Kiprah Alumni
Universitas Pertamina

Kiprah Alumni

"Franky Michael H. Siagian berhasil menyabet 6 (enam) penghargaan pada ajang kompetisi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang diselenggarakan pada 26 s.d 30 November 2020. Tim Universitas Pertamina yang terdiri dari 6 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pertamina terbagi ke dalam 2 (dua) tim, yang mengikuti 2 kategori desain mobil yang berbeda.

Tim pertama, yaitu Tim Nakoela Hore, berkompetisi pada kategori prototype kelas Motor Pembakaran Dalam (MPD) bensin dan berhasil meraih penghargaan juara 1 kriteria model desain kendaraan prototype, juara 1 kriteria Internal Combustion Engine Prototype, dan juara umum 2 kategori prototype.

Tim kedua, yaitu Tim Sadewa Hore berkompetisi pada kategori urban concept kelas MPD bensin dan berhasil meraih penghargaan juara 1 kriteria rancangan proses dan manajemen produksi urban, juara 2 kriteria model desain kendaraan urban, dan juara umum 2 kategori urban."


Franky Michael H. Siagian
Process Engineer - PT Green Gold Technology
Alumni Teknik Kimia 2020
"Pada saat berkuliah di Universitas Pertamina, saya mendapatkan banyak kenangan menyenangkan dan ilmu yang bermanfaat. Saya belajar untuk aktif dan kritis dalam menghadapi berbagai hal. Pengalaman di UPer mengajarkan saya untuk terus berusaha maju meskipun harus gagal berkali-kali. Tentu itu semua berkat peran aktif dan dukungan dari para Dosen yang membuat saya mampu bangkit. Dukungan penuh dari para dosen dan teman seperjuangan membuat saya terus menggali potensi diri saya di mana pun saya berada. Tanpa adanya dukungan para dosen UPer, mungkin saya tidak akan berprogress sampai di titik ini. Saat ini saya melanjutkan studi di bidang saya saya minati mengenai Sistem dan Teknik Jalan Raya (FTSL) di Institut Teknologi Bandung."

Fitriani Nurhasanah
Studi Lanjut di Program S2 Sistem dan Teknik Jalan Raya (FTSL) Institut Teknologi Bandung
Alumni Teknik Sipil 2021
"Kampus Universitas Pertamina memiliki peran penting bagi hidup saya. Kurikulum UPer didesain sesuai kebutuhan industri. Dosen-dosennya ahli dan juga sangat seru saat mengajar. Fasilitas kampus juga sangat mendukung proses belajar dan berkegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat.

Saya memiliki banyak kesempatan yang luar biasa di UPer. Saya pernah mendapat ""Beasiswa Unggulan Semester (BUS) Genap 2019/2020"" sehingga dibebaskan biaya SPP 100% selama 1 semester. Hal tersebut saya raih dengan fokus belajar untuk mendapatkan IPK yang tinggi dan aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti himpunan mahasiswa, kompetisi/lomba (tingkat nasional dan internasional), kepanitiaan, volunteer, UKM, dan Korps Protokoler Mahasiswa. Selain itu, saya mendapatkan penghargaan sebagai ""Lulusan dengan Prestasi Non-Akademik Terbaik Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pertamina"" dengan nilai PEM 32.825. Berbagai pengalaman yang saya dapatkan di UPer, membuat saya untuk selalu berproses dan belajar agar terus berkarya dan bisa bermanfaat bagi sesama.

Saat ini saya bekerja sebagai Data Processing Executive di PT Intage Indonesia."

Najmita Riadiana
Data Processing Executive PT Intage Indonesia
Alumni Ekonomi 2021
"Bekerja di perusahaan Oil and Gas merupakan cita-cita banyak orang, tak terkecuali saya. Sejak kecil saya sudah punya keinginan kuat untuk berkarir di dunia Oil dan Gas karena dunia eksplorasi dan produksi minyak gas bumi bagi saya sangat menarik dan penuh tantangan. Dengan ilmu dan berbagai pengalaman yang saya lalui di UPer, saat ini saya bekerja sebagai Field Drilling Engineer di PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur."

Reifandi Redhiza
Field Drilling Engineer di PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur
Alumni Teknik Perminyakan 2020
"Banyak sekali pengalaman dan teori yang saya dapatkan dan pelajari di Prodi Komunikasi UPer. Salah satunya pada mata kuliah public speaking. Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan teori saja, namun pengalaman praktik langsung berbicara di depan panggung auditorium. Hal ini membuat rasa percaya diri saya dalam berbicara di depan khalayak semakin meningkatkan. Selain itu, banyak juga mata kuliah yang saat ujian akhir semester tidak hanya berkegiatan mengisi soal-soal di kelas, melainkan mahasiswa didorong untuk membuat projek-projek yang nantinya menjadi sebuah karya. Salah satu contohnya adalah membuat film pendek dengan bantuan alat-alat laboratorium komunikasi seperti studio, kamera, lighting, serta PC untuk editing.

Dari pengalaman dan pembelajaran itulah yang menjadi bekal pekerjaan saya saat ini. Bermula saat kuliah, saya mengajukan diri sebagai student ambassador cicil.id, lalu magang di ruangobrol.id sebagai content writer, dan part-time di Charles & Keith. Dari pengalaman tersebut, saat ini saya bekerja sebagai Bussines Development Jurnal.id by Mekari, di pekerjaan ini saya setiap hari banyak bertemu para pelaku usaha level kecil, menengah, sampai usaha besar untuk membantu dalam pembuatan laporan keuangan agar bisnis dapat semakin berkembang dengan sistem pembukuan otomatis dan efisien."

Fiqoh Abdullah
Business Development Jurnal.id by Mekari
Alumni Komunikasi 2020
"Terdapat banyak tantangan yang diberikan UPer kepada para mahasiswa. Kurikulumnya tingkat internasional dan standar penilaiannya sangat ketat. Saya sangat terbantu karena dosen-dosen UPer masih muda-muda dan kompeten yang selain menaruh harapan tinggi kepada mahasiswa juga membimbing saya dengan sangat baik. Namun, sejalan dengan besarnya tantangan tersebut, pada akhirnya mampu membuat saya belajar banyak dan memperoleh pencapaian membanggakan agar tidak tertinggal dan mampu bangkit lebih tinggi dari yang lain.

Banyak ilmu dan pengalaman di UPer yang membentuk mindset saya dan kini sangat berguna dalam karir saya sebagai Senior Designer dan Team Lead di tempat kerja. Kemampuan problem solving, critical thinking, dan technical skills yang saya miliki sekarang merupakan buah yang saya tuai dari benih ilmu yang ditanamkan selama 4 tahun berkuliah di UPer."

Refal Pradama Dahlan
UX Lead / Senior UX Designer smarteye.id (Telkom Group)
Alumni Ilmu Komputer 2020
"Berkuliah di UPer membuka banyak peluang bagi saya dalam mempersiapkan karir setelah lulus. Sebagai perantau, saya bersyukur bisa mendapat kesempatan untuk bekerja paruh waktu sebagai Asisten Laboratorium di Lab Fakultas. Dosen sangat aktif melibatkan mahasiswa dalam berbagai project riset dan eksplorasi. Hal tersebut juga membuka peluang Kerja Praktik bagi saya di PPTMBG Lemigas dan melaksanakan Penelitian Tugas Akhir di perusahaan migas BP Berau, Ltd. dengan fasilitas lab yang lengkap serta kuliah lapangan yang menunjang akademik mahasiswa. Selain itu, kampus juga mendukung kegiatan mahasiswa yaitu melalui UKM dan Himpunan Mahasiswa Prodi. Saya berkesempatan mengikuti Musyawarah Nasional, Persatuan Himpunan Mahasiswa Geologi Indonesia di Palembang tahun 2019, mewakili HMTG Mahandraga.

Universitas Pertamina juga sangat mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi. Hal ini memotivasi saya sehingga bisa meraih beberapa prestasi diantaranya, Top 10 International Renewable Energy Start Up Competition, Peraih dana hibah Program Kreativitas Mahasiswa Kemendikbud, Quarterfinalist Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia oleh Kemendikbud, 2nd Winner Joint Convention Yogyakarta Student Competition, dan lain sebagainya. Bukan hanya di bidang akademik, saya juga merasakan pengembangan minat bakat di bidang tari dan olahraga selama berkuliah. Bekal yang didapat dari kuliah saat ini saya bawa kembali ke kota kelahiran saya, dan sedang diimplementasikan untuk kemajuan infrastruktur serta sumber daya manusia, agar ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi masyarakat."

Pingkan Engelina Putri Mirah
Nona Manado 2022 (Runner Up) Youth and Tourism Ambassador of Manado City
Alumni Teknik Geologi -
"Menimba ilmu di UPer menjadi salah satu momen terpenting dalam hidup saya. Di sanalah saya berkesempatan untuk mengesplorasi diri saya dan mengembangkan diri saya, bukan hanya dari aspek intelektual, namun jg dari aspek kepemimpinan dan kehidupan sosial.

Momen istimewa pertama selama berkuliah bagi saya yaitu ketika saya dipercaya untuk bisa menjadi ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil yang pertama. Sebuah tantangan yang amat besar bagi saya yang merupakan seorang introvert. Namun justru disinilah titik balik besar dalam hidup saya, yang juga menjadi bekal utama dalam pekerjaan saya saat ini yang mengharuskan saya memimpin dan mengarahkan sekitar 80 manpower dalam area kerja saya.

Kemudian momen istimewa kedua yakni mendapatkan penghargaan sebagai lulusan terbaik dari Fakultas Perencanaan Infrastruktur. Sebuah kebanggaan yang amat besar sekaligus menutup perjuangan saya di kampus UPer. Dengan bekal yang sudah saya terima di UPer ditambah lagi dengan penghargaan ini, di satu sisi menjadi beban dan tanggungan besar bagi saya, di sisi lain juga membuat saya semakin termotivasi untuk bisa fight di dunia kerja dan membuat bangga almamater UPer dimanapun saya bekerja.

Saat ini saya bekerja di salah satu proyek migas terbesar di Indonesia yakni Refinery Development Master Plan (RDMP) di area kerja Pertamina RU-V Balikpapan. Lalu saya bergabung dengan kontraktor dengan skala multinasional yakni Hyundai Engineering & Construction. Hal ini sekaligus mewujudkan 2 impian saya semenjak kuliah, yakni bekerja di dunia migas dan bekerja di perusahaan multinasional."

Linus Septa Anditya
Civil Engineer RDMP Balikpapan JO (Hyundai Engineering & Construction)
Alumni Teknik Sipil 2020
"Kuliah di UPer memberi saya banyak inspirasi untuk terus beradaptasi dan berkembang karena saya bisa bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang yang beragam. Saya merasa softskill dan hardskill saya banyak diasah melalui kegiatan akademik dan non-akademik.

Lokasi UPer yang terletak di pusat kota Jakarta yang merupakan pusat ekonomi Indonesia juga memberikan saya peluang yang lebih baik dalam pengembangan diri dan bersosialisasi. Selain itu, UPer juga sangat membantu saya dalam persiapan memasuki dunia kerja dengan memberikan akses dan kemudahan untuk magang di perusahaan.

Saat ini saya bekerja sebagai Associate Consultant (Recruitment) pada perusahaan Glints."

Raihan Mufid
Associate Consultant (Recruitment) Glints
Alumni Manajemen 2021
"Di Prodi Teknik Logistik UPer saya menemukan ketertarikan di bidang Logistik dan Supply Chain Management. Dari berbagai mata kuliah yang ada, saya paling suka mata kuliah Logistik Minyak & Gas, Logistik Maritim, dan Data Analisis di Bidang Logistik. Tidak hanya pembelajaran dalam kelas, kami juga secara rutin diberikan exposure dunia industri melalui kunjungan industri dan kuliah tamu dari para expert di sektor logistik, energi, FMCG, dsb. Kami juga diarahkan untuk meningkatkan kompetensi melalui program pelatihan dan sertifikasi yang diakui nasional hingga internasional.

Di UPer, berbagai bentuk dukungan tersedia bagi kami yang aktif mengembangkan diri baik di dalam maupun di luar kampus. Di dalam kampus saya memilih untuk aktif di organisasi kemahasiswaan dan laboratorium. Selain itu, UPer juga mendukung saya untuk berpartisipasi dalam kegiatan di luar kampus seperti kegiatan International Volunteer, Program Magang di PT Kilang Pertamina Internasional & PT Adhi Karya, serta ajang konferensi internasional.

Tak hanya itu, bahkan setelah saya lulus, para dosen tetap terbuka untuk membimbing saya hingga saat ini saya berhasil melanjutkan studi saya di Magister Teknik Industri Universitas Indonesia."

Nabila Fajri Kusuma Ningrum
Studi Lanjut di Teknik Industri, Universitas Indonesia
Alumni Teknik Logistik 2020
"UPer adalah tempat menimba ilmu sekaligus tempat belajar untuk bekerja secara profesional. Selama berkuliah di UPer saya juga mendapatkan kesempatan untuk terlibat menjadi asisten laboratorium maupun menjadi tutor sebaya. Melalui kesempatan ini saya belajar membagi waktu dengan baik dan juga bersikap profesional pada saat mengajar. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri dan menjadi modal yang baik pada saat saya terjun ke dunia kerja."

Fransisko
Associate Field Engineer McDermott International, Ltd
Alumni Alumni Prodi Teknik Sipil 2020 -
"Berkuliah di UPer merupakan salah satu keputusan terbaik saya dalam hidup saya. UPer banyak sekali memberikan ruang untuk mengembangkan diri melalui kegiatan akademik, organisasi dan kegiatan pengembangan karakter yang diselenggarakan. Hadirnya juga mata kuliah seperti critical thinking dan creative problem solving membuat saya dapat beradaptasi dan berkembang secara maksimal di era teknologi yang serba cepat ini. Berbekal pengalaman ini pula yang membuat saya dapat diterima bekerja sebagai Business Analyst di salah satu perusahaan konsultan dan jasa teknologi terkemuka di dunia."

Hary Perdana Kamal
Business Analyst NTT Ltd.
Alumni Alumni Prodi Teknik Kimia 2021 -
"Sejak SMA, saya sudah suka membuat aplikasi komputer dan sering mengikuti lomba dalam bidang tersebut. Salah satu lomba yang saya ikuti adalah LKKIUP 2016 yang kemudian menghantarkan saya mendapatkan beasiswa di Universitas pertamina.

Selama berkuliah saya mengasah hardskill dan softskill melalui program pemagangan. Saya magang di beberapa perusahaan yang saya impikan seperti: Kudo, Tokopedia dan PT Citra Tubindo Tbk. Saya juga aktif di organisasi kemahasiswaan baik internal maupun external.

Berkat ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan di kampus dan di luar kampus, saat ini saya berkerja sebagai Software Engineer in Engineering Productivity di PT Tokopedia (GOTO Group). Saya menangani Research and Development dan bertanggung jawab untuk memastikan kualitas dan fungsionalitas pada aplikasi Tokopedia."

Alzahid Muhasabah
Software Engineer in Engineering Productivity PT Tokopedia (GOTO Group)
Alumni Ilmu Komputer 2020
"Salah satu hal yang patut saya syukuri dalam milestone kehidupan saya adalah berkuliah di UPer. Kampus UPer adalah lingkungan yang sangat mendukung untuk berkembang dan mengasah hardskill maupun softskill.

Materi kuliah dan studi kasus yang diberikan saat perkuliahan sangat up-to-date berskala nasional dan internasional, serta real tentang isu-isu yang dihadapi masyarakat dan industri. Cara dosen UPer mengajar pun unik dan menarik, tidak monoton satu arah saja. Bahkan, bentuk-bentuk tugas, UTS ataupun UAS-nya beragam, tidak hanya duduk mengerjakan soal, tetapi bisa berupa role playing, analisa kasus, mengelola event, hingga membuat karya Film Pendek dan Dokumenter. Dari input tersebut, saya mendapatkan pemahaman dan kemampuan teori dan praktik yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Meskipun terdapat tantangan tersendiri selama proses pembelajaran di UPer, namun tantangan tersebut mampu mengasah pola pikir kritis, sistematis, dan membentuk pribadi yang fleksibel terhadap perubahan dan perbedaan pandangan."

Silmy Harashta
Internal Communication, PT Pertamina Hulu Energi
Alumni Komunikasi 2020
"Walaupun UPer adalah kampus yang bisa dibilang baru, namun mahasiswa UPer mampu bersaing dengan kampus-kampus ternama lainnya. Universitas Pertamina adalah salah satu kampus swasta dengan standard akademik yang tinggi. Hal ini sangat bagus untuk modal dalam memperbaiki kualitas SDM yang nantinya akan bersaing di ranah global pada waktu yang akan datang."

Moh Akhim Bayu Habsoro
Manager Mitra Persada Carton Box
Alumni Ekonomi 2020
"Menjadi mahasiswi Hubungan Internasional UPer sangatlah menyenangkan dan membantu saya menjadi pribadi yang lebih maju. Saya dibimbing oleh dosen-dosen berkualitas dan belajar mata kuliah yang mampu melatih pola pikir dan sangat membantu saya dalam dunia kerja.

Prodi ini juga dilengkapi dengan fasilitas dan program tahunan yang luar biasa yaitu ruang MSA yang biasa digunakan untuk berdiskusi dan melatih kemampuan diplomasi serta kegiatan Model ASEAN Meeting UPer dengan skala internasional yang mampu melatih soft-skill mahasiswa/i sebagai penyelenggara."

Viona Angeline Kristmonita
Program Assistant, FHI 360 - EPiC Project
Alumni Hubungan Internasional 2020
"Banyak dari pencapaian yang telah saya capai merupakan hasil dari dukungan dosen-dosen sebagai wali akademis saya dan teman seperjuangan ketika kuliah. Mulai dari menjadi perwakilan pertama Universitas Pertamina dari Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) hingga menjadi Juara 3 bersama tim di Puspitek Innovation Festival.

Selain itu, berkat beasiswa yang diberikan Universitas Pertamina, saya bisa untuk pertama kalinya melangkah ke Jepang untuk internship program di National Institute of Technology, Akashi. Lengkap sudah komponen perjalanan pendidikan selama di Universitas Pertamina. Materi perkuliahan yang mantap diiringi dengan lingkungan yang mendorong saya untuk terus berkembang adalah nikmat tersendiri bagi saya." Dan sekali lagi, dengan bekal dan dukungan yang saya terima, saya dapat kembali melanjutkan pendidikan tinggi di program Computational Color and Spectral Imaging di tiga negara di Eropa (Norwegia, Spanyol dan Finlandia) dengan beasiswa Eramus Mundus Joint Master Degree."

Riestiya Zain Fadillah
Peraih Beasiswa Eramus Mundus Joint Master Degree - Program Computational Color and Spectral Imaging di tiga negara di Eropa (Norwegia, Spanyol dan Finlandia)
Alumni Program Studi Ilmu Komputer 2020
"Sebagai Alumni Teknik Logistik Universitas Pertamina, ada 2 hal yang paling berkesan yang saya dapatkan selama berkuliah yaitu International Exposure dan Life-long Learning Mindset.

Saya mendapatkan banyak sekali International Exposure ketika berkuliah di UPer, seperti mengikuti Internship di National Taiwan University of Science and Technology - Taipei 2018, mengikuti kompetisi poster ilmiah di Waseda University - Tokyo 2019, dan mengikuti kompetisi konsep bisnis di SEASS - Singapura 2019. Disana saya belajar bagaimana beradaptasi dan berkompetisi secara global di tengah perkembangan era globalisasi sekarang ini.

Adapun Life-long Learning Mindset banyak saya dapatkan dari Prodi Teknik Logistik. Prodi ini berfokus pada optimasi dan efisiensi sistem yang sangat memerlukan pola pikir untuk terus belajar dan maju seiring berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi di sekitar kita.

Dua hal tersebut membantu saya untuk meraih cita-cita saya untuk dapat belajar dan bekerja di perusahaan berskala global, bersama dengan orang-orang hebat dari berbagai belahan dunia. Setelah lulus saya mengikuti internship di U.S. Embassy Jakarta selama 3 Bulan dan sekarang bekerja di PT. Multi Bintang Indonesia (part of HEINEKEN Company) sebagai Customer Service Administrator. Saya bertugas untuk mengurus proses distribusi produk PT. Multi Bintang Indonesia baik secara nasional maupun global."

Hegel Johanes
Customer Service Administrator PT Multi Bintang Indonesia
Alumni Teknik Logistik 2020
"Menimba ilmu di UPer adalah salah satu perjalanan hidup saya yang paling menyenangkan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan serta hal-hal menarik yang bagi saya sangat berperan dalam proses pendewasaan hingga pengembangan softskill dan hardskill.

Lingkungan sosial UPer yang membangun (support orang tua, teman-teman, dan juga dosen), menghantarkan saya untuk bisa aktif belajar, berorganisasi di himpunan, bergabung dengan UKM, menjadi asisten laboratorium, magang di perusahaan, hingga mengikuti berbagai macam kompetisi di luar UPer.

Salah satu pencapaian terbaik yang saya raih adalah kejuaraan dengan kategori Desain Poster Terbaik dalam ajang Southeast Asia Start-up Summit 2019 di Singapura di mana saya bersama tim merancang bisnis model untuk perusahaan pengemasan barang berbahan biodegradable.

Selain itu, pembelajaran di UPer juga sangat membantu pola berpikir kritis saya dalam mendefinisikan hingga menentukan solusi dari suatu permasalahan. Dari situlah, saya bersama tim saya bisa meraih beberapa kejuaraan dalam perlombaan studi kasus, di antaranya adalah Juara 1 Logistics Case Competition IPB University 2020, Juara 2 Logistics Case Competition IPB University 2021, dan Juara 3 Logistics Case Competition DHL Supply Chain 2021.

Berkat ilmu dan pengalaman tersebut, saat ini saya bekerja sebagai 2nd Home Business Analyst di Danone Indonesia. Saya bertanggung jawab untuk manganalisa data regional market landscape dan support untuk penjualan Brand AQUA di segment office, industrial, hospital, dan education."

Muhammad Fajril Atthoriq
2nd Home Business Analyst Danone Indonesia
Alumni Teknik Logistik 2021
"Materi perkuliahan yang diberikan oleh Program Studi HI UPer sangat bermanfaat dalam dunia kerja karena pembelajaran berbasis teori yang disertai dengan praktik langsung. Para dosen juga melibatkan kami dalam berbagai kegiatan untuk mengasah kompetensi kami.

Kedekatan kampus dengan para pelaku usaha dan industi seperti BUMN dan berbagai Institusi Pemerintahan telah membantu kami memperluas wawasan dan jaringan sehingga kami lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis."

Ariscynatha Putra Ingpraja
Assistant Director of Operations, PT. Auvia Gaya Perkasa
Alumni Hubungan Internasional 2020
"Hal yang sangat saya syukuri dari berkuliah di Teknik Kimia UPer adalah kesempatan dibimbing dan diajar oleh dosen muda yang kompeten, objektif, dan inspiratif; program kunjungan industri rutin; serta teman-teman dan lingkungan yang menyenangkan. Tak hanya penunjang akademik, program non-akademik seperti UKM nya pun asik dan difasilitasi dengan baik.

Pengalaman dan pembelajaran semasa kuliah juga mengajari saya menjadi pribadi yang lebih kritis dan memiliki etos kerja yang baik untuk bekal kedepannya."

Rachel Wijaya
Production Planner PT Bright Mobile Telecommunication OPPO Indonesia
Alumni Teknik Kimia -
"UPer memberikan banyak pembelajaran dan pengalaman yang sangat luar biasa kepada para lulusan. Dari segi akademik, materi pengajaran berbasis case di industri yang related dengan kondisi di dunia kerja. Selain itu banyak kesempatan untuk company visit dengan mendatangi perusahaan-perusahaan yang disesuaikan dengan materi perkuliahan dan minat mahasiswa. Dari segi non-akademik, UPer memberi kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan softskill baik dari sisi leadership, people management, bakat, dll melalui kegiatan organisasi dan unit kegiatan mahasiswa.

Bekal ilmu dari UPer inilah yang saya terapkan di pekerjaan yang kini saya geluti. Saat ini saya bekerja sebagai Project Asisstant di PT Zapfindo Arzieta Perdana (ZAP Finance)."

Aulia Ahdina
Project Assistant, PT Zapfindo Arzieta Perdana
Alumni Manajemen 2020
"Saya senang sekali berkuliah di UPer karena empat hal: 1) Pengajaran di Uper menggunakan kurikulum berbasis industi yang sangat berguna di tempat kerja saya saat ini; 2) Di UPer saya banyak belajar tentang bagaimana berkomunikasi dan memangun relasi yang baik; 3) Di UPer saya banyak mendapatkan relasi praktisi industri, khususnya praktisi Pertamina; dan 4) UPer secara rutin menyelenggarakan UPbringing di mana saya bisa belajar langsung dari praktisi industri dan pemerintahan.

Saat ini saya bekerja sebagai PKWT Holding Pertamina. Saya menangani training pekerja Pertamina di seluruh Indonesia, menangani upskilling pekerja Pertamina termasuk Program Pertamina Catalyser, dan menghandel kegiatan Leader Forum Pertamina."

Indika Noah Raharjo
PKWT Holding PT. Pertamina (Persero)
Alumni Manajemen 2021
"Tidak pernah menyangka kini saya berada di titik ini. UPer adalah kampus swasta yang tidak diragukan lagi kualitasnya. Kemampuan saya banyak diasah melalui berbagai pengalaman semasa kuliah di UPer. Di UPer, saya bertemu dosen-dosen hebat yang menjadi pendukung serta sumber motivasi saya dalam melanjutkan studi."

Nur Layli Amanah
Master Student/Material Science and Engineering, National Taiwan University of Science and Technology
Alumni Teknik Kimia 2020
"Pertamina University gives me chance to explore things beside academics. I've joined many activities during college such as internship(s), volunteer, and abroad since the early year and that's what led me to where I am now. The interesting part of studied here is you can be part of global community through Study Abroad Programs offered by the UPer."

Sivra Labonita Siregar
Associate Grab Teknologi Indonesia
Alumni Alumni Prodi Teknik Logistik 2020 -
"Banyak sekali aspek ilmu komunikasi yang saya pelajari dengan berkuliah di Prodi Komunikasi UPer yang mendukung perjalanan karir saya di bidang Public Relations ataupun Media sampai sekarang. Selama berkuliah, saya banyak belajar mengenai komunikasi strategis, komunikasi krisis dan risiko, komunikasi interpersonal dan psikologi komunikasi yang sangat dibutuhkan sebagai seorang public relations, hingga media digital dan produksi konten. "Saya mengawali karir sebagai Public Relations di Tokopedia. Kemudian, saya berkarir menjadi KOL and Influencer strategy di salah satu brand kecantikan di Indonesia. Dan kini saya ingin memperluas pengalaman di bidang komunikasi dengan berkarir sebagai Production Assistant di MORF Management. Sebagai Production Assistant, saya bertanggung jawab untuk meng-organize produksi konten, dimulai dari monitoring persiapan pre-record, shooting, tahap editing, dan release konten. Selain itu, saya juga bertanggung jawab untuk membuat beberapa creative brief, press release, unique script, dan proyek campaign antara brand dan talent, dan juga terus membangun hubungan yang baik antara berbagai brand, management, dan talent."

Nisrina Nur Fadhilah
Production Assistant at MORF Management
Alumni Alumni Prodi Komunikasi 2020 -
"Selama berkuliah di Universitas Pertamina, saya dikelilingi orang-orang yang menjadi katalis bagi satu sama lain untuk saling berkembang ke arah yang lebih baik. Walaupun tergolong universitas baru, namun kualitas pengajar, staf, dan mahasiswa boleh diadu."

Fikry Iqbal Fadhillah Romadhan
Quality Assurance Officer - PT. Mitsubishi Chemical Indonesia
Alumni Teknik Kimia 2020
"As a graduate of Geophysical Engineering, I had an education and learning experience that will always stick in my mind. With the guidance of lecturers who are experts in their fields and supporting learning facilities, they are able to produce the best and most highly competitive graduates.

The university also gives students a lot of opportunities to grow. During my studies, I was able to balance academic and non-academic activities ranging from student organizations, opportunities for internships in the energy industry, and participating in student exchange programs. This has had an impact on improving my public speaking, time management, leadership and teamwork skills.

Now, I continue my master's study in Geothermal Geophysics - Department of Physics, University of Indonesia"

Tiaraningtias Bagus Pertiwi
Studi lanjut di Program S2 Geofisika Geothermal Universitas Indonesia
Alumni Teknik Geofisika 2020
"Selama menjadi mahasiswa Universitas Pertamina, selain belajar di kelas saya mendapat banyak kesempatan mengembangkan potensi melalui praktikum dengan instrumen-instrumen yang modern. Saya juga berkesempatan menjadi ketua Olimpiade Kimia SMA tingkat nasional pada tahun 2019. Dan di tahun yang sama, saya mendapat kesempatan study abroad ke Universiti Teknologi Petronas Malaysia.

Kesempatan-kesempatan tersebut saya manfaatkan untuk menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman. Terima kasih atas ilmu yang saya dapat selama berkuliah di UPer sehingga saat ini saya mampu berkarier sebagai Management Trainee di PT. Halmahera Persada Lygend, Maluku Utara."

Farid Imam Hidayat
Management Trainee, PT Halmahera Persada Lygend
Alumni Kimia 2020
"Teringat pesan dari salah satu dosen, "Untuk dapat menaklukan dunia harus bisa mengelaborasikan kecerdasan, etika, dan mental. Terutama jiwa untuk berani, bangkit, dan tahan melawan sesuatu. Layaknya Stainless Steel yang selalu aktif membuat tameng lapisan film untuk melindungi diri sendiri."

Jiwa dan karakter itulah yang saya tanam pada diri sendiri, hingga saya berhasil menjadi Top 10 pada ajang International Statistics Competition for Engineering Student saat kuliah. Serta berkat itulah, saya kini bisa menjadi salah satu tim Operation and Production di PT Pertamina Hulu Rokan."

Rifki Yusup
Operation and Production Analyst Intern, PT Pertamina Hulu Rokan
Alumni Teknik Mesin 2020
"Menjadi bagian dari Prodi Teknik Logistik UPer adalah sebuah pengalaman yang istimewa bagi saya. Saya mendapatkan banyak ilmu dan bimbingan dari para dosen dan mendapatkan banyak pengalaman dari berbagai kegiatan.

Selama belajar di UPer, saya telah mempublikasikan sebuah jurnal dibawah bimbingan Pak Rahmad Inca Liperda, S.T., M.Eng. dan bantuan teman-teman tim. Selain itu, saya juga telah mendapatkan Sertifikat Pengadaan Barang dan Jasa Tingkat Dasar dari LKPP berkat kerjasama yang dilakukan oleh Teknik Logistik dengan LKPP.

Untuk mengembangkan potensi saya, saat ini saya melanjutkan studi saya di Magister Manajemen, Universitas Diponegoro."

Elfira Vathia Khairunnisa
Studi Lanjut di Program S2 Manajemen Universitas Diponegoro
Alumni Teknik Logistik 2020
"Di program studi Manajemen UPer, saya belajar banyak real case study di setiap sesi perkuliahan. Selain itu, agar seimbang antara akademik dan non akademik, saya aktif mengikuti berbagai macam organisasi, salah satunya adalah Departemen Public Relation Himpunan Manajemen UP di mana saya dipercaya sebagai ketua. Bekal inilah yang mengasah cara berpikir dan kemampuan saya ketika menghadapi kasus nyata di dunia marketing yang kini saya geluti.""

Fadhillah Reinauldhi
Assistant Manager Divisi Growth Marketing Yummy Corp
Alumni Manajemen 2020
""The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others". Seperti kata Mahatma Gandhi, menempatkan kebutuhan orang lain diatas kebutuhan diri sendiri merupakan jalan terbaik untuk menemukan jati diri dan Saya mendapatkan kesempatan menemukan jati diri itu di UPer. Selain itu dikuatkan juga dengan pilihan saya untuk mengambil konsentrasi Sumber Daya Manusia di Prodi Manajemen yang memberikan banyak ilmu terkait pengelolaan dan hubungan dengan sumber daya manusia ditempat kerja. Hal-hal yang banyak Saya pelajari itu menuntun saya untuk menemukan jati diri, hingga akhirnya saya bekerja di bidang yang saya impikan yaitu menjadi seorang HR di Perusahaan. UPer memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan diri sesuai bidang yang diminati, itu yang saya rasakan."

Vitra Puji Rahayu
Staff HCBP PT Kimia Farma Diagnostika
Alumni Manajemen -
"Memulai karir di industri petrokimia merupakan cita-cita para lulusan Prodi Teknik Kimia, tak terkecuali saya. Prodi Teknik Kimia UPer memiliki kurikulum yang dekat dengan industri petrokimia sehingga sangat membantu saya melatih engineering sense selama masa perkuliahan untuk menyelesaikan berbagai masalah praktikal dan teoritikal di proses industri.

Ditambah dengan kedekatan UPer dan dunia industri membantu saya mendapatkan pengalaman kerja pertama melalui PMMB FHCI yang membuka jalan karir saya di bidang process engineering."

Rezky Fadli
Research and Development Engineer, PT. Polychem Indonesia, Tbk
Alumni Teknik Kimia 2021
"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada UPer, selain saya dapat merasakan kesempatan kuliah tanpa harus terbebani dengan biaya ngampus , saya juga dapat merasakan bagaimana kuliah di kampus dengan mutu internasional. Dosen-dosen di Teknik Mesin UPer sangat suportif dalam membantu mahasiswa ketika kesulitan memahami mata kuliah, bahkan saya sering mengaggu waktu dosen di tengah malam untuk menanyakan materi ataupun perihal tugas namun tetap mendapat respon yang positif.

Selama belajar di kampus, saya menemukan bahwa bukan hanya materi yang selalu di berikan di kelas, namun juga bagaimana memanfaatkan dan menerapkan mata kuliah tersebut di kehidupan nyata. Hal ini telah saya buktikan ketika magang di perusahaan PT Solusi Intek Indonesia dan PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokima. Saya dapat dengan mudah memahami bagaimana cara mengoperasikan alat-alat manufaktur, membuat desain 3D suatu produk dan melakukan analisis kekuatan produk melalui materi dan praktikum laboratorium yang dilakukan di Teknik Mesin UPer.

Selain dipersiapkan untuk menghadapi dunia profesional, Kampus juga mendukung pengembangan minat dan bakat serta bagaimana menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa dan Program pengabdian masyarakat. Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika saya mengembangkan minat saya di bidang IOT. Bahkan setelah lulus, hasil project yang saya kerjakan di kampus masih terus saya lanjutkan dan beberapa di terapkan di tempat saya berkerja. Dan juga melalui program pengabdian masyarakat saya merasa dapat lebih mudah berempati kepada masyarakat sekitar dan berusaha untuk menggunakan ilmu saya di Teknik Mesin UPer untuk membatu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat."

Muhammad Aditya Mukti Nugroho
Research and Development Intern, PT Solusi Intek Indonesia
Alumni Teknik Mesin 2022
"Banyak hal berkesan yang saya dapatkan selama berkuliah di UPer. Apalagi saya lulusan SMA jurusan IPA yang agak melenceng malanjutkan studi di rumpun ilmu sosial yaitu Prodi Komunikasi. Salah satu faktor yang sangat membantu kuliah saya adalah bimbingan dari dosen-dosen Prodi Komunikasi UPer masih muda-muda sehingga kami bisa berkomunikasi dengan lebih cair dan tidak canggung.

Lokasi UPer juga sangat strategis di pusat Kota Jakarta, sehingga saya yang berasal dari Bukittinggi sangat terbantu untuk beradaptasi dan bersosialisasi dengan kehidupan ibu kota. Saya punya banyak akses untuk berkunjung dan fieldtrip ke perusahaan-perusahaan dan gedung-gedung pemerintahan yang jaraknya dekat dari kampus. Lokasi kerja saya sekarang pun jaraknya hanya sekitar 3 Km dari kampus yang bisa ditempuh 5 menit dengan kendaraan.

Bermula dari pengalaman magang sebagai reporter RRI, kurang dari 1 bulan setelah wisuda saya direkrut oleh Kompas TV. Saat ini saya bekerja sebagai News Reporter di Kompas TV. Saya bertugas sebagai jurnalis yang meliput dan memberitakan kabar terkini kepada masyarakat."

Masni Rahmawatti
News Reporter Kompas TV
Alumni Komunikasi 2022
"Menjadi bagian dari Universitas Pertamina adalah suatu pengalaman berharga dan kebanggaan bagi saya. Dengan fasilitas pembelajaran yang memadai dan didukung dengan para tenaga pengajar yang berkompeten dibidangnya mampu menjadi sumber ilmu bagi saya untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia profesional. Salah satu pengalaman yang paling berkesan bagi saya selama kuliah adalah ketika saya berkesempatan mengikuti program internship di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam project survei penentuan jalur kabel fiber optik bawah laut segment Krui-Pelabuhan Ratu-Cilacap menggunakan Side Scan Sonar, Sub Bottom Profiling, Gravity Core, dan Multibeam Echosounder dengan wahana survei Kapal Riset Baruna Jaya IV.

Selama program internship saya mempelajari keilmuan Geofisika yang diaplikasikan dalam Survei Hidrografi. Berbekal pengetahuan selama kuliah di Universitas Pertamina dan pengalaman ketika mengukuti program internship di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mempermudah jalan saya dalam memulai karir bekerja di offshore. Saat ini saya bekerja sebagai Junior Geophysicst di Atlantis Subsea Indonesia."

Resza Areo Pratama
Junior Geophysicst, Atlantis Subsea Indonesia
Alumni Teknik Geofisika 2021
"Setelah lulus dari Teknik Geofisika UPer saya bekerja di salah satu platform bimbingan belajar, yaitu Zenius. Disini saya bekerja sebagai content technology developer. Bagi saya, menjadi content technology developer sangat menyenangkan karena pekerjaan ini sejalan dengan hobi, yaitu coding menggunakan Python. Di program studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina, saya dikenalkan dengan Python beserta kelebihan penggunaannya yang sangat simple dibandingkan bahasa pemrograman lain. Melihat potensi ini, saya tertantang untuk memasuki dunia pemrograman dengan bimbingan bapak @agusphd dari Teknik Geofisika Universitas Pertamina. Disini saya belajar banyak bagaimana sebuah aplikasi pemrograman dapat berguna bagi kehidupan sehari hari. Selain butuh kesabaran, belajar coding ini juga butuh ketelitian loh sobat! Di Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina saya juga belajar banyak pengaplikasian ilmu coding untuk kegiatan proyek di mata kuliah manajemen proyek. Selain itu, masih banyak lagi pengaplikasian ilmu coding yang diajarkan di Teknik Geofisika Universitas Pertamina sehingga saya makin tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang dunia percodingan."

Erwin Fernanda
Content Technology Developer Zenius
Alumni Alumni Prodi Teknik Geofisika 2021 -
"As a fresh-graduate student from Chemistry Department of UPer, I believe that studying here was the right choice because the program equipped me with broad cutting-edge areas of chemistry, including its intersection with energy and climate change issues. The courses are taught by professional academics who are experts in their fields, and the majority of lecturers here hold their master's or doctoral degree abroad. Not only learning conceptual and theoretical things, but I can also broaden my knowledge on practical knowledge by taking the courses of Renewable Energy and Project Management. Besides, immersing yourself in Jakarta city, home to many prestigious companies, consultants, and international organizations, is one of the benefits that allows you to reach closer to your professional career goals as you have chance to do an internship that will equip you with skills and capabilities for better prepare you to be the next global leader."

Christina Aprilia
Renewable Energy and Energy Efficiency Apprentice ASEAN Centre for Energy
Alumni Kimia 2021
"Bagi anak daerah seperti saya, merupakan kesempatan yang luar biasa bisa melanjutkan kuliah di Ibu Kota. Universitas Pertamina telah banyak membantu saya melalui beasiswa dan juga fasilitas yang sangat memadai untuk mengembangkan bakat dan juga kemampuan saya untuk melanjutkan ke dunia sesungguhnya.

Tahun-tahun yang saya jalani di Universitas Pertamina merupakan tahun yang sangat berharga karena dikelilingi oleh orang-orang luar biasa."

Putu Pasek Wirantara
Jr. Real-Time Support Engineer, PT. Petrolink Services Indonesia
Alumni Teknik Geofisika 2020
"Sehubungan dengan signifikannya perkembangan media pada saat ini, Prodi Komunikasi UPer memberikan akses pengetahuan yang cukup luas untuk menunjang jenjang karir yang sedang saya jejaki, terutama hal-hal yang berkaitan dengan media dan maintaining relations, dan public speaking. Saat ini saya bekerja di bidang KOL Executive yang mengatur hubungan dengan para influencers serta mengatur strategi marketing melalui platform media sosial yang akan dipresentasikan kepada client."

Fatimah Seruni Makarimi
KOL Executive GroupM Agency
Alumni Alumni Prodi Komunikasi 2017 -
"Bersyukur, itulah yang coba saya ingat di hari-hari saya. Pilihan hijrah dan berkuliah di Universitas Pertamina adalah salah satu langkah penting di hidup saya.

Ketika saya bekerja di Pertamina EP Bunyu Field, saya merasa bersyukur karena saya tidak diam saja ketika berkuliah. Belajar di kelas dan berorganisasi adalah dinamika perkuliahan di UP yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berkuliah di UP membenturkan dan pada akhirnya membentuk saya. Saya selalu ingat kutipan jadul tentang perkuliahan, jadi mahasiswa itu puas-puasin salah dan gagal.

Saya tidak menyangka langkah-langkah kecil saya dalam belajar di Teknik Lingkungan bisa sangat bermanfaat di kemudian hari. Kata orang, langkah besar, berasal dari langkah kecil. Tapi saya lebih suka, "langkah benar, berasal dari langkah-langkah yang salah".

Saat ini saya bekerja sebagai Environment Specialist, Pertamina EP Bunyu Field di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara."

Mohammad Dandy Widiantara
Environment Specialist, Pertamina EP Bunyu Field
Alumni Teknik Lingkungan 2020
"Bagi saya, Kawah Candradimuka merupakan istilah yang tepat untuk UPer. Bukan hanya pengetahuan akademik yang saya dapatkan tetapi peningkatan kapasitas dan pengembangan diri juga saya dapatkan selama 4 tahun mengenyam pendidikan di UPer. Menjadi angkatan pertama di UPer menjadi suatu tantangan tersendiri dan kesempatan yang besar bagi saya untuk bisa mengeksplorasi diri terutama dalam bidang Organisasi Kemahasiswaan. Berkesempatan menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Pertamina (HMTL UP) periode 2018/2019 sekaligus menjadi Ketua Himpunan pertama memberikan banyak sekali pembelajaran mengenai kepemimpinan serta manajemen organisasi. Selain Organisasi Kemahasiswaan saya turut bergabung dalam kegiatan POP UP, LIGHT UP dan LEAD UP yang merupakan serangkaian program pelatihan dan pengembangan diri mahasiswa Universitas Pertamina.

Semua ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan di UPer merupakan bekal yang saya bawa dalam perjalanan karier hingga saat ini. Selepas lulus dari UPer saya berkesempatan magang di sebuah Startup yang bergerak dalam jasa manajemen pengelolaan sampah bernama Rekosistem pada posisi Operations Analyst. Setelah itu saya mengabdikan diri menjadi Tenaga Fasilitator Lapangan Teknik Program Sanitasi Perdesaan Padat Karya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama kurang lebih satu tahun.

Dihadapkan dengan masyarakat secara langsung merupakan tantangan bagi saya dalam melaksanakan pekerjaan ini. Kemampuan berkomunikasi yang saya dapatkan di UPer menjadi bekal utama saya dalam menjalankan pekerjaan ini. Selepas pengabdian tersebut, saya bergabung di sebuah konsultan manajemen konstruksi dan financial advisory bernama PT Anagata Dhia Karya Mandiri (Adhikari) pada posisi Junior Associate. Hingga akhirnya saat ini saya bekerja di PT PGAS Solution pada posisi Officer K3PL."

Muhammad Aang Nurhadi
Officer K3PL PT PGAS Solution
Alumni Teknik Lingkungan 2020
"Saya sangat senang menimba ilmu di UPer. Dosen-dosen UPer sangat ahli di bidangnya masing-masing serta memiliki pengalaman hebat yang bisa menjadi sumber inspirasi dan ilmu. Selama berkuliah saya berhasil mendapatkan sertifikasi nasional di bidang pasar modal berkat dukungan kegiatan dan pembelajaran bidang manajemen keuangan di UPer. Penerapan pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris di kelas juga sangat membentu saya dalam bekerja karena saya butuh komunikasi intens dengan rekan kerja di luar negeri. Ilmu dari mata kuliah seperti Critical Thinking dan Creative Problem Solving juga sangat membantu saya dalam melakukan analisis pada proyek-proyek baru dan permasalahan di kantor.

Saat ini saya bekerja sebagai Joint Financing and Finance Operation Analyst di PT Shopee International Indonesia."

Habibi Windu Pangestu
Joint Financing and Finance Operation Analyst PT Shopee International Indonesia
Alumni Manajemen 2021
"Kampus UPer berperan sangat besar dalam mengembangkan softskill saya, khususnya dalam hal komunikasi dan kepemimpinan. Di tahun terakhir perkuliahan, saya mendapat kesempatan kerja praktik di Departemen Community Development Pertamina Hulu Energi ONWJ. Melalui kerja praktik inilah saya mendapatkan banyak pengetahuan dan pengalaman secara langsung dalam hal membangun komunitas dan menciptakan nilai tambah komunitas.

Dengan bekal ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama berkuliah, saat ini saya bekerja sebagai Offline Community Development di PT Shopee International Indonesia. Saya bertanggung jawab untuk mengelola komunitas binaan yang beranggotakan para penjual di wilayah Jabodetabek, Sumatra, dan Banten."

Ibrahim Hugo
Offline Community Development di PT Shopee International Indonesia
Alumni Hubungan Internasional 2020
"Berkuliah di UPer merupakan pilihan terbaik. Saya memanfaatkan dengan baik semua fasilitas yang ada. Saya mencoba untuk mengharumkan nama UPer dengan mengikuti berbagai kompetisi dan kegiatan organisasi (internal/eksternal). Saya sangat bersyukur usaha-usaha yang saya lakukan berbuah manis. Dari Essay Competition hingga Business Case Competition sudah saya juarai. Semua itu tidak terlepas dari desain kurikulum UPer yang disesuaikan trend dunia saat ini, uniknya terdapat mata kuliah seperti Critical Thinking dan Creative Problem Solving di UPer. Prestasi akademik dan non-akademik dapat berjalan beriringan asal kita bisa mengatur time management.

Saya beruntung mendapat kesempatan sebagai “Lulusan Terbaik Peringkat III Universitas Pertamina” pada Periode Wisuda Oktober 2020. Hal tersebut saya dapatkan dengan terus belajar dan aktif organisasi serta kompetisi baik tingkat nasional hingga internasional."

Muhammad Amien Marzuq Hilman
Marketing Marketplace Cartex Blanche
Alumni Teknik Elektro -
"Studied IR at UPer gave me chance to explore a unique topic that not many Indonesian university offered, which was the role of energy within international relations. As the discussion of energy raised lately, it really helps me to understand an important topic in IR that not many people can understand.

It is also very helpful when I do my postgraduate study under International Masters in Central and East European, Russian, and Eurasian Studies at University of Tartu, University of Glasgow, and KIMEP University."

Cynthia Eka Wahyuni
Post-Graduate Student - University of Tartu, University of Glasgow, and KIMEP University
Alumni Hubungan Internasional 2020
"It brings me tremendous pleasure to be associated with Universitas Pertamina at Department of International Relations. It is difficult to summarize my personal experience in a few sentences, but I must mention that the campus, located in the heart of Jakarta, has a really welcoming and modern atmosphere. I truly enjoy both my academics and co-curricular activities, as well as spending time with fantastic fellow student mates.

I am really grateful that I am currently having a full time professional role at Maersk as a part of Logistics and Supply Chain Management team for a client as big as Nike, Inc. where we move and transporting Nike's cargo globally. Although I did not have a perfectly matching background to support my current role, I believe that the lessons I learned on campus have given me the confidence to pursue whatever career path I choose."

Muhamad Farhan Triandi
LEAD Trainee - Nike Supply Chain Management A.P. Moller-Maersk
Alumni Hubungan Internasional 2020
"Ibarat sahabat, Universitas Pertamina adalah sahabat yang sangat perhatian. Tidak 1 jam pun hak kami dalam mendapatkan ilmu sebagai mahasiswa terbuang sia-sia. Tidak hanya mengajar, dosen di Universitas Pertamina juga dengan sabar membimbing dan peduli terhadap kesulitan yang kami hadapi."

Aghista Cynthia N.
Sekretaris Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan Universitas Pertamina
Alumni Komunikasi -
"Saya senang kuliah di UPer karena fasilitas pendidikannya sangat mendukung, dosen pengajarnya masih muda dan kompeten, serta materi yang diajarkan selalu mengikuti perkembangan industri saat ini. Materi yang paling berkesan bagi saya adalah saat diberikan beberapa case study yang up to date dengan kondisi industri saat ini. Pada materi ini saya diberi waktu untuk berdiskusi dan diajarkan untuk menerapkan mata kuliah Critical Thinking dan Creative Problem Solving dalam mengambil dan menyelesaikan suatu keputusan. Hal ini sangat bermanfaat bagi saya dalam membangun pola berpikir dan mengambil setiap pilihan atau keputusan dalam kehidupan maupun pekerjaan saya.

Saat kuliah saya mengikuti berbagai kegiatan diantaranya UKM Kesenian Daerah dan berperan aktif sebagai Koordinator HR Club pada Departemen Penelitian dan Pengembangan Himpunan Mahasiswa Manajemen.

Dengan ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama kuliah, saat ini saya bekerja sebagai Verifikator Billing Administrasi Medis di Rumah Sakit Pertamina Jaya. Saya senang bisa menjadi salah satu bagian dalam penanganan virus COVID-19 di Indonesia khususnya dalam penanganan virus COVID-19 di lingkungan Onshore dan Offshore PT Pertamina (Persero) maupun di Anak Perusahaan PT Pertamina (Persero) dan juga dibeberapa lingkungan Pemerintahan seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Agama, Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dll."

Dinda Alfiah
Verifikator Billing Administrasi Medis RS. Pertamina Jaya
Alumni Manajemen -
"Selama saya berkuliah di Prodi Teknik Geofisika UPer, banyak pengalaman yang saya dapatkan baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Saya dikelilingi oleh teman-teman yang saling mendukung satu sama lain sehingga suasana kekeluargaan di lingkungan kampus sangat terasa.

Dosen pengajarnya, selain mengajarkan kita mengenai teori/pratik saat kuliah, mereka juga membimbing kami untuk memiliki attitude yang baik, yang sesuai untuk diterapkan di dunia kerja dan di tengah masyarakat."

Lio Julio
Junior Geophysicist, PT Taka Hydrocore Indonesia
Alumni Teknik Geofisika 2021
"Di Prodi Komunikasi UPer, saya belajar banyak aspek ilmu komunikasi yang sangat mendukung karir saya saat ini. Saya belajar tentang komunikasi pemasaran, komunikasi korporat, teknik presentasi, teknik sinematografi mulai dari tahap produksi, penyusunan script hingga editing, dan komunikasi interpersonal.

Bermula dari magang di divisi Marketing Affiliate Shopee, saat ini saya bekerja sebagai Senior Analyst, Marketing Affiliate RM di Shopee. Saya bertanggung jawab untuk membangun hubungan dan kerja sama antara Shopee dengan para influencer yang bergabung dalam Shopee Affiliate Program."

Shifa Vita Adela
Senior Analyst, Marketing Affiliate RM Shopee
Alumni Komunikasi 2020
"Selama berkuliah di Prodi Manajemen UPer saya banyak belajar mengenai kondisi terkini di dunia bisnis terutama yang berkaitan dengan finance, operations, human capital dan business. Ini adalah salah satu keunggulan yang dimiliki UPer. Kampus ini mampu mendidik SDM yang berkualitas tidak hanya melalui jalur akademik, namun juga non akademik. Oleh karena itu saya juga aktif dalam Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen sebagai Ketua Himpunan di mana saya banyak belajar untuk mengasah leadership dan communication skills.

Selain itu, dengan adanya fasilitas yang mendukung seperti laboratorium bisnis, ruang diskusi, dan perpustakaan tentunya memberikan semangat kepada kami sebagai mahasiswa untuk terus belajar dan berkembang, sehingga setelah semenjak kuliah saya sudah bisa menentukan arah karir yang akan saya tempuh setelah lulus.

Saat ini saya bekerja sebagai Junior Leadership Development Program Astra Credit Companies."

Aliffiyan Akbaruddin
Junior Leadership Development Program Astra Credit Companies
Alumni Manajemen 2021
"College life is one of the most crucial point of life. It describes our courage, persistence and passion trying to do our best. And I went through those time figuring out my passion in International Relations UPer. Barely can’t imagine how hard that time will be if I did not study here, learning with very supportive lecturers and friends, totally good environment to study while deepening the basics of energy science.

You will never find it anywhere in Indonesia, the combination of International Relations with deepened issues of international affairs and energy."

Dianissa Scheherazade Rachman
Multilateral Cooperation Analyst, Ministry of Energy and Mineral Resources RI
Alumni Hubungan Internasional 2021
"Saat berkuliah di Prodi Komunikasi UPer saya banyak mendapatkan kesempatan belajar di dunia komunikasi. Terlebih, Prodi Komunikasi UPer memberikan kesempatan belajar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan komunikasi di bidang digital khususnya digital marketing. Hal ini yang menurut saya menjadi keunggulan karena memenuhi kebutuhan industri saat ini. Sehingga hal tersebut membawa saya pada dunia pekerjaan yang kini saya tekuni yaitu pada bidang digital marketing.

Pekerjaan saya dibidang digital marketing meliputi pengoperasian alat-alat digital sebagai wadah pemasaran, seperti media sosial, digital Ads, KOL dan SEO. Pekerjaannya meliputi pembuatan konten, pengoperasian iklan digital, kontak dengan influencer hingga optimasi pencarian digital."

Alyza Asha Witjaksono
Digital Marketing Interia Studio
Alumni Komunikasi 2022
"Menjadi bagian dari keluarga besar UPer adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Lingkungan kampus sangat mendukung saya untuk berkembang ke arah yang lebih baik sehingga saya dapat mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) pada tahun 2019. Tidak hanya itu, di UPer saya juga mempelajari penggunaan beberapa software yang berkaitan dengan industri Oil and Gas seperti Unisim Design, Aspen Hysys, Matlab dan Simulink, AutoCAD, dan lain-lain."

Taufiqurrahman
Technical Engineer PT Advanced Technology Solution
Alumni Teknik Kimia 2021
"Selama berkuliah di UPer saya mendapatkan banyak pengalaman dari dosen dan rekan di industri saat magang. Selain itu, teman-teman seangkatan saya kompak dan suportif selama kami menjalani kehidupan perkuliahan. Berkat UPer, saya berhasil meraih mimpi saya menjadi seorang Process Engineer di multinational chemical company."

Luqman Hardiyan Puguh Prasetyo
Process Engineer Samator Group
Alumni Teknik Kimia -
"Selama berkuliah di UPer, saya mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dari para dosen dan teman, sekaligus ilmu yang sangat kaya. Para dosen sangat kompeten mengajarkan ilmu dengan semaksimal mungkin sehingga sangat membantu saya dalam dunia pekerjaan. Berkuliah di UPer membentuk kepribadian saya menjadi lebih tangguh, aktif, kritis, ambisius, dan juga visioner dalam merencanakan masa depan saya, terlebih dengan dosen dan staf yang teramat suportif terhadap rencana tersebut.

Melalui pembelajaran di UPer, saya mampu belajar secara aktif untuk meningkatkan hardskill saya, sehingga saya memiliki kesempatan mendapat Beasiswa Unggulan Semester selama 2 tahun penuh serta berhasil lulus lebih awal, yakni dalam waktu 3.5 tahun. Juga, pembelajaran non akademis melalui kegiatan organisasi himpunan dan kepanitiaan yang berskala nasional, sehingga saya memiliki koneksi yang luas terhadap dunia karir keprofesian.

Berkat ilmu dan pengalaman tersebut, saat ini saya bekerja sebagai Graduate Trainee Logistics on Telesales and E-Commerce. Sebagai graduate trainee, saya bertugas untuk memberikan solusi atas ketidakoptimalan yang terjadi dan mengimplementasikan solusi tersebut dalam bidang logistik untuk Akasha Wira Internasional."

Nadia Carolina
Graduate Trainee Logistics on Telesales and E-Commerce, PT Akasha Wira Internasional Tbk
Alumni Teknik Logistik 2022
"Di kampus UPer, saya belajar banyak tentang Kimia organik, anorganik, dan analitika. Selama berkuliah, saya aktif dalam berkegiatan dan berorganisasi, mulai dari organisasi UKM, himpunan, menjadi asisten dosen, bekerja part time di kampus, kegiatan volunteer di luar kampus, hingga mengikuti student exchange ke Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia.

Saat ini, saya bekerja sebagai Jr. Analyst QC di Laboratorium Quality Assurance (QA) PT Pertamina Lubricants melalui program BPS tahun 2021."

Abelia Jessica
Jr. Analyst QC di Laboratorium Quality Assurance (QA) PT Pertamina Lubricants
Alumni Kimia 2020
"Selama berkuliah di Prodi Teknik Sipil UPer saya mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman dari para dosen yang kompeten. Suasana akademik dan sistem perkuliahan sangat membantu saya dalam mengembangkan diri.

Selain dalam hal akademik, kami juga didukung untuk berorganisasi yang sangat membantu dalam membentuk pola pikir sistematis dan mengasah kemampuan leadership yang sangat dibutuhkan di dunia kerja." Dengan bekal ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan di Universitas Pertamina, saat ini saya bekerja sebagai staff Supervisor di perusahaan kontraktor bangunan PT. Adhi Persada Gedung."

Ridhwan Muhammad Iqbal
Supervisor, PT. Adhi Persada Gedung
Alumni Teknik Sipil 2020
"Ilmu yang saya dapatkan selama berkuliah di Teknik Geofisika Universitas Pertamina dapat saya terapkan dalam pekerjaan saya sebagai Earth Scientist di Pertamina Hulu Rokan. Materi yang disuguhkan tidak hanya mengedepankan teori, namun juga dilengkapi dengan studi kasus agar lebih mahasiswa mendapatkan pemahaman akan penerapan ilmu yang lebih komprehensif. Saya merasa seperti UPer memang mempersiapkan materi, dosen, dan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan agar mahasiswanya mampu dan siap bersaing di dunia kerja nantinya. Be Global Leaders!"

Edwin Brilliant
Earth Scientist Well Development PT. Pertamina Hulu Rokan, Zona 2&3
Alumni Teknik Geofisika 2021
"Bagi saya, kuliah di UPer itu asik! Saya dapat pengalaman baru dan bisa bertukar banyak gagasan dan pengalaman dengan teman2 dari berbagai daerah dan latar belakang keilmuan. Di kampus UPer saya juga banyak mendapat ilmu dan bimbingan, salah satunya dari dosen UPer Alm. Bapak Agus Rudiyono yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 19 tahun di industri hulu migas.

Berawal dari kesempatan mengikuti internship selama 6 bulan di PT Perta Daya Gas, saat ini saya direkrut sebagai Staff Operation and Engineering di PT Perta Daya Gas."

Alfian Bastomi
Staff Operation and Engineering di PT Perta Daya Gas
Alumni Teknik Perminyakan 2020
"Selama berkuliah di UPer, saya banyak bertemu dengan orang-orang hebat yang berpengaruh bagi saya hingga titik ini. Selain itu, lingkungan dan fasilitas yang diberikan oleh UPer juga terbilang bagus untuk sebuah kampus baru."

Airlangga Gusti Satya
Social Media Specialist PT. Food Retail Indonesia
Alumni Kimia 2020
"Di Prodi Ilmu Komputer UPer, saya belajar banyak terkait hal fundamental di bidang ilmu komputer, mulai dari struktur data & algoritma, sistem operasi, jaringan, basis data, sistem cerdas, hingga sistem terdistribusi. Di semester awal perkuliahan, saya belum ada gambaran akan fokus ke bidang yang mana. Saya mulai mencoba banyak hal, mulai dari ikut pelatihan, ikut lomba, menjadi asisten laboratorium, dan membantu proyek penelitian dosen. Berkat bantuan dari pihak kampus, dosen, dan teman-teman, saya akhirnya menemukan ketertarikan di bidang kecerdasan buatan.

Beberapa penghargaan yang berhasil saya raih seperti Best Paper on National Seminar of Information Technology XVI Universitas Tarumanegara (2019), PKM-KC Grant Recipient from Ministry of Research, Technology, and Higher Education of the Republic of Indonesia (2019), dan The 3rd Best Participant of Data Science Academy Compfest XI (2019). Saya juga aktif menulis paper dan jurnal bersama teman-teman dan dosen pembimbing. Beberapa paper dan jurnal kami berhasil diterima dan dipresentasikan di konferensi nasional dan internasional.

Saya mulai bekerja secara profesional dari magang sampai kerja paruh waktu pada tahun terakhir kuliah. Saat ini saya bekerja sebagai Data Engineer di PT BFI Finance Indonesia Tbk dan Data Lead di Intiva. Saya bertanggung jawab membangun infrastruktur data pipeline untuk kebutuhan big data analytics perusahaan. Ilmu dan pengalaman selama di kampus sangat membantu saya dalam memahami, melakukan riset, dan eksplorasi teknologi yang sedang dan/atau akan digunakan. Kebiasaan menulis paper selama di kampus juga membantu saya dalam mendokumentasikan hasil pekerjaan saya dengan baik."

Sahrul
Asst. Manager Data Engineer PT BFI Finance Indonesia Tbk
Alumni Ilmu Komputer 2020
"Membangun sebuah bisnis merupakan target dan visi yang sudah saya tetapkan sejak berkuliah di UPer. Banyak sekali materi di perkuliahan yang bisa saya terapkan dalam merintis startup ini. Mulai dari manajemen proyek, mengikuti best practice dalam membangun proyek, dan tentunya ilmu entrepreneurship. Berkuliah di Universitas Pertamina memberikan saya banyak kesempatan untuk mengembangkan diri saya, memperbanyak koneksi, dan memperkaya pengalaman.

Dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di kampus maupun di luar kampus, saya bersama kelima rekan mulai membangun bisnis dari nol. Saat ini saya menjadi Founder dan Chief Executive Officer PT Jaya Pirata Dinamika (Intiva.id). Sebuah perusahaan rintisan yang bergerak di bidang pengembangan produk mulai dari pembuatan sistem sampai maintenance berkelanjutan."

Megandi
Founder dan Chief Executive Officer PT Jaya Pirata Dinamika (Intiva.id)
Alumni Ilmu Komputer 2020
"Saya menyadari bahwa banyak sekali bekal untuk berkarir yang saya dapat selama berkuliah di Universitas Pertamina. Selama berkuliah, saya banyak sekali mempelajari case study yang up-to-date dengan kondisi bisnis saat ini. Selain itu, kualitas tenaga pendidik di Universitas Pertamina tidak perlu diragukan kualitasnya. Lalu, kesempatan untuk mengikuti berbagai macam kegiatan akademik maupun non-akademik sangat luas. Saya mengikuti berbagai UKM seperti Badminton, Kesenian Daerah, Galeri Investasi, menjadi pengurus Himpunan Mahasiswa Manajemen dan juga mengikuti perlombaan Debat Ilmiah, bahkan berkesempatan menjadi Asisten Dosen.

Di tahun terakhir kuliah, saya berkesempatan mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN. Pada saat itu, saya ditempatkan di Kantor Pusat PT Kimia Farma Diagnostika dan menjalani program pemagangan selama 6 bulan di Divisi Human Resources.

Banyak hal yang saya pelajari saat program tersebut, diantaranya bahwa Human Resources Management tidak sebatas melakukan tugas administratif dan juga personalia, tetapi juga harus mampu menjadi mitra atau penghubung seluruh unit di dalam perusahaan secara strategis, baik dari HR Planning, Organization Design, Corporate Culture, dan Talent Management. Maka, peran ini dikenal juga sebagai Human Capital Business Partner.

Bermula dari magang FHCI tersebut, selepas lulus tahun 2020 saya kembali dipanggil untuk bekerja kembali dan pada akhirnya saat ini saya berhasil lolos mengikuti program Management Trainee di PT Kimia Farma Tbk."

Dwi Gita Kurnianti
Career Management PT Kimia Farma Tbk
Alumni Manajemen 2020
"Menjadi salah satu bagian dari UPer adalah pengalaman berharga bagi saya. Kampus UPer menjadi sarana terbaik untuk mengembangkan softskill maupun hardskill saya terutama di bidang industri oil and gas.

Dengan ilmu-ilmu, terutama yang berkaitan dengan pengembangan lapangan dan berbagai pengalaman yang saya dapatkan selama berkuliah itulah yang mengantarkan saya hingga kini bekerja sebagai Petroleum Engineer Well Development di PT Pertamina Hulu Rokan."

Hana Oktavia Megadewi
Petroleum Engineer Well Development PT Pertamina Hulu Rokan
Alumni Teknik Perminyakan -
"Menjadi mahasiswa di Universitas Pertamina merupakan pengalaman berharga dan juga menyenangkan. Banyak ilmu yang saya dapatkan dari dosen-dosen yang kompeten dan didukung dengan teman-teman yang suportif. Selain bidang akademik, saya juga dapat mengembangkan diri dengan berorganisasi di himpunan dan berkompetisi sesuai dengan bidang yang saya minati.

Sekarang saya bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga yang mengurus jalan dan jembatan di Indonesia. Pastinya bekal ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama berkuliah di Universitas Pertamina akan sangat berguna bagi saya dalam melaksanakan pekerjaan."

William Kurnia Rubin Natio
Ahli Pertama Teknik Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR Direktorat Jenderal Bina Marga
Alumni Teknik Sipil -
"Sebuah pengalaman yang luar biasa bagi saya untuk kuliah di UPer. Saya sudah melalui berbagai macam tantangan selama proses “pencarian jati diri” terkait karir yang akan saya tempuh setelah lulus selama kuliah di UPer. Hal tersebut diperoleh dengan cara belajar dengan giat serta mengikuti berbagai macam kegiatan di luar kampus sebagai bekal yang dapat menunjang karir saya ke depannya, seperti mengikuti lomba dan magang/part-time sebagai portfolio. Adalah suatu privilege bagi saya karena dikelilingi oleh lingkungan pertemanan serta dosen-dosen yang sangat mendukung untuk maju.

Saya mempelajari banyak hal fundamental yang tentunya sangat bermanfaat di sepanjang karir saya, seperti mata kuliah terkait Pemrograman, Basis Data, Perancangan Sistem, dan Manajemen Proyek yang bermanfaat selama karir saya sebagai Software Engineer; serta Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Kriptografi, dan Komputasi Awan yang juga bermanfaat pada karir saya saat ini di industri Cybersecurity. Tak hanya bekal hard skill, namun soft skill seperti Critical Thinking, Creative Problem Solving serta kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga membantu dalam berkomunikasi dan berhadapan dengan stakeholders dan klien-klien dari luar negeri."

Vicky Sultan Ahmad
Penetration Tester, PT Negeri Seni Teknologi (Seclab Indonesia)
Alumni Ilmu Komputer 2020
"Salah satu hal penting dalam dunia perkuliahan adalah fasilitas yang diberikan oleh kampus. Di kampus UPer ini saya telah diberikan fasilitas yang luar biasa dalam dunia riset seperti latar belakang dosen dengan lulusan luar negeri yang mana mengubah sudut pandang saya dalam berfikir, serta kolaborasi yang diberikan antara kampus dan instansi lain. Tak kalah penting juga mata kuliah sebagai asupan informasi utama membuat saya lebih paham detail terkait dunia riset khususnya di Lithium-ion battery yang mana menjadi fokus studi saya saat ini.

Saat ini, saya sedang menempuh studi program doktoral di National Taiwan University of Science and Technology dengan fokus di pengembangan material untuk baterai ion litium."

Afif Thufail
Ph.D. Candidate Advanced electrochemical battery and biosensor Lab - National Taiwan University of Science and Technology
Alumni Kimia -
"Suatu kebanggaan bisa belajar dan menjadi lulusan Prodi Teknik Geofisika UPer. Dosen UPer sangat kreatif dalam mengajar sehingga kami tidak jenuh dan bosan di kelas. Dengan adanya pengajar praktisi dari industri, membuat experience dan knowledge yang diperoleh di kelas dapat langsung dipraktekkan, bukan hanya sebatas teori saja. Hal inilah yang membuat saya sangat bangga pernah berkuliah di UPer."

Fanzly Togap Zisochi Lase
Studi Lanjut di Program S2 Teknik Geotermal - Institut Teknologi Bandung
Alumni Teknik Geofisika -
"Menjadi bagian dari UPer merupakan hal yang membanggakan bagi saya. Selama masa perkuliahan saya bisa mendapatkan materi pembelajaran yang sangat komprehensif. Dosen-dosen di UPer juga sangat suportif dan kompeten di bidangnya masing-masing. Sempat kesulitan dan merasa salah jurusan di dua tahun pertama perkuliahan, saya mampu bangkit untuk mengejar ketertinggalan berkat dukungan yang diberikan oleh dosen-dosen Prodi Ilmu Komputer.

Selama berkuliah saya juga berkesempatan untuk menjadi asisten praktikum untuk beberapa mata kuliah dan berperan aktif dalam pembangunan organisasi kemahasiswaan. Kedua hal tersebut tentunya sangat didukung oleh UPer. Berkat pengalaman dan dukungan yang diberikan, saya mampu untuk mengikuti program magang di Garuda Indonesia dan perusahaan manufacturing asal Jerman, Huber Inks.

Lebih lanjut, berkat ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan selama masa perkuliahan di UPer, saat ini saya dipercaya untuk mengisi posisi asisten manajer di sebuah Top Leading Company in Web Services Provider di Malaysia, Exabytes Network, dengan penempatan di Indonesia. Saya bertanggung jawab untuk memastikan produk-produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna."

Mohammad Milzam Kasyfillah Hutomo
Assistant Manager of Research and Development Department in Indonesia Exabytes Network Sdn. Bhd
Alumni Ilmu Komputer 2021
"Studying at UPer was essential in developing my mindset, character, and softskills. The campus environment always provides opportunities for students to grow in academic and non-academic scopes. In the educational field, lecturers are experts in their fields, have a global perspective, and teach all activities using English. This indirectly prepares me as a worldwide leader ready to enter the world of global industry. In addition, there are practical courses at this university that are useful in preparing graduates for the industrial world, such as creative problem solving and critical thinking.

All these things are ultimately beneficial in accelerating my future career as a leader.

With my knowledge and experience while studying on campus, I am currently working as a Mineplan Engineer through the Fresh Graduate Development Program at PT Hasnur Riung Sinergi. My responsibilities are to design coal mining operations and coordinate and monitor mining activities."

Muhammad Haston Samudra W
FGDP Mineplan Engineering PT Hasnur Riung Sinergi
Alumni Teknik Geologi 2020
"A shout out to dosen UPer khususnya dosen Prodi Teknik Kimia yang kompeten di bidangnya. Mereka sangat sabar dalam mengajar dan juga terbuka dengan masukan dari mahasiswa. Dengan sarana dan prasarana yang mumpuni, kami selaku mahasiswa dibimbing dengan baik dan dibimbing untuk siap memasuki dunia kerja.

Salah satu hal yang membedakan UPer dengan universitas lain adalah kedekatannya dengan dunia industri. Ini merupakan sebuah privilege yang saya manfaatkan selama berkuliah. Saya mengikuti program magang kerja satu tahun di PT Pertamina Lubricants dimana saya terlibat dalam sebuah projek optimasi dan bekerja sama dengan konsultan. Pengalaman magang ini berdampak cukup signifikan dengan pekerjaan saya sekarang yang menuntut saya untuk berfikir dan beradaptasi dengan cepat serta kolaboratif."

Hidayattul Rahman Hakim
Environmental Engineer, ExxonMobil Cepu Limited
Alumni Teknik Kimia 2020
"Selama berkuliah di Universitas Pertamina, saya mendapatkan banyak manfaat untuk mengembangkan softskills lewat kegiatan - kegiatan kemahasiswaan. Dengan dipandu oleh Bapak / Ibu dosen yang sebagian besar merupakan praktisi pada bidang kerjanya masing-masing, saya mendapatkan gambaran bagaimana penerapan ilmu dan teknologi Geofisika dalam dunia kerja. Saya selalu teringat satu nasehat dari dosen saya dahulu "Di dunia kerja yang paling dibutuhkan adalah inisiatif sendiri saat berinteraksi dengan atasan". Hal ini yang saya rasakan saat ini, dimana kita harus berinisiatif untuk berkembang di suatu pekerjaan, tidak perlu menunggu perintah atasan. Nasehat yang dulu diberikan dosen sangat membantu dalam perkembangan karir di pekerjaan saya saat ini."

Andra Kurnia Ilahi
Document Control, PT. AEON Indonesia
Alumni Teknik Geofisika 2020
"Hasil dari semua itu, kini saya dapat melanjutkan studi saya di Magister Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung. Selain itu, karena universitas ini dinaungi langsung oleh perusahaan energi yaitu PT. Pertamina, sehingga materi yang diajarkan selama berkuliah juga berioretansi energi, menjadikan saya termotivasi untuk merintis perusahaan sendiri yang bergerak di Energi Terbarukan, spesifiknya untuk saat ini bergerak di Biomass yaitu CV. Celebes Energi Lestari yang bertujuan mengolah berbagai jenis limbah perkebunan dan pertanian."

Ahmad Amiruddin
Direktur CV. Celebes Energi Lestari dan Mahasiswa Magister Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung
Alumni Alumni Program Studi Teknik Lingkungan 2020 -
"Menjadi bagian dari Universitas Pertamina adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Dengan fasilitas pembelajaran yang memadai, lingkungan kampus yang menyenangkan, juga didukung dengan para tenaga pengajar yang muda, handal dan berkompeten, mampu menjadi jembatan terbaik bagi saya untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia professional yang sesungguhnya."

Prayogi
Project Management Officer - Elnusa Fabrikasi Konstruksi
Alumni Manajemen 2020
"Saya sangat senang berkuliah di UPer karena memiliki dosen yang kompeten di bidangnya serta mampu membimbing para mahasiswa untuk terus berkembang dan mengasah diri sehingga dapat mencapai apa yang dicita-citakan. Selain itu, kampus UPer juga memiliki fasilitas yang sangat memadai khususnya laboratorium yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

Hal tersebut yang membantu saya dalam bekerja saat ini karena ilmu yang saya peroleh selama saya kuliah di UPer dapat diaplikasikan dengan baik di pekerjaan saya saat ini sebagai Staff Laboratorium PT Halmahera Persada Lygend."

David Aji Rifaldi
Staff Laboratorium PT Halmahera Persada Lygend
Alumni Kimia 2020
"Pengalaman di UPer adalah pengalaman yang berharga. Saya bisa menyelesaikan studi di UPer karena UPer memberikan beasiswa selama studi.

Salah satu daya tarik utama UPer menurut saya adalah kurikulum Project Basic Learning yang sangat membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan. Salah satu output dari project yang saya kerjakan dalam perkuliahan adalah saya mampu mempublikasi jurnal pada konferensi Internasional yang terbit di website Acta Electronica Malaysia (AEM). Tentunya itu semua, berkat bimbingan tenaga pendidik di lingkungan UPer yang sangat kompeten.

Selama berkuliah di UPer, saya bergabung dalam grup riset EDRG. Riset saya fokus pada material device dan berhasil dipublikasikan di jurnal yang terbit dalam IEEEXplore. Selain itu saya juga aktif sebagai asisten praktikum dan asisten dosen. Di bidang non akademik, saya aktif dalam UKM yang selaras dengan hobi saya yaitu beladiri. Pengalaman inilah yang membantu saya untuk mencapai karir saya saat ini."

Kamelia Agustina
Staff Marketing, PT Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha)
Alumni Teknik Elektro 2021
"Kuliah di Universitas Pertamina merupakan pengalaman yang berharga dan menyenangkan bagi saya. Saya bersyukur dapat dibimbing oleh dosen-dosen yang sangat baik dan capable di bidangnya serta bertemu dengan teman-teman yang saling mendukung."

Bernadetta Dwinindra W.
Production Planning and Control Officer PT Arwana Citramulia Tbk.
Alumni Teknik Kimia 2020
"UPer sangat peduli dengan para mahasiswanya. UPer bahkan menyediakan layanan non-akademik untuk mendukung mahasiswa aktif mengikuti berbagai kompetisi nasional dan internasional serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan melalui organisasi dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Metode pembelajaran UPer juga up-to-date sehingga cocok dengan dunia kerja yang saat ini saya geluti."

Faisal Aji Setiawan
Marketing Division, MNC Media
Alumni Hubungan Internasional 2021
"Bangga bisa menjadi bagian dari keluarga UPer. Meskipun tergolong kampus baru, namun mahasiswanya dapat bersaing kompetitif dengan universitas lain di dalam negeri maupun luar negeri. Tenaga pendidik dan kependidikannya memiliki latar belakang yang bagus, dan ahli di bidangnya.

Kampus kami juga menyediakan wadah untuk mengembangkan softskill dan hardskill seperti training, webinar, UKM, pengabdian masyarakat, magang, dll. Kami diajarkan cara berpikir kritis, logis, dan sistematis, yang kemudian hal ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di dunia kerja yang dinamis."

Alda Ressa Nurdianingsih
Cost Control, PT Bina Sarana Sukses
Alumni Teknik Geofisika 2020
""Kuliah di UPer merupakan pengalaman yang sangat berkesan dan membanggakan bagi saya. Saya dikelilingi oleh teman-teman yang punya ambisi tinggi dan tenaga pengajar yang kompeten. Hal ini juga yang mendorong saya untuk meraih lebih dari bayangan saya dan berani mencoba hal baru yang dalam hidup saya.

Kampus UPer memiliki lingkungan yang menyenangkan, fasilitas yang cukup, dan banyak kesempatan untuk pengembangan kemampuan. UPer juga menjadi tempat untuk mengimplementasikan teori dari perkuliahan melalui berbagai organisasi. Semua hal ini sangat membantu saya dalam dunia kerja yang saya geluti."

Rauli Maranatah Sihombing
Staff Administrasi, PT Pegadaian (Persero)
Alumni Manajemen 2021
"Selama 3.5 tahun berkuliah di UPer, saya mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, dan juga kesempatan yang sangat berharga. Saya dapat mengasah hardskill maupun softskill melalui berbagai kegiatan yang ada di UPer, seperti melalui magang, lomba dan juga UKM yang tersedia. Selain itu, dosen-dosen UPer sangat kompeten di bidangnya. Fasilitas yang ada di kampus juga sangat menunjang proses pembelajaran dan pengembangan mahasiswa. Berbagai hasil pembelajaran dan pengalaman selama kuliah itulah yang kini saya terapkan di posisi kerja saya.

Saat ini saya mendapatkan kesempatan untuk bekerja di PT Pertamina Hulu rokan WK Rokan sebagai salah satu Intern Kerja bagian Asset Retirement."

Ramadhini Putri Jofansa
Intern Kerja Asset Retirement, PT Pertamina Hulu Rokan
Alumni Teknik Mesin 2022
"Berkuliah di UPer merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya. UPer didukung dengan standar pendidikan yang tinggi, fasilitas yang lengkap, dosen dan tenaga pendidik yang berkualitas, dan lingkungan akademik serta non akademik yang sangat mendukung untuk pengembangan diri dan bekal dalam kehidupan pasca kampus. Selama berkuliah di UPer, selain kegiatan akademik dalam ruang kelas dan laboratorium, saya juga turut mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan, magang, dan perlombaan nasional maupun internasional, seperti ASEAN Data Science Explorer, Oil Rig Design Competition, dan PKM Karsa Cipta. Dari sana saya banyak berdiskusi dan mendapatkan pembinaan dari bapak ibu dosen dan teman-teman dengan multidisiplin ilmu yang berbeda. Bahkan diskusi-diskusi tentang perjuangan hidup, budaya yang berbeda, pola pikir dan sudut pandang pun saya dapatkan dari orang-orang yang saya temui di UPer. Saya bangga dan sangat bersyukur karena memiliki 4 tahun terbaik dengan berkuliah di UPer. Selanjutnya saya akan terus berproses, meningkatkan keilmuan, dan menjadi manfaat untuk sekitar."

Nuzulridha Rizki Ramadhani
Engineering Staff EPC Division PT PP (Persero)
Alumni Teknik Sipil -
"Di kampus UPer saya belajar berbagai macam aspek Ilmu Manajemen, mulai dari finance, marketing, operasional, hingga human resources. Dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di kampus maupun di luar kampus, saat ini saya bekerja sebagai Jr. Officer I Fuel Dealership PT Pertamina Patra Niaga melalui program BPS 2021."

Irfan Utomo Ichsan
Jr. Officer I Fuel Dealership PT Pertamina Patra Niaga
Alumni Manajemen 2020
""Saat orientasi masuk SMA, saya menuliskan cita-cita menjadi menteri ESDM 2045 di pohon harapan. Hal itu karena saya sangat antusias dengan bidang perminyakan dan pertambangan. Menyadari bahwa energi adalah hal yang paling dibutuhkan oleh manusia membuat saya ingin terus belajar untuk mendalami ilmu ini agar saya bisa berkontribusi bagi masyarakat Indonesia. Hingga pada tahun 2017, takdir membawa saya menjadi mahasiswa program sarjana di Program Studi Teknik Perminyakan UPer. Pengalaman berkuliah di UPer adalah salah satu pengalaman yang paling menarik juga melelahkan dalam hidup saya. Namun hal itu menjadi dorongan kuat untuk belajar lebih banyak sehingga berbagai macam prestasi baik akademik maupun non-akademik bisa saya raih seperti menjuarai 1st place student paper competition, learning, and exhibition (Completion UP), menjadi Korps Protokoler UP, terpilih mengikuti international field trip dan seminar yang di hadiri 6 negara, mengikuti kegiatan Halliburton Leadership camp, aktif di organisasi di UKM Kerohanian Islam Mirai UP dan HMTM, dan menjadi sukarelawan dan mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat. " "Mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan sangat membantu saya dalam mengakselerasi kualitas diri karena saya percaya bahwa manusia tidak diukur berdasarkan materi melainkan dilihat di sisi kualitas diri. Prinsip hidup inilah yang menjadi pendorong dalam diri saya untuk terus maju dan berkembang. Saya juga menanamkan mentalitas bahwa semua manusia sama di mata Allah, sehingga siapa pun pasti bisa meraih kesuksesan. Dengan ilmu dan berbagai pengalaman yang saya lalui mengantarkan saya hingga mampu melanjutkan studi di Petroleum Engineering (Teknik Perminyakan) King Fahd University of Petroleum and Mineral dengan beasiswa King Fahd University of Petroleum and Minerals International Scholarship fully funded by the government of Saudi Arabia."

Dandi Alvayed
Peraih Beasiswa King Fahd University of Petroleum and Minerals International Scholarship
Alumni Alumni Prodi Teknik Perminyakan 2021 -
"Dosen-dosen UPer sangat kompeten, tidak hanya dalam mengajar tetapi juga dalam menginspirasi mahasiswa. Dosen dan tenaga pendidik di prodi HI senantiasa mendukung dan memotivasi mahasiswa untuk terus mengembangkan diri, bahkan saat kami sudah menjadi alumni."

Meidiana Farhani
Strategic Brand Analyst, Tokopedia
Alumni Hubungan Internasional 2020
© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved