Berita Kampus
Menjadi Pemimpin: Kini , Nanti , dan Seterusnya

Published by: Universitas Pertamina 07 December 2021
Di baca: 50 kali
Jakarta, 7 Desember 2021 - Mahasiswa merupakan yang memegang peranan penting dalam memajukan sebuah bangsa. Julukan “agent of change” yang melekat pada label mahasiswa, sudah seharusnya dipahami untuk memupuk diri sebagai generasi pemimpin bagi negara di kemudian hari. Untuk menjadi seorang pemimpin perlu kesiapan dan banyak bekal yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dalam membawa perubahan. 

“Menjadi pemimpin itu melekat pada behaviour kita,  untuk itu kita perlu memiliki skill conceptual, skill human relation dan skill teknikal yang merupakan bagian dari untuk bersiap-siap menjadi seorang pemimpin” ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral 2014-2016, Sudirman Said, S.E, M.B.A dalam webinar bertajuk Cipta Karsa Batch X secara daring Sabtu, (04/12).

Dalam paparannya, Sudirman Said mengatakan bahwa kepemimpinan adalah perilaku atau upaya mempengaruhi orang lain agar bertindak secara sukarela mengikuti atau mengerjakan sesuatu yang dikehendaki pihak yang mempengaruhi. “Untuk menjadi seorang pemimpin bisa menjadi selama-lamanya tidak akan pernah pensiun m karena sikap dan perilaku melekat pada diri kita” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Sudirman Said menjadi seorang pemimpin kini, nanti maupun seterusnya harus memiliki karakter dan keterampilan kepemimpinan. Adapun 10 karakter dan keterampilan yang harus dimiliki : 
  1. Jujur, menjaga kredibilitas (credible)
  2. Pandangan jauh ke depan (visionary)
  3. Menguasai bidang yang diurusnya (competent)
  4. Mampu mengambil keputusan dengan tepat (decisive)
  5. Memiliki energi dan dorongan untuk berprestasi (strong drive to success)
  6. Memiliki rasa percaya diri dan keberanian (confident and courage)
  7. Mampu mengendalikan diri dalam krisis (calmness in crisis)
  8. Memiliki keahlian berkonsep
  9. Loyal, berinisiatif tinggi dan memiliki kemauan mengarahkan orang lain
  10. Memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap lingkungannya

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2014-2016 juga mengajak para mahasiswa Universitas Pertamina untuk menjadi pemimpin. “Saya mengajak adik-adik semua untuk menjadi be a true leader, yang mulai membangun sikap, kejujuran, kompetensi , rasa percaya diri sejak kini untuk menjadi pemimpin dimasa yang akan datang” tutupnya. (LT)

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved