Berita Kampus
Festival PPKM: Pemanfaatan Teknologi bagi Dunia Pendidikan di Indonesia

Published by: Universitas Pertamina 15 November 2021
Di baca: 12 kali
Jakarta, 1 September 2021- Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia pada Maret 2021, segala aktivitas sosial masyarakat mengalami perubahan yang cukup drastis. Masyarakat di tuntut untuk membatasi kegiatan yang dilakukan secara tatap muka dan digantikan dengan kegiatan yang dilakukan secara jarak jauh melalui media berbasis Internet.

Kementerian Komunikasi dan Informasi mengungkapkan bahwa setidaknya terjadi peningkatan dalam penggunaan media digital sebesar 40 persen untuk memenuhi kebutuhan dalam berinteraksi. Salah satu bidang yang mengalami perubahan signifikan dalam pemanfaatan media digital yaitu pendidikan. Sektor pendidikan menjadi sektor yang sangat berdampak karena pandemi Covid-19. Pembelajaran di institusi pendidikan harus diubah menjadi pembelajaran dengan sistematika jarak jauh atau dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring menuntut tiap institusi memiliki terobosan untuk menyediakan fasilitas pembelajaran yang layak bagi para peserta didik.

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta memaparkan bahwa setidaknya setiap instansi mampu memberikan fasilitas media pembelajaran yang memadai sesuai dengan kebutuhan bagi tiap peserta didik dan pengajar. Dilain sisi, dinas pendidikan DKI Jakarta menjelaskan bahwa penggunaan media digital atau teknologi dalam bidang pendidikan juga berdampak baik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia
“Pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan kemampuan belajar, kreativitas peserta didik serta meningkatkan minat belajar”, tambahnya

Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam pendidikan nyatanya tidak hanya dikarenakan oleh pandemi Covid-19. Perkembangan teknologi yang makin masif menyebabkan kebutuhan industri turut berorientasi pada kemampuan digitalisasi para sumber daya manusia. Demi mewujudkan kompetensi dalam digitalisasi, Binar Academy menjadi salah satu platform pendidikan berbasis teknologi untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia teknologi.

Binar Academy merupakan sebuah platform pendidikan dan pengajaran dengan sistem pembelajaran berbasis teknologi. Dita Aisyah selaku Co-Founder Binar Academy mengungkapkan kekhawatirannya dalam permasalahan kapabilitas sumber daya manusia di Indonesia yang belum mampu bersaing di era teknologi. Berorientasi pada bidang pendidikan, Dita mengakui bahwa penggunaan teknologi memberikan dampak yang besar dalam penyelenggaraan pendidikan.

“Kini proses pembelajaran dapat melalui media berbasis internet yang dapat memudahkan para peserta didik untuk mendapatkan ilmu. Selain itu keterjangkauan biaya juga dapat menjadi pertimbangan efektivitas pendidikan online”, tambah Dita.
Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan ternyata sudah mulai dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Pertamina. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pertamina kini berhasil menciptakan beberapa aplikasi yang bergerak pada bidang pendidikan. Aplikasi tersebut antara lain Aplikasi CERIA, Calculus Game dan Virtual Reality untuk terapi anak Autism Spectrum Disorder.

Meredita Susanty selaku dosen program studi Ilmu Komputer menjelaskan bahwa pengembangan aplikasi tersebut didukung oleh pembelajaran di institusi pendidikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dalam menjawab permasalahan. Selain itu, pengembangan aplikasi tersebut juga mengajak kolaborasi antar universitas di Indonesia, seperti aolikasi Virtual Reality untuk terapi anak Autism Spectrum Disorder turut bekerja sama dengan program studi Psikologi, Universitas Padjadjaran.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved