Berita Energi
Perpres Tarif EBT di Depan Mata, Semua Menteri Sudah Teken

Published by: cnbcindonesia.com 08 July 2022
Di baca: 2 kali
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan Peraturan Presiden (Perpres) tentang tarif pembelian tenaga listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan (EBT) hampir final. Pasalnya, semua Menteri yang terlibat di dalamnya sudah memberikan paraf.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana belum dapat memastikan kapan Perpres EBT terbit. Namun yang pasti, semua proses di level Menteri telah usai.

"Sudah hampir final yang Perpres EBT sudah diparaf oleh para menteri. Ya harus secepatnya karena ini sudah di paraf," kata Dadan saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Kamis malam (8/7/2022).

Di samping itu, Dadan juga menyebut jika Perpres EBT ini tidak perlu menunggu Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru dan Energi Terbarukan (EB-ET) terbit terlebih dahulu. "Oh nggak (nunggu). Perpres jalan dulu. Perpres kan untuk eksekusi di pelaksanaan kan," ujarnya.

Untuk diketahui, meskipun sudah finalisasi sejak 2020, dan sudah di meja Setneg sejak awal tahun 2021, namun nyatanya hingga kini Perpres tersebut belum juga terbit.

Melalui Perpres EBT pengembangan EBT digadang-gadang akan lebih masif. Akan tetapi, di sisi lain Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pengembangan EBT akan membutuhkan ongkos yang mahal.

Pasalnya, listrik yang diproduksi dari energi fosil masih lebih murah daripada EBT. Dengan mahalnya harga listrik berbasis EBT, maka artinya akan ada tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

Presiden pun menegaskan agar beban tambahan biaya ini jangan sampai dibebankan kepada negara maupun rakyat. Jokowi mengakui, negara tidak akan mampu nombok ratusan triliun untuk transisi energi ke energi terbarukan ini dan dia pun tidak menginginkan ini dibebankan ke rakyat dengan menaikkan tarif listrik.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved