Berita Kampus
JADI AGENDA RUTIN, KSR UPER BERSAMA LION CLUB KEMBALI SELENGGARAKAN DONOR DARAH BERSAMA

Published by: Universitas Pertamina 31 May 2023
Di baca: 55 kali
KSR Universita Pertamina bekerjasama dengan Lion Club kembali mengadakan kegiatan Donor darah dan pemeriksaan gula darah bersama.  Kegiatan ini diselenggarakan pada 29/05/2023 bertempat di Gor ABC Universitas Pertamina. Melalui kegiatan donor darah ini pihak penyelenggara berharap dapat membantu lebih banyak orang yang membutuhkan transfusi.

“Kegiatan ini merupakan program rutin setiap 3 bulan sekali yang diselenggarakan melalui kerjasama bersama Lion Club. Pada tahun 2023 donor darah sudah diselenggarakan sebanyak dua kali, dan di bulan ini total pendaftar sebanyak 140 orang,” ungkap Muhammad Alvian, mahasiswa Universitas Pertamina yang juga merupakan Komandan dari KSR UPER. 

Selain itu, Alvian juga mengungkapkan meskipun diselenggarakan di UPER kegiatan ini terbuka bagi masyarakat umum. “Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, bukan hanya untuk mahasiswa UPER. Nantinya hasil dari donor darah akan disalurkan ke pihak PMI langsung ataupun rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Lion Club.” sambung Alvian. Menurutnya semakin banyak minat untuk mendonor darah akan sangat membantu pihak yang memang membutuhkan. 

Sementara itu, kegiatan donor darah dapat dilakukan apabila peserta telah memenuhi seluruh persyarata. Persyaratan tersebut meliputi beberapa hal, yakni, sehat jasmani dan rohani, berusia 17 sampai dengan 60 tahun dan sampai 65 tahun untuk pendonor darah yang sudah rutin mendonorkan darahnya sampai akhirnya berhenti atas pertimbangan dokter. Kemudian berat badan minimal 45 Kg dengan tekanan darah normal (Sistolik 100 - 180 dan Diastolik 70 - 100). Selanjutnya memiliki kadar hemoglobin 12,5-17,0 gr/dL%. Sesuai dengan PERMENKES 91 Tahun 2015 interval waktu sejak donor darah terakhir minimal 2 bulan demi keamanan pendonor. Hal terpenting tidak menderita penyakit beresiko tinggi serta tidak dalam keadaan hamil atau menyusui (MY). 

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved