Berita Kampus
“Together To Care For Humanity” Melalui Donor Darah

Published by: Universitas Pertamina 27 February 2023
Di baca: 41 kali
Jakarta, 27 Februari 2023 - Menolong orang lain dan berbagi kebaikan tidak hanya melalui hal-hal yang berbau material. Terdapat banyak cara untuk menunjukkan kepedulian kepada sesama manusia. Salah satunya adalah melalui kegiatan donor darah. Kegiatan ini bermanfaat tidak hanya bagi orang lain, melainkan juga bagi diri sendiri khususnya pada bidang kesehatan.  

Mengusung tema “Together To Care For Humanity”  LCJS FUN AGE MATAHARI berkolaborasi dengan PMI Jakarta dan Universitas Pertamina mengadakan kegiatan donor darah bersama. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Selasa (27/02), bertempat di GOR ABC, Universitas Pertamina.

Sejak kegiatan dibuka pada pukul 08.30 WIB, baik mahasiswa maupun tenaga pendidik Universitas Pertamina berdatangan untuk melakukan donor darah. Antusiasme civutas  Universitas Pertamina sangat terasa bahkan hingga acara berakhir pada pukul 12.00 WIB. 

“Ini sudah kali ketiga saya donor darah. Menurut saya program-program seperti  sangat bermanfaat, karena ini memfasilitasi kami yang memiliki keinginan untuk donor darah. Memfasilitasi maksudnya saya tidak perlu datang jauh-jauh ke unit transfusi darah (UTD) atau tempat lain, karena di UPER sudah ada” ungkap Fajri, mahasiswa Universitas Pertamina yang merupakan salah satu peserta donor darah.

Dikutip dari UTD PMI DKI Jakarta beberapa syarat umum untuk melakukan donor darah adalah:
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Usia 17 sampai dengan 60 tahun dan sampai 65 tahun untuk pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter.
  • Berat badan minimal 45 Kg.
  • Tekanan darah normal (Sistolik 100 - 180 dan Diastolik 70 - 100).
  • Kadar hemoglobin 12,5-17,0 gr/dL%. 
  • Sesuai dengan PERMENKES 91 Tahun 2015 interval waktu sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan demi keamanan pendonor. 

Sementara itu, serangkaian dengan kegiatan donor darah ini, diselenggarakan juga pemeriksaan gula darah gratis. Pemeriksaan ini dilakukan untuk peserta donor darah maupun yang datang hanya untuk sekedar memeriksakan kadar gula darahnya. [MY]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved