Berita Kampus
Benchmarking Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Pertamina ke TaniHub

Published by: Universitas Pertamina 13 September 2022
Di baca: 11 kali
Jakarta, 13 September 2022 - Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Pertamina mengadakan kegiatan diskusi dan benchmarking ke TaniHub bersama narasumber Wulung Anggara Hanandita, Ph.D.

Kegiatan ini dilaksanakan penuh secara saring melalui Zoom Meeting yang melibatkan Ketua Program Studi Ilmu Komputer dan Kimia, dosen, serta Mahasiswa/I Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Pertamina.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji atau mengevaluasi kekurangan serta kelebihan Fakultas Sains dan Ilmu Komputer Universitas Pertamina dengan studi kepada ahlinya langsung di industri.

Selain dari tujuan tersebut, pada kegiatan ini juga Muhammad Zaki AlMuzakki, dosen Program Studi Ilmu Komputer sekaligus moderator pada kegiatan ini, menjelaskan bahwa badan organisasi dan kegiatan Fakultas Sains dan Ilmu Komputer sedang mencari potensi untuk pembukaan program studi baru. 

Rencana dari Program Studi Komputer sedang menjajaki pembukaan program studi sarjana, sedangkan di Program Studi Kimia mencoba menjajaki pembelian di program studi magister. Harapannya melalui kegiatan ini terdapat beberapa rekomendasi terkait hal tersebut.

Narasumber yang akrab disapa Wulung yang saat ini menjabat sebagai  Vice President Data TaniHub, bertugas memimpin tim data analis, data engineering, data scientist, dan machine learning engineering. Tugas yang dijalankan beliau tersebut tentunya sangat berkaitan dengan Program Studi Ilmu Komputer dan Kimia. 

Wulung menjelaskan, "Dalam dunia analisis data terdapat beberapa kompetensi yang dibutuhkan untuk calon pekerja atau mahasiswa, seperti;"
  1. Harus mengetahui dan memahami apa itu data analisis, data science, dan data engineering.
  2. Jujur.
  3. Teliti dan rapi.
  4. Kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal yang baik, karena kemampuan komunikasi merupakan hal yang sangat sulit.
  5. Paham akan coding.

"Intinya kompetensi atau kemampuan dalam bidang hard dan soft skills sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan di industri", tegas Wulung.

Diskusi dan benchmarking ini berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari pertanyaan Bapak/Ibu dosen serta Mahasiswa/I yang diajukan kepada narasumber. Contohnya, Julius Christian Mahasiswa Ilmu Komputer Angkatan 2022 bertanya "Data analisis dan scientific tersulit seperti yang akan dihadapi di mahasiswa ketika beralih ke dunia industri?".

Wulung menjawab "Sejauh ini bidang yang menurut saya sulit yaitu bisnis konteks, karena banyak hal yang harus diperiksa dan perlunya pemahaman dan ketelitian yang tinggi. Namun selagi kita mau berlatih dan belajar dengan konsisten semua hal tidak akan terasa sulit." [NA]
Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved