Berita Energi
Program Optimalisasi Penyediaan Akses Akses Air Bersih di Kampung Kayas dipaparkan Dalam Konferensi Internasional

Published by: PT Kilang Pertamina Internasional 21 July 2022
Di baca: 10 kali
Rabu (20/07/2022) PT Kilang Pertamina Internasional yang diwakili oleh Dodi Yapsenang memaparkan program CSR perusahaan dalam menyediakan akses air bersih bagi masyarakat Kampung Klayas dalam ajang The 2nd International Conference on Communication Science di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Konferensi Internasional yang digelar oleh ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) pada 20-21 Juli 2022 ini dihadiri oleh puluhan praktisi dan akademisi di bidang komunikasi. PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim pada kesempatan kali ini mengangkat strategi pemberdayaan masyarakat dengan menerapkan pendekatan kebudayaan dan participatory development model dapat menghasilkan kolaborasi yang baik antara perusahaan dan masyarakat. Kolaborasi yang harmonis inilah yang kemudian menjadi faktor meningkatnya taraf keberhasilan program yang dilakukan.

“Tentu dalam melaksanakan program, kami sudah mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi sejak proses perencanaan. Masyarakat dari awal, sudah kami berikan kesempatan untuk dapat mengemukakan pendapat terkait program CSR yang akan dilaksanakan, jadi mereka tidak hanya sekedar menerima apa yang kami berikan tetapi juga menerima edukasi bagaimana memanfaatkam air,mengelola,mengatur dan juga memelihara,serta menjaga sumber air itu sendiri sehinga keberlangsungan nya bisa tetap terjaga.

Kalo sebelumnya air yg mereka terima tidak terkelola dengan baik, mengalir begitu saja tampa di atur jadwalnya,yang pada akhirnya beberapa rumah tidak menerima akses air tersebut,kemudian kemudian juga air nya sendiri tidak layak pakai karna berwara coklat dan berbau,sehinga PHBS di masyarakat sendiri jadi tidak perduli dgn PHBS itu.

Setelah program ini,di mana kami membentuk dewan air yang akan mengelola,mengatur,menjaga air sehinga mereka bisa memperoleh akses air bersih di kampung mereka sendiri” ujar Dodi Yapsenang dalam kesempatan tersebut.

Dipaparkannya program CSR PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim dalam ajang internasional ini menjadi langkah baik dalam upaya menyebarkan cerita-cerita unik dan khas dari Tanah Papua. 

“Kami sangat senang, dapat berpartisipasi dalam konferensi ini. Ini menjadi progress kecil yang membanggakan, tidak hanya untuk perusahaan, namun kami harap masyarakat kami juga turut senang karena cerita mereka bisa didengar dunia. Semoga kedepan akan ada lagi kesempatan baik seperti ini,” kata Yusuf Mansyur selaku General Manager PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim dalam kesempatan terpisah.

Dalam kesempatan ini, PT KPI memaparkan program CSR pemenuhan akses air bersih kepada 73 kk di  Kampung Klayas yang sebelumnya tidak dapat merasakan air bersih. Berkat program ini, terjadi peningkatan penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di tengah masyarakat.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved