Berita Kampus
Praktik Manajemen K3, Prodi Manajemen UPER Gelar Pelatihan Pemadaman Api

Published by: Universitas Pertamina 07 December 2022
Di baca: 51 kali
Jakarta, 7 Desember 2022 - Dilansir dari PP No. 50 Tahun 2012, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan kerja (SMK3) adalah suatu kegiatan pengendalian risiko yang berkaitan dengan menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien, dan produktif. SMK3 ini sangat diperlukan dalam perusahaan ataupun organisasi guna melindungi karyawan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada didalamnya.

Di Program Studi Manajemen Universitas Pertamina terdapat Mata Kuliah Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Melalui mata kuliah tersebut, Program Studi Manajemen Uper melaksanakan kegiatan yang bertajuk Pelatihan Pemadaman Api pada Senin (6/12).

Pelatihan pemadaman api merupakan pelatihan secara langsung mengenai bagaimana cara menghadapi saat terjadi kebakaran kecil, apa saja alat pelindung diri saat memadamkan api, dan bagaimana cara memadamkan api berkategori kebakaran kecil menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Kecil) dan karung goni basah.

Pemateri pada pelatihan pemadaman api ini, yaitu Agung Buana, S.K.M (Staf K3 dan Eco Campus) dan Dennis Filippi (Mahasiswa Teknik Lingkungan).

Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa/i yang mengambil mata kuliah tersebut. Diperoleh data dari ketua kelas Program Studi Manajemen Angkatan 2020, pada kegiatan tersebut sebanyak 29 mahasiswa yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan pemadaman api tersebut.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, berikut diantaranya:
1. Mengetahui macam-macam kebakaran
2. Mengetahui berbagai cara pemadaman api
3. Mengetahui cara pemadaman api dengan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan)
4. Mengetahui cara pemadaman api dengan menggunakan karung goni basah.
5. Mengetahui Alat Pelindung Diri saat dihadapkan pada situasi kebakaran kecil atau pemadaman api kecil.

Fian Faradito, selaku Ketua Kelas MK Manajemen Kesehatan dan Keselamatan kerja berkata, "Kegiatan ini sangat seru, karena kita dapat mempraktikkan langsung bagaimana pengimplementasian pemadaman api saat terjadi kebakaran ringan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat terutama nanti pada saat kita dihadapi langsung pada situasi serupa."

Fito berharap untuk kedepannya semoga kegiatan semacam ini bisa diadakan lagi dengan peralatan yang lebih lengkap, dan metode pemadaman api yang lebih beragam. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved