Berita Kampus
(Universitas Pertamina) Cipta Karsa: Learning Agility Make You Extraordinary

Published by: Universitas Pertamina 08 January 2022
Di baca: 15 kali
Jakarta, 08 January 2022 - Dalam sebuah kemampuan, terdapat sebuah tantangan yang tentu dihadapi setiap perjalanannya. Dimana pada situasi tersebut diperlukannya kemampuan untuk terus mau belajar.

Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk, Ibu Tenny Elfrida memberikan kuliah umum pada seminar daring Cipta Karsa XIV bertajuk “Learning Agility: Make You Extraordinary” berbagi ilmu seputar pentingnya menjadi seseorang yang mau terus belajar. Tenny Elfrida mendefinisikan bahwa “Agile learner merupakan orang yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar dari pengalaman dan mampu mengeksekusikan berupa publikasi” Ujar Tenny Elfrida Direktur SDM & Umum PT Elnusa Tbk dalam seminar Cipta Karsa XIV yang dilaksanakan di Universitas Pertamina secara daring, Sabtu (8/1).

Tenny Elfrida membagikan pengalaman dan sudut pandangnya mengenai suatu tantangan, pada tantangan yang datang Tenny Elfrida selalu melihat bahwa hal tersebut merupakan opportunity dengan melihat dari sudut pandang mana tantang tersebut dipandang. Menurut Tenny Elfrida langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan yaitu diperlukannya kemampuan agiler learner dikehidupan mana saja untuk melihat masalah, tantangan, mencari solusi dan melakukan kontribusi. Memulai untuk melihat kelebihan dan kekurangan dan fokus terhadap sebuah kekuatan sehingga timbulnya kemampuan dalam mengeksekusi segala macam tantangan. 

Tenny Elfrida juga menggunakan strategi membuat “Membangun Learner Agility” sehingga dapat meningkatkan agiler learner. Strategi ini memiliki empat hal mengenai apa yang harus dilakukan yaitu 1) menjadi orang yang kreatif. 2) menjadi orang yang serba bisa. 3) bersikap terbuka dan anti kritik. 4) mereview kembali mengenai apa yang sudah dipelajari.  

Pada pemaparannya pada seminar daring Cipta Karsa XIV yang bertajuk  “Learning Agility: Make You Extraordinary” Tenny Elfrida menyampaikan tiga pesan kepada peserta seminar daring untuk menjadi agiler learner yang pertama mengenai kesempatan “semua orang mungkin dapat memiliki kesempatan yang sama, pembeda hasil akhirnya adalah bagaimana kita merespon dan mengambil langkah nyata”, yang kedua mengenai positive mindset “mindset positif adalah kunci untuk menghadapi tantangan dan meraih kesuksesan”, dan yang ketiga mengenai Passion “Hidup adalah sebuah perjalanan. Kejarlah passionmu, raih kesempatan yang ada, dan terus menjadi pribadi pembelajar.” paparnya.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved