajian akademik di bidang ilmu rekayasa dan pengelolaan lingkungan.
4. Berpartisipasi dalam pembangunan karakter yang berwawasan lingkungan melalui penciptaan budaya dan Iklim akademik kampus dan penularannya kepada masyarakat.

TUJUAN

Tujuan Pendidikan (Program Educational Objective) Program Studi Teknik Lingkungan
PEO 1: Lulusan akan menunjukan sikap integritas dan kemampuan teknis pada praktik profesional di bidang teknik lingkungan dan profesi relevan lainnya.
PEO 2: Lulusan akan menunjukan komitmen menunjang pembangunan berkelanjutan dan kemajuan masyarakat.
PEO 3: Lulusan akan menunjukan kompetensi dalam memperoleh pengetahuan baru dan peningkatan pembelajaran sepanjang hayat.           

PEMINATAN

Proyeksi Lulusan Teknik Lingkungan
Prospek kerja lulusan program studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina meliputi Instansi Pemerintah sebagai penyusun regulasi dan kebijakan, perencana program daerah dan nasional, Badan Riset dan Universitas sebagai peneliti, ahli lingkungan, atau dosen. Climate Change Specialist, Wastewater Specialist, dan Environmental Expert. Konsultan sebagai Project Team Leader, Ahli Teknik Penyediaan Air Minum, Ahli Teknik Pengolahan Air Limbah, Ahli Persampahan, Ahli AMDAL. Industri sebagai Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Research & Development, HSE Engineer, Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, dan Ahli lingkungan.

DOSEN

Dosen 1
Dr.Eng. Ari Rahman, S.T., M.Eng.
ari.rahman@universitaspertamina.ac.id
Ketua Program Studi
Keahlian:
  • Adsorption Treatment (Batch System)
  • Color Removal Treatment
  • Sludge Recycling (Brick and Adsorbent Production)
  • Waste to Energy (Refused Derived Fuel)
  • Carbon Footprint Assessment
  • Health and Safety Environment
  • Ergonomic and Working Posture Analysis
Daftar
Dosen

Galleri

Prestasi Mahasiswa
Testimoni Alumni Teknik Lingkungan Universitas Pertamina
Testimoni Alumni Teknik Lingkungan Universitas Pertamina

berita

07 September 2022
Prestasi Dosen
06 September 2022
Prestasi Mahasiswa
31 May 2021
Mahasiswa Berprestasi
26 March 2022
Beasiswa JASSO
20 September 2021
UPSTRACT 4.0
12 November 2021
Juara 2 LKTIM Nasional

Video


© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved