Berita Kampus
MOVE UP: Berkarya Lewat Film Pendek

Published by: Universitas Pertamina 16 February 2022
Di baca: 15 kali
Jakarta, Universitas Pertamina - Film pendek menjadi salah satu film yang digandrungi oleh kaum remaja dan bertumbuh sepanjang waktu. Adanya pandemi Covid-19 berpengaruh pada tertundanya proses pengambilan gambar. Covid-19 juga membawa beberapa dampak seperti mengalami rasa jenuh, berkurangnya teman untuk diajak berinteraksi dan berkomunikasi, terhambatnya pendidikan, bahkan banyak nyawa yang meninggal dunia. Dari peristiwa tersebut kita dapat mengekspresikannya melalui sebuah film.

Berdasarkan pemaparan diatas, maka Prodi Komunikasi dengan Himpunan Mahasiswa Universitas Pertamina melakukan kolaborasi untuk mengadakan kegiatan Move UP. Move UP merupakan program unggulan tahunan yang mengusung acara seputar dunia perfilman.

Pada 10 November 2021 - 31 Januari 2022 lalu, Move UP mengadakan ajang kompetisi film pendek dengan sasaran siswa SMA/sederajat. Tema yang diusung dalam acara ini yaitu “Romantika Generasi Z di Masa Pandemi”. Romantika merupakan kisah lika-liku kehidupan, baik tentang persoalan kehidupan sehari-hari, kesepian atau jenuh karena pandemi, dan keresahan akan keadaan di masa depan.

“Perlombaan festival film pendek tersebut berhasil menarik 24 tim yang berasal dari SMA/sederajat di seluruh Indonesia. Namun adanya beberapa kendala dan ketidaksesuaian dengan syarat dan ketentuan yang berlalu, pihak panitia Move UP hanya menerima 19 tim yang diperlombakan,” ujar Netti Anjelina selaku ketua pelaksana festival film Move UP.

19 tim tersebut diantaranya berasal dari SMAK Diponegoro Blitar, MAN 1 Belitung, SMK YPM 8 Sidoarjo, SMK Sahid Jakarta, SMAN 1 Magetan (Mengirimkan dua tim), SMA N 1 Slogohimo, SMA Selamat Pagi Indonesia, SMAN I Indralaya, SMA Sedes Sapientiae Semarang, SMAN 2 Madiun, SMKN 3 Kota Bengkulu, SMKN 1 Cerme, SMKN 2 Buduran Sidoarjo, SMK N 1 Jakarta, SMK Cakra Buana, SMA N 3 Jombang, SMK Bakti Utama Pati, dan SMAK Kalam Kudus Bandung.

Tim yang berhasil merebut juara 1 yaitu SMK Cakra Buana dengan judul film “Habis Waktu”. Juara 2 yaitu SMAN 3 Jombang dengan judul film “Daring”. Juara 3 yaitu MAN 1 Belitung dengan judul film “Mengejar Mimpi di Pandemi”. Dan juara favorite yaitu SMAN 1 Indralaya dengan judul film “Saro”.

Berikut cuplikan karya para pemenang
Juara 1: SMK Cakra Buana dengan judul film “Habis Waktu”

 Juara 2: SMAN 3 Jombang dengan judul film “Daring”

Juara 3: MAN 1 Belitung dengan judul film “Mengejar Mimpi di Pandemi”

Juara favorite: SMAN 1 Indralaya dengan judul film “Saro”

Salah satu juri perlombaan film pendek Move UP yaitu Iwan Kurniawan sebagai jurnalis majalah Tempo, pembicara di berbagai festival film, dan juri tahunan festival film Tempo mengatakan karya dari ke 19 tim yang berpartisipasi dalam perlombaan ini sangat luar biasa, keren, dan kreatif. Sehingga membuat ketiga juri sangat sulit menentukan para juara. Kegiatan ini sangat bagus untuk dikembangkan, agar memiliki generasi penerus di dunia perfilman dan dapat mengangkat karya film anak bangsa Indonesia di kancah internasional.

Dr. Mohammad Ichlas El Qudsi, S.Si., M.Si. Selaku Ketua Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina berharap kedepannya kegiatan festival film ini dapat menjangkau wilayah yang lebih luas sampai skala internasional.
“Kegiatan festival film Move UP diharapkan dapat menjadi wadah bagi generasi milenial untuk terus mengasah kemampuannya khususnya dalam dunia perfilman,“ Ujar Dr. Mohammad Ichlas El Qudsi, S.Si., M.Si.

Bagi siswa-siswi SMA/sederajat yang ingin mendalami dunia perfilman seperti cara menulis naskah yang baik, jurnalistik, dan penyiaran, Program Studi Komunikasi Universitas Pertamina dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mendalami bidang tersebut.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved