Berita Kampus
Program Studi Teknik Mesin UPER Kenalkan Robot Pengikut Garis (LINE FOLLOWER) Melalui Kegiatan PkM

Published by: Universitas Pertamina 22 December 2023
Di baca: 53 kali
Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah sangat pesat. Perkembangan ini telah membantu mengatasi berbagai masalah seperti perubahan iklim, polusi, dan energi. Namun, untuk bersaing secara global, penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan agar sumber daya manusia Indonesia dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
Salah satu disiplin ilmu yang penting adalah pembelajaran sains, terutama fisika di sekolah menengah. Pelatihan robotika, khususnya untuk siswa SMA, diperlukan agar mereka memiliki keterampilan yang relevan dengan era Industri 4.0. Robotika tidak hanya mempromosikan inovasi dan kreativitas, tetapi juga membantu siswa memahami konsep dasar teknologi dan sains, yang bermanfaat dalam berbagai bidang.
 
Mekanika, cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak dan interaksi benda fisik, menjadi dasar penting dalam pemahaman tentang perilaku benda dari skala subatom hingga astronomi. Keterkaitan mekanika dengan robotika sangat erat, terutama dalam desain, konstruksi, dan kontrol robot. Konsep-konsep mekanika seperti gerak, kinematika, dan kecepatan sangat berperan dalam merancang gerakan robot dalam ruang.
 
Namun, pembelajaran mekanika sering terbatas pada pengajaran teori, menyebabkan siswa kesulitan memahami secara menyeluruh. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih praktis dan demonstratif untuk meningkatkan minat siswa dalam teknologi. Pengenalan Robot Pengikut Garis bisa menjadi sarana yang tepat untuk melatih kreativitas siswa dalam memahami konsep fisika terkait robotika.

Program Studi Teknik Mesin Universitas Pertamina melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan memperkenalkan aplikasi nyata dari ilmu pengetahuan, seperti robotika industri, kepada siswa SMAK Tunas Bangsa Serpong.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Dosen Program Studi Teknik Mesin yaitu Dr. Arie Sukma Jaya, S.T., M.Eng., Dr. Eng. Sri Hastuty, S.T., M.T., M.Eng., Adhitya Ryan Ramadhani, S.T, M.Sc., Ph.D., Muhammad Akbar Barrinaya, S.T., M.T., Yudi Rahmawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Khusnun Widiyati, S.T., M.Eng., Ph.D., Dr. Eng. Purwo Kadarno, S.T., M.Eng., E. Byan Wahyu Riyandwita, S.T., M.Eng., Ph.D., Sylvia Ayu Pradanawati, Ph.D., Dr. Eng. Yose Fachmi Buys, B.Eng., M.Eng., Dr. Fayza Yulia, S.T., M.T., Ir. Bonifacius S.I., Aziz. ahrudin Tambunan.,  Prof. Dr. Eng. Iman K. Reksowardojo.,  Rudi Krusdianto, S.T., dan staf administrasi Program Studi Teknik Mesin Lilis Nurellisa, S.Kom.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara praktis kepada siswa mengenai konsep teknis dalam robotika industri untuk agar dapat menginspirasi minat mereka terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved