Berita Kampus
Pertamina Hulu Rokan Ajak Mahasiswa UPER dalam Gerakan Kenali, Cegah dan Akhiri Stigma HIV AIDS

Published by: Universitas Pertamina 30 May 2023
Di baca: 56 kali
Pertamina Hulu Rokan bekerjasama dengan kemahasiswaan Universitas Pertamina mengadakan kegiatan seminar yang mengangkat tema HIV AIDS. Seminar yang bertajuk “Sobat Muda & HIV AIDS: Kenali, Cegah dan Akhiri Stigma HIV AIDS” dilaksanakan pada Selasa 30/05/2023 bertempat di Auditorium Universitas Pertamina. Seminar ini dinilai sangat penting karena masih banyak generasi muda yang belum paham betul mengenai apa sebenarnya HIV AIDS itu, melihat dari pencegahan hingga munculnya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (Orang Dengan HIV AIDS). 

Kegiatan diawali oleh sambutan Dr. IGN Irwin Purnawarman selaku Sr Analyst Occupational Health & Industrial Regional Sumatera membuka dengan menyampaikan bahwa penanaman pemahaman mengenai HIV AIDS sangatlah penting mengingat pada era saat ini, terlebih peluang peningkatan HIV juga saat ini masih tinggi.  “HIV AIDS pada dasarnya memiliki dampak yang luar biasa, penyebarannya memang tidak cepat tapi terdapat dampak jangka panjang termasuk salah satunya diskriminasi kepada ODHA,” ungkap Dr. Irwin

Selanjutnya, kegiatan seminar inti diisi oleh  Dr. Mukhlis selaku Associated Occupational Health PHR Regional Sumatera. Pada pemaparannya Dr. Mukhlis memulai memberikan pemahaman umum mengenai apa itu HIV AIDS serta urgensinya di Indonesia. Paling mendasar Dr. Mukhlis menjelaskan mengenai perbedaan signifikan antara HIV dan AIDS. Kemudian Dr. Mukhlis melanjutkan dengan pemaparan mengenai pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penularan penyakit berbahaya ini. 

Bagian penting yang menjadi highlight pada pemaparan Dr. Mukhlis bahwa, kerap terjadi kesalahan pemahaman yang berdampak pada diskriminasi terhadap ODHA. “HIV AIDS tidak akan menular dengan kegiatan menggunakan toilet umum, bersentuhan, bertukar alat makan, bersalaman atau berpelukan dan berenang bersama. ODHA memerlukan banyak dukungan, jadi jauhi penyakitnya bukan orangnya,” tutur Dr. Mukhlis.

Sementara itu, Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus yang menyerang sistem imunitas. Virus ini merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Infeksi HIV mampu menurunkan kemampuan imunitas manusia dalam melawan benda - benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Kemudian jika kekebalan tubuh telah sampai tahap lanjut yaitu pada tahap terminal infeksinya dapat menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) (MY)
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved