TENTANG PRODI

Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina merupakan program yang mempelajari bumi dalam kerangka empat dimensi (ruang dan waktu). Program ini berperan dalam pemenuhan kebutuhan manusia terhadap sumberdaya alam secara berkelanjutan.

Secara pesifik, Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina memfokuskan diri pada lingkup energi (minyak dan gas bumi, panas bumi, dan mineral energi) serta lingkungan yang di dalamnya terdapat geologi rekayasa dan hidrogeologi.

VISI

“Menjadi Program Studi Sarjana Teknik Geologi yang melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan fokus pada sumber daya energi migas dan panas bumi (geothermal) serta berstandar internasional selambat-lambatnya pada tahun 2035”.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana teknik geologi yang berfokus pada sumber daya energi migas dan geotermal serta berkurikulum standar nasional dan internasional.
  2. Melakukan penelitian ilmiah di bidang sumber daya energi migas dan panas bumi.
  3. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat khususnya dalam bidang sumber daya energi migas dan panas bumi.
  4. Berpartisipasi aktif dalam kemitraaan antar-pemangku kepentingan baik nasional atau pun internasional.

TUJUAN

  1. Berkarier di industri, instansi pemerintahan, lembaga penelitian, atau berwirausaha, khususnya dalam bidang yang terkait dengan energi (energi fosil, panas bumi, energi baru-terbarukan, rekayasa ‘energi’) dan konservasi lingkungan.
  2. Mengembangkan diri melalui pendidikan pada jenjang lebih tinggi maupun sertifikasi kecakapan sesuai bidang yang ditekuni dengan didasarkan pada dorongan untuk belajar sepanjang hayat seiring dengan perkembangan IPTEK.
  3. Menunjukkan kemampuan memimpin dan bekerja sama multidisiplin dalam lingkungan multikultur dengan menjunjung tinggi integritas dan etika profesi.






PEMINATAN

Proyeksi Lulusan Teknik Geologi
Lulusan Teknik Geologi Universitas Pertamina dapat berkontribusi dalam bidang Energi, Minyak, dan Gas Bumi dengan melakukan tahap awal eksplorasi sumberdaya alam. 

Selain itu lulusan Teknik Geologi dapat berkarir di bidang pertambangan untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi mineral, logam, dan non-logam. 

Lulusan Teknik Geologi juga dapat berkarir di bidang lingkungan melalui peran vital dalam memastikan bangunan agar aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan. 

Selain bidang-bidang di atas, lulusan Teknik Geologi juga berkesempatan mengembangkan karir di bidang energi terbarukan (panas bumi) melalui pelaksanaan eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan ramah lingkungan. 





Lulusan Teknik Geologi juga berperan signifikan dalam ranah mitigasi bencana geologi dan hidrogeologi yang mengelola sumber daya air dengan baik untuk kehidupan.

DOSEN

Dosen 1
Rio Priandri Nugroho, M.Min.Res.
rio.priandri@universitaspertamina.ac.id
Ketua Program Studi
Keahlian:
  • Petrologi
  • Petrografi
  • Penginderaan Jauh
  • Kerangka Struktur dan Metamorfisme pada Kompleks Metamorfik Pompangeo: Mengungkap Waktu Penyingkapan Batuan Dasar Sulawesi Tengah, yang didanai oleh UPSKILLING, biaya yang digunakan sebesar Rp.99.000.000
  • Accuracy Improvement For Remote Sensing Based Lithological Mapping By Using Randomisation And Categorical Coincidence, tahun 2021 dan telah terpublikasi di Jurnal Teknologia Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN Vol 3. No.1 2020 ISSN 2654-5683
  • Penelitian Geologi Lapangan Sesar Cimandiri Jawa Barat . Penelitian ini dilaksanakan tahun 2021, dengan biaya sebesar Rp.5.000.000
Daftar
Dosen

Galleri

Pengambilan Data Geologi di Lapangan
Sandbox Modelling
Bimbingan Mahasiswa

berita

Video

Tidak ada video


© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved