Berita Energi
Tingkatkan Performa Penyaluran Energi Listrik, PLN Lakukan Penggantian Material

Published by: tribunnews.com 21 June 2022
Di baca: 6 kali
SURYA.CO.ID, SURABAYA - PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi Surabaya (UPT Surabaya) melaksanakan berbagai upaya termasuk melakukan penggantian material yang sudah mengalami penurunan performanya.

Dilaksanakan selama tiga hari, PLN UPT Surabaya melaksanakan penggantian pada Material Transmisi Utama (MTU) yaitu PMS (Pemisah) yang menyalurkan listrik dari Gardu Induk Sukolilo ke Gardu Induk Kenjeran.

"Hal tersebut dilakukan karena adanya penurunan performa sesuai hasil uji yang telah dilakukan sehingga diperlukan penggantian atau peremajaan MTU," kata Didik F Dakhlan, General Manager PLN UIT JBM, Senin (20/6/2022).

Pengujian dapat dilihat saat dilakukannya pemeliharaan dan pengujian rutin 2 tahunan, sehingga berdasarkan hasil dari pengujian tersebut PMS perlu dilakukan penggantian.

"Penggantian MTU ini adalah hasil dari tindakan preventif dan assesment kami di PLN untuk pengoptimalan keandalan sistem, sehingga peralatan yang sudah mengalami penurunan performa harus segera kami lakukan penggantian. MTU tersebut langsung kami ganti sebelum terjadinya breakdown yang tentunya itu akan mengganggu sistem kami," jelas Didik.

Selain itu, Gardu Induk Sukolilo merupakan sumber pasokan listrik ke Gardu Induk Kenjeran, di mana Gardu Induk Kenjeran menjadi salah satu pemasok Listrik ke wilayah Madura.

“Kami melakukan upaya ini agar tidak ada kendala dalam menyalurkan pasokan listrik ke wilayah Surabaya dan Pulau Madura”, lanjut Didik.

Dengan kerja sama antar Tim dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Surabaya Utara serta Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) pekerjaan penggantian 2 set PMS ini bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Tentunya dalam setiap pekerjaan yang dilakukan oleh Tim yang bertugas harus menggunakan alat pelindung diri yang lengkap dan senantiasa menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Semoga dengan Upaya Pemeliharaan ini kesiapan instalasi di GI Sukolilo semakin andal dan kepuasan pelanggan akan meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN.

"Tentu, semua pekerjaan harus memperhatikan K3 karena tidak ada yang lebih berharga dari keselamatan pekerja. Dengan pekerjaan aman insya Allah sistem dan peralatan juga akan handal", tambah Christian Ismunandar, Manager UPT Surabaya.


Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Tingkatkan Performa Penyaluran Energi Listrik, PLN Lakukan Penggantian Material, https://surabaya.tribunnews.com/2022/06/21/tingkatkan-performa-penyaluran-energi-listrik-pln-lakukan-penggantian-material.
Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Titis Jati Permata
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved