Berita Kampus
Prodi Komunikasi UPER Beri Edukasi Interpersonal Communication Skill pada Siswa SMA

Published by: Universitas Pertamina 31 August 2022
Di baca: 11 kali
Jakarta, 31 Agustus 2022 – Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina mengadakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 10 Bogor pada Senin (29/8/2022). Program ini merupakan program perdana dari Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina.

Kegiatan ini lahir dari diskusi yang dilakukan oleh dosen pengampu dan mahasiswa komunikasi Angkatan 2021 pada saat melaksanakan kelas Kompetensi Komunikasi Antar Pribadi (KKAP). Program ini melibatkan mahasiswa komunikasi Angkatan 2021, dan didampingi oleh dosen pengampu Mata Kuliah Kompetensi Komunikasi Antar Pribadi (KKAP), yakni Ibu Atiqa Khaneef Harahap, S.I.Kom., M.Si. dan Ibu Dr. Ir. Farah Mulyasari, M.Sc.

Data riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi gangguan mental emosional yang ditunjukkan gejala depresi dan kecemasan untuk usia 15 tahun ke atas mencapai sekitar 6,1% dari jumlah penduduk Indonesia atau setara dengan 11 juta orang. Oleh karena itu, Depresi pada remaja bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti tekanan dalam bidang akademik, perundungan (bullying), faktor keluarga, dan permasalahan ekonomi (EGSA GEO UGM, 2020).

Remaja perlu dibekali interpersonal communication skill yang baik sehingga dapat memiliki relasi yang baik dengan orang lain dan terhindar dari kondisi-kondisi tidak diinginkan yang muncul dari ketidakmampuan untuk terhubung dengan orang lain di masa peralihan yang sangat kritikal.

Berangkat dari diskusi tersebut, maka kegiatan ini mengusung tema “Communicate with Love and Understanding’’ dengan tujuan untuk meningkatkan interpersonal communication skill siswa SMA. Menurut Atiqa dan Farah, dosen pengampu Mata Kuliah Kompetensi Komunikasi Antar Pribadi (KKAP), ada dua hal penting dari topik yang mau disampaikan, love (cinta) dan understanding (memahami). Ini adalah bagian penting dalam menciptakan kesepahaman (dalam membangun hubungan melalui komunikasi).

“Jadi kita mau sampaikan bahwa komunikasi itu perlu diusahakan. Kalau mau menciptakan hubungan (komunikasi) yang bahagia, kita perlu melengkapi diri dengan skill komunikasi antar pribadi seperti listening, speaking, dan respect agar relationship berjalan menyenangkan. Kita mau berbagi ini (pengetahuan) ini ke adik-adik SMA,” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi yaitu sesi pertama berupa pemberian materi dan dilanjutkan dengan group playing untuk mempertajam pemahaman peserta kegiatan. Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan ±100-an siswa yang tersebar di 3 kelas. Suasana di dalam kelas sangat meriah akibat antusias siswa SMA Negeri 10 Bogor sangat tinggi. Interaksi di dalam kelas semakin erat dan meriah akibat pemaparan materi yang disampaikan oleh rekan mahasiswa relate dengan kehidupan sehari-hari. [RF]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved