Berita Kampus
WOFMAN 2023 : Dorong Mahasiswa Menjadi Aktif Bersama MBKM

Published by: Universitas Pertamina 18 March 2023
Di baca: 52 kali
Jakarta, 18 Maret 2023 - Semenjak diluncurkannya program MBKM (Merdeka Belajar - Kampus Merdeka) oleh Kemendikbud Ristek, mahasiswa kini memiliki banyak peluang untuk meraup pengalaman lebih selama berkuliah pun untuk mempersiapkan dunia kerja nantinya. 

Sejalan dengan hal tersebut Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Pertamina menggelar WOFMAN 2023 (Workshop of Management) dengan tema “Ready to Become an Active Student with MBKM: Student Exchange and Internship Edition”, yang diadakan secara daring melalui platform Zoom pada Sabtu (18/3/2023). 

Menghadirkan Nathalie Maura Soetopo, IISMA 2022 (Indonesian International Student Mobility Award) Awardee University of Glasgow, kegiatan ini berhasil menarik lebih dari 80 peserta dalam dan luar Universitas Pertamina. 

IISMA sendiri adalah salah satu program dari MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi global citizen dan mengenal dunia internasional serta memperkuat jejaring, keterampilan teknis, dan keterampilan non teknis. 

Dalam sesinya Nathalie memaparkan informasi mendalam mengenai IISMA, proses seleksi, sampai dengan realita yang dihadapi. 

“Ada beberapa alasan kenapa aku sangat mendorong kalian untuk mengikuti IISMA. Pertama, kalian dapat memiliki kesempatan untuk bekerja di universitas top dunia. Kedua, kalian bisa mendapatkan koneksi internasional. Ketiga, kalian bisa memiliki sudut pandang baru yang selama ini mungkin kalian ga pernah terpikirkan. Keempat, kalian bisa eksplorasi banyak hal dan terakhir IISMA akan membuat kalian memahami diri kalian lebih jauh”, ujar Nathalie. 

Nathalie juga menjelaskan proses seleksi IISMA yang ia bagi menjadi tiga garis besar, yakni persiapan dokumen, wawancara, dan pengumuman serta pra keberangkatan. 

Dalam proses dokumen terdapat beberapa hal yang pendaftar siapkan yakni English Proficiency Test, seleksi internal kampus, penulisan essay, dokumen pribadi, tes kebhinekaan, dan mengisi CV yang templatenya sudah disediakan. 

“Menurut aku salah satu tahap yang paling menantang adalah tahap wawancara. Wawancara yang akan dilaksanakan itu full english dan daring maka kamu harus memastikan koneksi sinyal kamu stabil dan kamu juga benar-benar siap secara mental untuk menjawab seluruh pertanyaan”, kata Nathalie. 

Menutup sesinya, Nathalie membagikan pengalamannya mengenai hal yang dirinya harap ketahui sebelum mengikuti program ini seperti hal-hal yang membutuhkan uang, ekspektasi, dan keadaan mental serta fisik.

“Salah satu hal yang ingin aku tekankan adalah bagaimana kalian mengelola ekspektasi kalian karena nantinya banyak hal yang tidak sejalan, perubahan yang tiba-tiba, ketidakpastian, dan masih banyak lagi jadi kalian harus bersiap diri”, tutur Nathalie. [ER]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved