Berita Kampus
KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KAMPUS MELALUI KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT Solusi Bangun Indonesia Tbk

Published by: Universitas Pertamina 07 February 2024
Di baca: 73 kali
Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan pembelajaran di luar kampus. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada lingkungan kerja di lapangan, mengetahui budaya suatu perusahaan, meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa terkait dunia kerja, menumbuhkan motivasi pada mahasiswa terhadap jenjang karir kedepan, dan sebagainya. Dalam hal ini, pada Senin, 5 Februari 2024, Program Studi Kimia Universitas Pertamina (UPER) melaksanakan kunjungan industri di PT Solusi Bangun Indonesia Tbk.

Adapun pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, yakni pihak PT Solusi Bangun Indonesia selaku perusahaan yang akan dikunjungi, Dr. Eng. Paramita Jaya Ratri, M.Si., S.Si.,.selaku Dosen Program Studi Kimia UPER dam sekaligus pembimbing kegiatan kunjungan industri, Aninda Tri Kusumaningrum, S.Si., selaku asisten laboratorium, dan mahasiswa Program Studi Kimia UPER angkatan 2021 dan 2022.

Pada kegiatan kunjungan industri, peserta mendapatkan informasi tentang profil perusahaan, termasuk observasi proses pengolahan dan pengembangan produk, diskusi dan tanya jawab, serta kunjungan lapangan industri. Hal ini dilakukan dengan mematuhi peraturan perusahaan. Tujuannya adalah agar mahasiswa dapat bertanya tentang perusahaan dan produk yang dikembangkan oleh Semen Indonesia Group (SIG) serta pengalaman yang dibutuhkan di bidang tersebut.

“Di sesi perkenalan mengenai perusahaan, kami mendapatkan materi mengenai alasan perubahan nama perusahaan, perkembangan perusahaan, produk yang dikembangkan, jasa yang ditawarkan, hubungan perusahaan dengan Sustainable Development Programs (SDGs). Selain itu, kami juga diberikan materi mengenai prosedur pembuatan klinker dan semen. Pada sesi ini terdapat penjelasan mengenai bagaimana semen dapat diproduksi, dari awal dilakukannya penambangan bahan baku di alam, pemilihan bahan yang akan diolah, alasan pemilihan bahan tersebut, penentuan grade bahan yang digunakan, cara penentuan kualitas bahan, hingga pengujian apa saja yang dilakukan,” jelas Nanda Sakinah, selaku wakil ketua pelaksana kegiatan.
 
“Kegiatan kunjungan industri ini dapat memberikan banyak wawasan mengenai industri bahan bangunan dan andil dari jurusan kimia dalam industri tersebut. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan dan mahasiswa dapat lebih aktif dalam bertanya sebagai pengukur tingkat keaktifan dan antusias mahasiswa dari materi yang diberikan,” tutup Sakinah. [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved