Berita Kampus
Meningkatkan Bonding dan Belajar Lewat Kegiatan ZIRCON TRIP 5.0

Published by: Universitas Pertamina 26 September 2022
Di baca: 40 kali
Jakarta, 26 September 2022 - Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Kabinet Lux Glorius Universitas Pertamina pada 17-18 September 2022 lalu telah berhasil melaksanakan kegiatan ZICRON TRIP 5.0 "Parahyangan with a Million Geological Stories."

Kegiatan ini merupakan kegiatan ekskursi yang mengajak peserta mengetahui Ilmu Geologi di lapangan yang dikemas dalam bentuk fun field trip. Rangkaian kegiatan dimulai dari mengunjungi Geosite pertama hingga kelima (Sanghyang Kenit, Sanghyang Heuleut, Tebing Citatah 125, Goa Pawon, dan Stone Garden) yang memiliki ciri khas Geologi serta keindahannya masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam yang diikuti oleh 39 peserta dari Mahasiswa/I Teknik Geologi Universitas Pertamina angkatan 2016-2021, 3 pembicara yaitu Epo Prasetya Kusumah S. T., M. Sc., sekaligus Dosen Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina, T. Bachtiar, sebagai Geografiawan dan Penulis Buku Bandung Purba dan Kelompok Riset Cekungan Bandung, dan Dr. Dwiharso Nugroho S.T., M.T.

Pada malam hari di kegiatan ZIRCON TRIP 5.0 ini diadakan sharing caring antar peserta sehingga peserta dapat bertukar wawasan dan pengalaman.

ZIRCON TRIP 5.0” ini dilaksanakan dengan tujuan, yaitu:
1. Menambah wawasan peserta tentang situs geologi dari sudut pandang seorang geolog.
2. Mengetahui sejarah geologi pembentukan Geopark Rajamandala dan situs yang ada 
disekitarnya.
3. Meningkatkan kemampuan peserta dalam mengenali dan memahami fitur geologi di 
lapangan sebagai sarana penerapan ilmu geologi yang didapatkan di perkuliahan.
4. Mengetahui potensi sumber daya geologi dalam bidang geowisata pada daerah 
Geopark Rajamandala.

Febria Ulvah Mahasiswa Teknik Geologi Angkatan 2020 sekaligus Ketua Pelaksana ZIRCON TRIP 5.0 mengatakan "Kegiatan ZIRCON TRIP 5.0 sangat menarik dan seru karena merupakan kegiatan ekskursi dan merupakan kegiatan luring pertama kali setelah 2 tahun daring. Pembicara yang dihadirkan pada kegiatan ini sangat luar biasa dan berkompeten dalam bidang tersebut sehingga materi yang dibawakan sangat lengkap dan komprehensif."

Lanjut Febria, "Selain itu, pembicara membawakan materi dengan asyik sehingga peserta lebih mudah memahaminya dan membuat interaksi yang terjalin sangat aktif. Sehingga dapat saya katakan bahwa kegiatan ini secara keseluruhan berjalan dengan baik." [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved