Berita Kampus
Persiapan Lanjut Jenjang Pendidikan

Published by: Universitas Pertamina 11 November 2021
Di baca: 12 kali
Jakarta, 07 Juli 2021 -  Badan Pusat Statistika (BPS) mencatat bahwa jumlah pengangguran di Indonesia per Februari 2021 mencapai 1 juta orang untuk tingkat pendidikan universitas. Lulusan sarjana 1 (S1) merupakan penyumbang jumlah pengangguran terbanyak dalam kategori pendidikan tinggi.

Jumlah pengangguran yang terus meningkat menimbulkan rasa kecemasan bagi mahasiswa yang sedang mengemban pendidikan tinggi S1. Ketika memasuki masa akhir masa perkuliahan S1, mahasiswa akan dihadapkan oleh pilihan apakah melanjutkan pendidikan S2 atau bekerja. Bagi sebagian orang melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi dapat menambah pengetahuan yang dapat menjadi bekal bagi dirinya untuk bekerja. Dilain sisi bekerja merupakan pilihan bagi sebagian orang untuk mendapatkan keterampilan dan pengalaman secara langsung di dunia pekerjaan.

Naeli Fitria, MA. merupakan dosen Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Pertamina serta coach dalam layanan Career Development Center Universitas Pertamina (CDC-UP). Naeli sebagai coach career menjelaskan bahwa mahasiswa akan mengalami fase kebimbangan dalam memilih melanjutkan karirnya setelah S1. Menurut Naeli, bekerja bisa banyak pengalaman dan studi S2 lebih siap karena banyak pengalaman untuk melakukan pendidikan lanjutan, kaya akan isu untuk mendalami untuk dibuat penelitian.

Berdasarkan pengalaman pribadinya, Naeli membagikan bahwa untuk mengatasi rasa cemas atau bimbang tersebut mahasiswa dapat memaksimalkan masa belajarnya ketika S1. “Kita dapat memaksimalkan masa studi S1 kita, seperti menambah keterampilan dan memperluas relasi. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu mengikuti organisasi di eksternal. Dengan itu relasi kita dapat berasal dari latar belakang yang beragam”, jelas Naeli dalam sharing sessions Live Instagram (../..).

Peneliti mengungkapkan bahwa kecenderungan mahasiswa mengalami cemas saat melamar pekerjaan. Hal ini karena mereka tidak yakin untuk memberikan jawaban terbaik dalam proses wawancara. Untuk menangani kecemasan ini, Naeli memberikan saran bahwa kita bekerja harus berdasarkan dengan passion

“Bekerja itu harus berdasarkan passion, dengan ini kita akan mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan yang lebih banyak.”, jelas Naeli.

Naeli turut memaparkan bahwa tidak ada salahnya jika mahasiswa memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister atau S2 setelah lulus dari S1. Untuk melanjutkan pendidikan magister harus memiliki persiapan yang cukup baik. Mahasiswa harus memiliki tujuan dan fokus apa yang ingin dikembangkan dalam melanjutkan pendidikan. Naeli membagikan pengalamannya ketika mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi di University of Birmingham, Inggris, menurutnya kita sebagai mahasiswa harus giat dalam mencari informasi tentang beasiswa dan pendaftaran dalam melanjutkan studi. Saat ini informasi sudah banyak tersebar di Internet yang dapat dengan mudah untuk dijangkau.


Kekhawatiran mahasiswa terhadap masa depan setelah lulus S1 tidak dapat dihindari. Universitas Pertamina kini memiliki layanan coaching mengenai karir bagi masing-masing pribadi. Mahasiswa serta alumni Universitas Pertamina kini dapat memanfaatkan layanan Career Development Center (CDC) dalam mendapatkan arahan dan bimbingan dalam menentukan karir dimasa depannya.


 

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved