Berita Energi
Indonesia Digadang jadi Jagoan Transisi Energi di ASEAN

Published by: liputan6.com 19 September 2022
Di baca: 2 kali
Indonesia Digadang jadi Jagoan Transisi Energi di ASEAN

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark, Flemmimg Møller Mortensen menilai Indonesia berpotensi menjadi pemimpin Asia Tenggara dalam transisi energi. Alasannya, kekayaan alam di Indonesia sangat melimpah.

"Dan ketika kami melihat Indonesia, kami melihat sumber alam yang melimpah untuk transisi energi," ucap Flemming dalam menyampaikan sambutan pada side event G20 di Belitung, Rabu (7/9).

Dia menuturkan, kunci agar Indonesia menjadi negara pemimpin transisi energi yaitu kebijakan yang transparan, dan mampu menggaet pihak swasta dalam berinvestasi transisi energi.

Selain itu, Flemming menuturkan bahwa Indonesia juga memiliki ambisi yang besar untuk menjadi negara pemimpin transisi energi. Terlebih lagi, energi berbasis fosil yang semakin berkurang, sekaligus mahalnya biaya subsidi yang akan diberikan untuk bahan bakar fosil.

"Cadangan energi fosil yang dituntut untuk segera ada reformasi, dan mahalnya biaya subsidi untuk bahan bakar fosil," ucapnya.

Sementara itu, Menteri Pengembangan dan Perencanaan Nasional Suharso Monoarfa menyampaikan, pada 2045 blue economy merupakan bagian dari agenda transformasi ekonomi Indonesia. Hal ini ia sampaikan dalam side event G20 mengenai peta jalan pengembangan blue economy Indonesia.

"Misi kami, 2045 blue economy akan menjadi bagian dari agenda transformasi ekonomi," ucap Suharso di Belitung, Rabu (7/9).

Suharso menuturkan, pernyataan optimis tersebut mempertimbangkan potensi dan modal besar yang dimiliki Indonesia dalam menerapkan ekonomi biru atau economy blue.

Perlu diketahui, merujuk penjelasan Bank Dunia, blue economy merupakan keberlanjutan pemanfaatan sumber laut demi pertumbuhan ekonomi, meningkatkan mata pencaharian dan pekerjaan, bersamaan dengan menjaga kelestarian ekosistem laut.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved