Berita Energi
Rusia Bakar Gas Rp148,5 M per Hari di Tengah Krisis Energi Eropa

Published by: cnnindonesia.com 27 August 2022
Di baca: 3 kali

Jakarta, CNN Indonesia -- Rusia membakar gas alam 4,34 juta meter kubik atau senilai sekitar US$10 juta atau Rp148,5 miliar per hari (Kurs Rp14.850 per dolar AS) di fasilitas gas alam cair (LNG) pabrik Portovaya Gazprom yang berada di dekat perbatasan dengan Finlandia.

Mengutip CNN.com, informasi itu disampaikan oleh para analis berdasarkan analisis dari data satelit Rystad Energy. Analis itu menyebut pembakaran gas itu dilakukan oleh BUMN gas Rusia Gazprom.

Pembakaran dilakukan ketika Rusia mengancam akan menjerumuskan Eropa ke dalam krisis energi musim dingin dengan membatasi ekspor ke Jerman dan negara-negara lain di kawasan itu.

Analis itu menyebut total gas yang dibakar itu setara dengan 1,6 miliar meter kubik per tahun, atau sekitar 0,5 persen dari permintaan gas blok itu.

Sementara itu Rystad Energi mengatakan pembakaran gas itu adalah bencana lingkungan. Pasalnya, pembakaran memancarkan 9.000 ton karbondioksida setiap hari.

Pancaran itu sama dengan jumlah emisi yang dihasilkan selama setahun penuh oleh lebih dari 1.100 rumah rata-rata di Amerika.

Rystad mengatakan daripada membakar gas itu, Rusia seharusnya merelakan gas itu untuk Eropa melalui pipa.

Gazprom, perusahaan energi negara Rusia, tidak segera menanggapi permintaan komentar CNN.

Ekspor gas Rusia ke Eropa turun 77 persen sepanjang tahun ini dibandingkan periode sama 2021 lalu. Penurunan merupakan imbas dari kemelut di blok itu yang dipicu perang Rusia dengan Ukraina.

Padahal sebelum konflik terjadi, Moskow menyumbang 45 persen dari total impor gas Uni Eropa.


Baca artikel CNN Indonesia "Rusia Bakar Gas Rp148,5 M per Hari di Tengah Krisis Energi Eropa" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20220827121035-85-839783/rusia-bakar-gas-rp1485-m-per-hari-di-tengah-krisis-energi-eropa.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved