Berita Energi
Menperin: Sektor Industri Serap 40% dari Total Kebutuhan Energi Nasional

Published by: okezone.com 04 July 2022
Di baca: 10 kali
JAKARTA – Sektor industri memerlukan dukungan pasokan energi yang besar. Untuk itu, Kemenperin berupaya mendukung ketersediaan dan pasokan energi yang berkesinambungan.

"Guna mendorong kinerjanya, sektor industri memerlukan dukungan pasokan energi yang berkesinambungan. Mengingat sektor industri menyerap hingga 40% dari total kebutuhan energi nasional, atau terbesar setelah sektor transportasi," kata ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dilansir dari Antara, Selasa (5/7/2022).

Hal itu dikemukakannya pada rapat kerja bersama Kemenperin dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Bogor, kemarin. Menperin mengatakan tidak stabilnya kondisi geopolitik global yang dipicu oleh perang antara Rusia dan Ukraina membuat harga komoditas energi internasional naik dan mengganggu pasar.

Hal itu, kata dia, memberatkan aktivitas sejumlah sektor industri di Tanah Air, mengingat komposisi bahan baku menyumbang 87,25% dari total biaya produksi dan kontribusi bahan bakar, tenaga listrik, dan gas sebesar 5,87%.

Pada 2019 sektor industri mengonsumsi energi sebanyak 389,4 juta Setara Barel Minyak (SBM) dengan jenis energi berupa batu bara, gas, dan listrik, selain minyak solar dan minyak bakar.

"Dari total konsumsi energi tersebut, sebanyak 85% digunakan sebagai bahan bakar, sedangkan 15% sisanya digunakan sebagai bahan baku produksi (feedstock),” kata Menperin.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved