Berita Energi
KTT Menlu G20, Jepang Fokus Isu Akhiri Invasi Rusia di Ukraina hingga Ketahanan Pangan dan Energi

Published by: liputan6.com 10 July 2022
Di baca: 4 kali

Liputan6.com, Bali - Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 pada 8 Juli 2022. Selama kurang lebih 15 menit sekitar pukul 19.05 WIB, beliau mengadakan Pertemuan Menteri Luar Negeri dengan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno L.P. Marsudi.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Hayashi menyampaikan rasa hormatnya kepada Menteri Retno atas kepemimpinannya pada Pertemuan KTT Menlu G20 sebagai ketua, dan menyampaikan dukungan berkelanjutan Jepang bagi keberhasilan Indonesia dalam KTT G20 Bali.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Retno mengucapkan terima kasih atas hal tersebut. Menteri Retno juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dalam peristiwa yang begitu memilukan.

"Mengenai situasi di Ukraina, salah satu topik diskusi dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G20, kedua Menteri menegaskan bahwa setiap upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan paksa tidak dapat diterima di mana pun di dunia," demikian disampaikan pihak Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, yang dikutip Sabtu (9/7/2022).

Selain itu, juga disampaikan bahwa kedua Menteri bertukar pandangan tentang situasi di Myanmar.

"Menteri Hayashi menyatakan keprihatinan atas tindakan baru-baru ini termasuk persetujuan eksekusi hukuman mati dan pemindahan Aung San Suu Kyi ke penjara."

Menteri Hayashi juga menegaskan kembali bahwa Jepang akan terus mendukung penuh upaya ASEAN yang akan dipimpin oleh Indonesia tahun depan. Menanggapi hal tersebut, Menteri Retno menjelaskan tentang upaya ASEAN dan pandangannya terhadap prospek ke depan.

Kedua Menteri juga membahas cara untuk lebih memajukan kerja sama bilateral di bidang-bidang seperti pengembangan infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia, kerja sama alutsista, dan keselamatan maritim.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved