Agenda
Kunjungan Rainas 2023 Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina

Published by: Prodi Hubungan Internasional 16 August 2023
Di baca: 33 kali
Jakarta, 16 Agustus 2023 - Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina menerima kunjungan dari peserta Raimuna Nasional 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

Agenda pertama dari kunjungan ini dilakukan di salah satu ruangan kelas yang diisi dengan perkenalan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina yang dibawakan oleh Ade Muhammad Iqbal, Tasya Adinda Aulia, dan Tsany Julia Andini selaku Mahasiswa Hubungan Internasional UPer. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi Mini Lecture oleh Ibu Naeli Fitria, S.Sos., M.A. dan dihadiri juga oleh Dosen Hubungan Internasional UPer lainnya, yakni Ibu Frieska Haridha, MA. serta Ibu Silvia Dian Anggraeni, S.Sos., M.A.

Agenda Mini Lecture dibuka dengan pemutaran video rekaman salah satu Diplomat Indonesia yang sedang menyampaikan pernyataan pada saat sidang PBB dan dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dasar-dasar Hubungan Internasional. Agenda ini kemudian ditutup dengan beberapa pertanyaan kuis dan pemberian hadiah atau merchandise bagi peserta yang dapat menjawab dengan benar.

Selanjutnya, kegiatan kunjungan diisi dengan agenda Mini Lab yang dilakukan di Laboratorium Hubungan Internasional UPer, yakni Mandala Saksana Astagatra (MSA). Agenda Mini Lab dipimpin kembali oleh Tasya Adinda Aulia, Ade Muhammad Iqbal, dan Tsany Julia Andini dengan memaparkan materi perkenalan terkait Laboratorium MSA. Lalu, dilanjutkan dengan games yang berkaitan dengan ilmu Hubungan Internasional, yakni negosiasi dan diplomasi.

Dalam permainan ini, para peserta dibagi menjadi tiga tim atau tiga negara, lalu masing-masing tim bermain peran sebagai seorang diplomat dan juga rakyat. Permainan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Agenda Mini Lab kemudian ditutup dengan pemberian merchandise untuk masing-masing tim.

Kunjungan peserta Raimuna Nasional 2023 ke Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina ini diharapkan dapat menambah wawasan serta pengetahuan peserta terkait ilmu-ilmu Hubungan Internasional. Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan silaturahmi antara Universitas Pertamina dengan para peserta Raimuna Nasional.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved