Berita Kampus
Scholarship Talkshow Oleh Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina

Published by: Universitas Pertamina 26 August 2022
Di baca: 13 kali
Jakarta, 25 Agustus 2022 - Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina menggelar talkshow yang membahas tentang beasiswa bertajuk "Beyond Limits, Reach Your Dreams, and Get Achievement with Scholarships." Talkshow ini mengundang 2 narasumber yaitu Eka Nurcahyaningsih, penerima beasiswa LPDP untuk pendidikan MA UCL dan Vanny Fadhilah, pelajar luar negeri dan mentor akademik. 

Talkshow yang dilaksanakan penuh secara daring ini dihadiri oleh 114 peserta. Serta dihadiri oleh Pembina Kemahasiswaan Hubungan Internasional Universitas Pertamina, Novita Putri Rudiany, S.Hub Int., MA., dan Ketua Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina, Dr. Indra Kusumawardhana.

Materi pertama disampaikan oleh Eka Nurcahyaningsih. Narasumber yang akrab disapa Eka mengatakan "Saya merupakan salah satu orang yang sangat antusias dan sangat menggemari dunia pendidikan." 

Lanjut Eka, "Saya dapat berada di posisi sekarang karena saya mendapatkan dukungan dari keluarga dan sahabat serta ketekunan yang saya miliki." Ketekunan yang Eka miliki terbukti dari pengalaman dirinya sejak SMK yang sudah menggeluti bidang Bahasa Inggris seperti mengikuti perlombaan debat, relawan, mentor, dan sebagainya. Eka percaya bahwa hal tersebut dapat menjadi bekal dirinya untuk mendapatkan beasiswa dan belajar di luar negeri.

Selain itu, Eka menceritakan bahwa banyak proses yang ia lalui selama proses pendaftaran beasiswa hingga bisa sampai di titik ini. Mulai dari membangun personal branding, persiapan tahap administratif, persiapan IELTS, penyesuaian diri dengan budaya dan lingkungan di tempat kuliah, dan sebagainya. 

Terlepas dari cerita pengalaman Eka mendapatkan  beasiswa LPDP untuk pendidikan MA UCL. Eka juga memberikan tips untuk mempersiapkan beasiswa seperti ;
  1. Temukan tujuan Anda mendaftar beasiswa tersebut.
  2. Persiapkan proses administratif dengan baik seperti, sejak dini mempelajari bahasa asing terutama Bahasa Inggris, mengikuti organisasi atau perlombaan, persiapan tes Toefl atau IELTS, berlatih membuat surat motivasi, dan sebagainya.
  3. Memperluas koneksi pertemanan.

Materi kedua disampaikan oleh Vanny Fadhilah. Sebagai pelajar luar negeri dan mentor akademik, Vanny menjelaskan bahwa banyak peluang beasiswa untuk Mahasiswa Pascasarjana dan Pascasarjana (S2/S3) di beberapa negara berikut seperti di Korea Selatan, Jepang, Hungaria, Belanda, dan Prancis.

Selanjutnya Vanny menjelaskan hal-hal yang perlu dipersiapkan dari sekarang untuk mendaftar beasiswa di luar negeri seperti ;
  1. Mencari informasi seputar beasiswa dan universitas yang dituju.
  2. Mempersiapkan Curriculum Vitae (CV).
  3. TOEFL/IELTS.
  4. Latihan menulis esai, surat motivasi, wawancara, dan FGD.
  5. Mempersiapkan surat rekomendasi dan surat penerimaan (LOA), dan sebagainya.

Vanny menjelaskan, "Agar CV Anda terlihat menarik sebaiknya diterapkan metode STAR, seperti berikut;"
  1. S(Situation), menjelaskan peristiwa atau situasi yang dialami. 
  2. T(Task), yaitu jelaskan tugas yang harus Anda selesaikan. 
  3. A(Action), yaitu jelaskan tindakan spesifik yang Anda ambil untuk menyelesaikan tugas.
  4. R(Result), yaitu jelaskan hasil yang diperoleh dari tindakan yang Anda lakukan. 

Siti Setiani Nurhidayah, selaku Ketua Pelaksana mengatakan "Saya sangat bahagia dan lega karena acara Talkshow Beasiswa ini berjalan dengan lancar, antusias peserta luar biasa dari awal sampai akhir acara peserta tetap stay room. Apalagi pada saat membaca feedback dari peserta yang kebanyakan bilang harus diadakan lagi acara seperti ini. Harapan kedepannya semoga acara Talkshow Beasiswa ini bisa dijalankan secara Offline atau Luring agar lebih interaktif untuk sharing. [NA]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved