Berita Kampus
SALAH SATU CARA TINGKATKAN KINERJA ORGANISASI MELALUI KEGIATAN BENCHMARKING

Published by: Universitas Pertamina 23 January 2024
Di baca: 98 kali
Setiap organisasi berkeinginan untuk mencapai keberhasilan dan meningkatkan kinerjanya. Benchmarking menjadi salah salah cara yang dapat digunakan dalam hal tersebut. Benchmarking merupakan proses esensial untuk membantu organisasi melakukan perubahan dalam manajemen. Dengan melakukan benchmarking, organisasi dapat dikatakan telah melakukan evaluasi secara internal baik mengenai sumber daya manusianya, manajemennya, maupun pelayanannya agar kinerja organisasi lebih meningkat (Komariyah, 2006).

Dalam hal ini, Student Chapter SRE (Society of Renewable Energy Universitas Pertamina (SRE UPER) ) melaksanakan benchmarking dengan SRE Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka (SRE UHAMKA), yang telah terselenggara pada Sabtu, 20 Januari 2024 lalu di Gedung Griya Legita Universitas Pertamina. Selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja organisasi, kegiatan benchmarking ini juga memiliki tujuan untuk membuka hubungan komunikasi dan kolaborasi antar sesama SRE.

Kegiatan benchmarking ini memiliki kegiatan inti, yaitu pada sesi pemaparan materi dan FGD (Forum Group Discussion). Pada tahap pemaparan materi, masing-masing student chapter akan menyampaikan materi mengenai struktur organisasi, arah gerak, program kerja selama satu periode, dan cara membuka hubungan komunikasi dengan pihak eksternal. “Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran umum tentang pengelolaan sistem operasi di masing-masing student chapter,” ujar Akhmad Fauzan Ali, Penanggung Jawab benchmarking SRE UPER. 

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesu FGD. Pada tahap ini, masing-masing departemen dari kedua student chapter akan dikumpulkan dalam satu grup untuk bertukar pikiran mengenai program kerja, tantangan, dan penyempurnaan yang dapat dilakukan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak student chapter dengan meningkatkan wawasan dan pengetahuan, mendapatkan pengalaman baru, serta menjalin silaturahmi. Selain itu, saya berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum bagi kedua student chapter untuk saling belajar, berkolaborasi, dan membangun relasi,” tutup Fauza. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved