Berita Kampus
Pentingnya Menyusun Owner Estimate dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Published by: Universitas Pertamina 18 July 2022
Di baca: 22 kali
Jakarta, 18 Juli 2022 - Universitas Pertamina selenggarakan webinar tentang Harga Perkiraan Sendiri dalam pengadaan barang dan jasa (14/7). Webinar ini dihadiri oleh segenap dosen Universitas Pertamina. Materi webinar disampaikan oleh Dr. Tedy Wachyudi, selaku Ketua Satuan Pengawas Internal dan Plt. Wakil Rektor II Tahun 2020-2021.

Pada webinar kali ini, Tedy menyampaikan pengadaan barang dan jasa memiliki ketentuan yang diatur dalam sejumlah peraturan menteri dan peraturan presiden. “Ini tujuannya untuk menindak tegas bila ada oknum-oknum yang nakal saat melakukan pengadaan barang dan jasa”, ujar Tedy.

Pengadaan barang dan jasa sejatinya merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari bergeraknya sebuah organisasi. Menurut Tedy, pengadaan barang dan jasa diperlukan guna memenuhi kebutuhan organisasi.

“Kebutuhan akan barang dan jasa organisasi bisa bermacam-macam, bisa dalam bentuk proyek non-fisik seperti pengembangan website organisasi, lalu proyek fisik misalnya pembangunan fasilitas, dan bisa juga berbentuk investasi seperti pengadaan peralatan” jelas Tedy.

Sebelum memilih vendor pengadaan barang dan jasa, lanjut Tedy, ada serangkaian proses yang perlu dilakukan, salah satunya menganalisis harga perkiraan sendiri (HPS). Analisis HPS diperlukan utamanya agar organisasi bisa mendapatkan penawaran harga wajar yang paling menguntungkan.

Dalam menganalisis HPS, terdapat langkah-langkah yang perlu dilakukan, diantaranya sebagai berikut:
1. Pelajari dan pahami rencana pengadaan barang dan jasa,
2. Susun beberapa rencana pengadaan barang dan jasa sebagai antisipasi bila terjadi perubahan,
3. Lakukan survey terkait harga, bisa dilakukan dengan membandingkan penawaran harga dari berbagai vendor, harga pasar, dan harga resmi dari pabrikan,
4. Susun rancangan harga perkiraan sendiri.

“Selain untuk mendapatkan harga yang wajar, HPS juga diperlukan untuk mengevaluasi seluruh rangkaian proses pengadaan barang dan jasa dari awal hingga akhir.” jelas Tedy.

Melalui kegiatan ini Tedy berharap ke depannya baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Universitas Pertamina bisa mendapatkan wawasan baru sehingga pengadaan barang dan jasa di Universitas Pertamina menjadi lebih efektif dan efisien. [RD]


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved