Berita Kampus
SEJUMLAH MAHASISWA GELAR PROYEK PAMERAN BERUPA INOVASI CERDAS DALAM PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS (IOT)

Published by: Universitas Pertamina 19 February 2024
Di baca: 71 kali
Sebagai output dari pembelajaran di kelas, sejumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina (UPER) menyelenggarakan proyek pameran seputar teknologi dan proyek inspiratif yang diberi nama IOTECH, dengan tema ‘Advancing the World with Technology’. Pameran ini digelar di area Selasar GOR, UPER dan dibuka untuk seluruh masyarakat UPER.

Proyek pameran IOTECH ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam menciptakan inovasi cerdas serta berfokus pada ide inovatif dalam penggunaan teknologi Internet of Things (IoT). IoT merupakan sistem perangkat yang terhubung ke internet dan dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Di era kemajuan teknologi yang semakin pesat dan di era digitalisasi seperti saat ini, membuat keberadaan IoT sangat dibutuhkan, karena dapat memberikan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Pameran IOTECH tersebut terdiri dari 3 tim yang memiliki fokus tersendiri di bidangnya masing-masing, yaitu tim mikrokontroler dan IoT, tim Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), dan tim berpikir komputasi. Tidak hanya pameran berupa prototype saja, melainkan dilengkapi dengan poster yang bertujuan agar para pengunjung lebih paham dengan apa yang mereka pamerkan.

Salah satu karya Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer UPER pada pameran IOTECH, yaitu Monitoring Lingkungan Hidup dengan Menggunakan IoT. Dalam hal ini, IoT dapat dilakukan dengan memasang perangkat sensor pada objek fisik atau di lingkungan tertentu, seperti pada pohon, tanah, atau udara. Perangkat sensor ini akan mengumpulkan data secara real-time dan mengirimkannya ke server melalui jaringan internet. Adanya IoT tersebut kita dapat lebih mudah mengetahui kondisi lingkungan hidup tersebut dari berbagai aspek, seperti halnya kondisi tanah, air, udara, dan lainnya. Dengan demikian, IoT dapat membantu dalam memantau dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup yang lebih baik. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved