Berita Kampus
INOVASI BIOGHUM ECO-BRIQUETTES RAIH TOP 10 DAN KALAHKAN 2000 PESERTA PADA KOMPETISI PERTAMUDA 2023

Published by: Universitas Pertamina 06 December 2023
Di baca: 64 kali
Pada beberapa waktu lalu, PT Pertamina (Persero) telah menyelenggarakan kegiatan bertajuk ‘Demoday & Final Pitch Pertamuda Seed and Scale 2023.’ Kegiatan tersebut merupakan acara puncak pasca Kurasi Pertamuda 2023 yang telah memilih 30 besar tim yang terdiri dari 20 tim peserta kategori Early Stage Startup dan 10 peserta kategori Energy Founder untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu Demoday Pertamuda 2023. 

Demoday Pertamuda 2023 merupakan rangkaian acara pitching dan mentoring yang akan diselenggarakan secara luring di Bali pada tanggal 26 sampai dengan 30 November 2023. 

Pada kesempatan tersebut, Zikri Anugrah Harahap Mahasiswa Program Studi Teknik Perminyakan 2021 dan Ni Kadek Karina Dewi Mahasiswa Program Studi Ekonomi 2022 menjadi perwakilan Universitas Pertamina dama meraih top 10 Kategori Energy Founder.

Adapun ide bisnis yang diusulkan oleh mereka yakni Bioghum Eco-Briquettes. Inovasi tersebut merupakan inovasi pemanfaatan limbah sorgum menjadi bahan bakar padat (briket) ramah lingkungan. Bioghum Eco-Briquettes hadir untuk memberikan solusi terhadap permasalahan karbon dengan mengubah limbah tanaman sorgum menjadi biobriket. 

“Keunggulan produk kami yaitu menggunakan 100% biomassa sehingga ramah lingkungan, mempunyai bahan baku yang melimpah keberadaannya terjamin, pengolahan ramah lingkungan dengan proses pirolisis, cepat menyala, tidak mudah menimbulkan asap, hemat 2 kali lipat dibandingkan arang produk dengan konsep circular economy, dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Ni Kadek Karina Dewi.

“Sebuah pengalaman yang sangat berkesan bisa lolos Top 10 Pertamuda Seed and Scale 2023 kategori energy founder. Setelah berhasil mengalahkan 2000 lebih peserta kurasi. Di tengah-tengah kesibukan mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS), namun kami masih sempat meluangkan waktu untuk mengikuti perlombaan yang sangat bergengsi dan ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa seluruh Indonesia,” ungkap Zikri Anugrah Harahap.

Tambah Zikri, “Bangga, bahagia, dan haru bercampur menjadi satu ketika diberikan kesempatan untuk dapat pitching di hadapan para mentor dan juri dengan latar belakang yang berbeda-beda dan sebagian besarnya adalah investor. Begitu juga bertemu dengan mahasiswa-mahasiswa dengan ide-ide bisnis yang sangat luar biasa. Meskipun belum berkesempatan mendapatkan top 3, namun sudah sangat bangga bisa di tahap ini. Harapannya semoga di tahun berikutnya, semakin banyak delegasi dari UPRR dengan inovasi dan ide bisnis di bidang energi,” tutup Zikri. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved