Berita Kampus
MELALUI KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT, PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO BERSAMA UKM RETRO MENGEDUKASI TEKNOLOGI ROBOT LINE FOLLOWERS KEPADA SISWA/I SMA

Published by: Universitas Pertamina 07 June 2023
Di baca: 54 kali
Jakarta, 7 Juni 2023 - Di jenjang perguruan tinggi terdapat kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap kampus baik negeri maupun swasta. Hal tersebut ialah Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga kewajiban yang terdapat dalam perguruan tinggi yang terdiri dari Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). 

Merujuk pada Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut Program Studi Teknik Elektro Uper dan Unik Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rekayasa Teknologi Robot (RETRO) Uper berkolaborasi melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). PkM tersebut dilaksanakan di SMA Almanar Azhari Islamic Boarding School, Depok pada Sabtu, 29 Mei 2023 lalu.

Kegiatan PkM tersebut dihadiri oleh para dosen Program Studi Teknik Elektro yang terdiri dari Dr. Soni Prayogi, M.Si, Dr. Eng. Muhammad Abdillah, S.T., M.T., Dr. Marza Ihsan Marzuki, S.T., M.T., dan Teuku Muhammad Roffi, S.T., M.Eng., Ph.D., serta Mahasiswa/i yang tergabung dalam UKM RETRO Uper.

PkM ini dibagi menjadi dua tema yaitu “Pelatihan Software Laboratorium Virtual Bagi Guru IPA SMA” & “Workshop Pembuatan Robot Bagi Siswa/Siswi SMA." Pelatihan robot kilat merupakan pelatihan untuk membangun dan merancang sebuah robot dalam satu sesi pertemuan. Dalam hal ini Robot Line Follower menjadi topik dalam sesi pengabdian. 

Robot Line Follower merupakan jenis robot yang dirancang untuk mengikuti jalur atau garis yang ditentukan. Fungsi utama dari Robot Line Follower yaitu mengikuti jalur secara otomatis tanpa bantuan manusia. Robot ini sering digunakan dalam aplikasi seperti industri otomotif, produksi, dan logistik untuk melakukan tugas-tugas seperti pemindahan barang, pengangkutan, atau inspeksi kualitas. Line Follower dipilih karena kompleksitas yang lebih sederhana dibandingkan robot lainnya. Robot ini sangat cocok untuk pengenalan Algoritma dan konsep robot dasar.

Pelatihan tersebut dimulai dari pemberian materi, kemudian pembagian kelompok kerja yang mana setiap kelompok terdapat satu mahasiswa berperan sebagai mentor. Kemudian hasil robot yang telah siap dilombakan antar kelompok. Kelompok terbaik 1,2,3 mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan merchandise dari Universitas Pertamina sebagai bentuk apresiasi dan motivasi bagi mereka.

"Selama kegiatan saya merasa sangat senang sekali karena bisa berbagi ilmu kepada masyarakat khususnya siswa/siswi SMA/SMP tersebut. Menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan kebanggaan bagi saya dan teman-teman sebagai Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan UKM RETRO Uper."- Ungkap Muhammad Harish, salah satu Mahasiswa Program Studi Teknik Elektro dan anggota UKM RETRO Uper.

Lanjut Harish, "Harapan saya kedepannya semoga Universitas Pertamina dapat terus mendukung dosen dan mahasiswa untuk terus menyebar kebaikan dan pendidikan kepada masyarakat khususnya masyarakat daerah yang masih minim terkait perkembangan teknologi." [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved