Berita Kampus
Commniafest 2022: Citizen Journalism Digital Era

Published by: Universitas Pertamina 18 July 2022
Di baca: 11 kali
Jakarta, 18 Juli 2022 -  Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Pertamina kembali mengadakan kegiatan tahunan yaitu Commniafest. Commniafest 2022 kali ini mengadakan dua kegiatan yaitu pelatihan citizen journalism serta perlombaan video citizen journalism dan microblogging.  Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua sesi pada 16-17 Juli 2022.

Pelatihan citizen journalism sesi 1 mengundang narasumber Muchamad Fauzi Djamal. Narasumber yang akrab disapa Fauzi ini merupakan jurnalis, news producer dan news ticker Metro TV. Materi yang disampaikan Fauzi mengusung topik “Citizen, Journalism, Kita”.

Jurnalistik merupakan suatu kegiatan yang terdiri dari proses 6M (mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi) melalui media massa. Fauzi melanjutkan, jurnalistik berkaitan erat dengan pers dan berita. 

Pers memiliki peranan sebagai pelapor, bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa-peristiwa di luar mengetahui masyarakat dengan netral dan tanpa prasangka. Selain Itu, pers juga berperan sebagai interpreter yang memberikan penafsiran pada suatu peristiwa.

Terkait “Citizen, Journalism, Kita”, siapapun dengan latar belakang pendidikan, status sosial, dan gender dapat dan boleh menulis di media massa. Bertujuan untuk menyampaikan informasi, mencurahkan pendapat, mengungkapkan gagasan, ide, kritik, keluhan, maupun saran.

“Sebagai seorang jurnalis, ada banyak hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh di dilakukan dalam peliputan dan pembuatan berita, seperti menayangkan seksualitas dan kekerasan. Peraturan yang mengatur terkait pers yaitu UU Pers No 40 Tahun 1999,” ujar Fauzi dalam pemaparan materinya.

Selanjutnya, pada sesi 2 pemaparan materi pelatihan Citizen Journalism di isi oleh narasumber Harry Rafli. Harry saat ini berprofesi sebagai Library News Rajawali TV dan Pengurus AJI Jakarta. Pada kegiatan ini Harry menyampaikan tiga topik terkait citizen journalism, microblogging, dan video journalism.

Microblogging, menurut Harry merupakan pembuatan pesan atau pos singkat di website atau platform media sosial. Konten pendek yang dibuat untuk microblogging bertujuan untuk memberikan informasi singkat dan pada pada orang lain.

Microblogging memiliki banyak bentuk seperti audio, video, foto, gambar (sketsa/desain/animasi), dan juga teks”, Jelas Harry.

Terdapat keunggulan microblogging, diantaranya:
  1. Konten lebih mudah dibuat.
  2. Konten lebih cepat dipahami.
  3. Cocok untuk informasi time sensitive.
  4. Komunikasi secara langsung.
  5. Akses ke jutaan pengguna media sosial.

Materi selanjutnya, Harry menjelaskan terkait video jurnalistik. Video jurnalistik memiliki definisi nilai berita, narasumber pendapat ahli, konfirmasi, verifikasi data dan memiliki unsur 5W + 1H. Sedangkan video jurnalis merupakan tugas seseorang yang perannya merangkap produser, videografer sekaligus jurnalis.

Ni Luh Made Yani selaku Ketua Commniafest 2022 menuturkan “Setelah banyak kendala yang dihadapi, akhirnya acara pelatihan citizen journalist Commniafest 2022 dapat diselenggarakan dengan baik. Panitia yang cukup sigap, peserta antusias, pembicara juga pengalamannya luar biasa. Untuk kedepannya semoga kegiatan Commniafest memiliki persiapan yang lebih matang lagi dan lebih baik”. [NA]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved