Berita Kampus
Prodi Teknik Geologi UPER Kemas Mata Kuliah Layaknya Proyek Profesional

Published by: Universitas Pertamina 02 February 2023
Di baca: 69 kali
Jakarta, 2 Februari 2023- Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina (UPER) baru saja menyelenggarakan Capstone Symposium yang mengangkat tema “Subsurface Analysis from Exploration to Field Development of Area ‘Up’ in Bengkalis Through, Central Sumatera Basin” secara luring di auditorium Universitas Pertamina, Kamis (02/02).

Terdapat dua belas kelompok yang mempresentasikan hasil pengolahan data resmi dari LEMIGAS di hadapan para juri sekaligus mentor yang merupakan ahli di bidangnya, di antaranya Diofanny Swandrina Putri, S.T., M.Sc selaku Upstream Business Development PT Pertamina (Persero), Dr. Humbang Purba, M.Si selaku Senior Geophysicist of LEMIGAS, Balmesty Kamila, S.T. selaku Commercial Opportunity Analyst PT Pertamina EP Cepu, dan Raufan Fikri, S.T., M.Sc selaku Pathrophysics, stuctural geology, sedimentology & stratigraphy, operations geology PT Pertamina Cepu.

Capstone adalah mata kuliah prodi Teknik Geologi yang jika diterjemahkan menjadi Proyek Eksplorasi dan Pengembangan Lapangan Terintegrasi. Mata kuliah ini terbagi menjadi dua topik yaitu geothermal dan migas. Adapun topik mata kuliah yang saya ampu dan menjadi diskusi serta pembahasan pada simposium hari ini adalah migas”, tutur Dumex Pasaribu M,Sc dosen, sekaligus mentor dan juri Capstone Symposium.

Dumex menjelaskan sebelum mengelola data, seluruh mahasiswa diberikan pembekalan setiap minggunya mulai dari cara menggunakan aplikasi Petrel sampai perhitungan secara ekonomi di lapangan. Data yang telah diolah kemudian dipresentasikan dan dijadikan ajang kompetisi dengan hadiah utama yakni kelompok yang mendapatkan juara 1 akan diberikan kesempatan langsung untuk magang di PT Pertamina (Persero).

Di penghujung acara, ketua juri Capstone Symposium, Epo Prasetya Kusumah, S.T., M.Sc., mengumumkan para juara, yakni Juara 1 diraih oleh kelompok 4 dengan perolehan skor 476, Juara 2 diraih oleh kelompok 5 dengan skor 471,5 dan Juara 3 diraih oleh kelompok 6 dengan skor sebanyak 460. Sebagai kelompok yang meraih juara satu maka kelompok 4 berhak mendapatkan kesempatan untuk magang di PT Pertamina.

“Beberapa dari kami sudah bulat untuk mengambil kesempatan magang di Pertamina tetapi beberapa lainnya lebih memilih fokus untuk menyelesaikan tugas akhir. Menurut kami sendiri ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh mahasiswa”, tutur Dewi Mirah Rezeki, anggota kelompok 1.

Sementara itu Zulfikar Fahimul Aulia Hadi, salah satu anggota kelompok 5 yang meraih juara 2 mengaku bahwa dirinya sempat merinding mendengar tema yang diberikan dan membayangkan proses pengolahan data yang pasti sangat menantang namun ternyata bersamaan dengan pembekalan ilmu dari para mentor ia dan kelompoknya mampu mengerjakannya dengan baik.

“Banyak hal menarik yang aku suka dari mata kuliah ini seperti dihadirkannya para mentor yang merupakan para akademisi dan praktisi yang handal sehingga kami memiliki sudut pandang yang luas dalam pengerjaan project ini. Yang paling seru adalah bagaimana mata kuliah ini juga kemudian dijadikan sebagai ajang kompetisi sehingga kami terpicu untuk menjadi tim terbaik”, ucap Fahim saat ditemui di auditorium UPER.

Secara keseluruhan mata kuliah ini berhasil menjadi salah satu mata kuliah favorit para mahasiswa Teknik Geologi. 

“Aku pribadi suka mata kuliah ini, aku juga berharap agar kedepannya prodi Teknik Geologi bisa punya lisensi aplikasi Petrel sendiri untuk diajarkan di perkuliahan agar saat pengerjaan project ini mahasiswa dapat lebih mahir menggunakan aplikasi Petrel pada PC masing-masing”, ujar Ivan, mahasiswa yang kelompoknya meraih juara 3.

Bagi siswa/siswi yang tertarik bergabung di Universitas Pertamina (UPER), bisa mempersiapkan diri untuk Seleksi Mahasiswa Baru UPER Tahun Akademik 2022/2023. Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id [ER]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved