Berita Energi
BPH Migas: Pasokan Energi Selama Idul Fitri Tercukupi

Published by: kontan.co.id 12 May 2022
Di baca: 2 kali
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan penyediaan energi selama 17 hari siaga di momen Idul Fitri tercukupi. Posko Nasional ESDM Hari Raya Idulfitri 1443 H/Tahun 2022 yang berlangsung sejak tanggal 25 April sampai 11 Mei 2022 resmi ditutup hari ini, Rabu (11/5) oleh Kepala BPH Migas Erika Retnowati.

Selama pelaksanaan, pemantauan ketersediaan energi dan kebencanaan geologi selama 17 hari berjalan lancar dan aman. Masyarakat yang mudik ke kampung halaman maupun kembali ke kota tempat tinggal tidak mengalami kekurangan pasokan energi.

"Alhamdullilah, selama 17 hari kita memantau baik melalui posko Jakarta, maupun melalui monitoring di lapangan di seluruh Indonesia, ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup, tidak ada kendala berarti sehingga aktivitas mudik berjalan dengan aman dan lancar," ungkap Erika dalam keterangan resmi, Rabu (11/5).

Erika menjelaskan, selama periode arus mudik, secara nasional gasoline mengalami peningkatan 26%, dengan kenaikan penyaluran tertinggi yaitu pada tanggal 1 Mei 2022 (H-1 Idul Fitri) sebesar 36% terhadap sales normal, khususnya untuk BBM Jenis RON 90 puncak penyaluran tertinggi yaitu pada H-1 sebesar 46% terhadap sales normal, sedangkan gasoil turun 13% terhadap sales normal.

Pada arus balik gasoline meningkat 12%, dengan kenaikan penyaluran tertinggi yaitu pada tanggal 5 Mei 2022 (H+3 Idul Fitri) sebesar 29% terhadap sales normal. Sementara itu total gasoil turun 40% terhadap sales normal. Untuk wilayah dengan peningkatan konsumsi tertinggi terjadi di Kabupaten Brebes, dengan peningkatan konsumsi mencapai 813 Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 120% dibandingkan rerata normal yang hanya 368 KL/hari.

Badan usaha ritel sektor BBM juga terus melakukan monitoring agar stok dan distribusi di SPBU berjalan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan BBM sepanjang arus mudik dan balik.

Untuk konsumsi avtur, pada puncak arus balik Jumat, Sabtu, dan Minggu meningkat hingga 24% secara nasional. Kementerian Perhubungan mencatat pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencapai rekor tertinggi sejak pandemi pada hari Minggu (8/5/2022) atau H+5 Lebaran. Tercatat ada 1.130 penerbangan dengan 150.000 penumpang.

Untuk kondisi ketersediaan (stok) LPG selama masa Posko Nasional ESDM dalam kondisi NORMAL, dengan stok sebesar 346.461 MT dengan coverage days sekitar 14,61 hari.

Kondisi pasokan tenaga listrik pada saat, sebelum dan sesudah Idulfitri 1443 H untuk sistem kelistrikan di wilayah pengusahaan PLN umumnya berada pada kondisi "Pasokan Listrik Aman". Pada tanggal 2 - 3 Mei 2022 atau Hari Raya Idulfitri pertama dan kedua, secara umum dalam kondisi Aman dan tidak terdapat gangguan pada sistem ketenagalistrikan yang mengakibatkan pemadaman listrik.

Secara umum kejadian bencana geologi baik letusan gunung api, gempa bumi dan tsunami, serta gerakan tanah tidak mempengaruhi arus mudik dan arus balik pada Idulfitri 2022. Meskipun curah hujan di beberapa lokasi tinggi namun tidak menimbulkan kejadian gerakan tanah yang signifikan.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak, terutama kepada seluruh jajaran badan usaha yang terlibat langsung di lapangan," pungkas Erika.
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved