Berita Kampus
Belajar Menjadi Pembawa Berita Melalui Webinar #BertamuBiarKaryaIlmuVol.2

Published by: Universitas Pertamina 11 November 2021
Di baca: 8 kali
Jakarta 14 Agustus 2021 - #BertamuBiarKaryaIlmuVol.2 merupakan webinar yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Media Kampus Universitas Pertamina yaitu PERISAI yang memberikan ilmu serta pengetahuan seputar dengan bidangnya. Pada 24 Juli 2021, UKM PERISAI menyelenggarakan webinar #BertamuBiarKayaIlmuVol.2 dengan tema News Anchor In Public Eyes membahas lebih dalam seputar dengan pembawaan berita di televisi.

Webinar yang bertajuk #BertamuBiarKayaIlmuVol.2 menghadirkan narasumber yaitu Jihan Novita yang merupakan seorang News Anchor Kompas Tv dan produser disejumlah stasiun Tv.

Dalam sambutannya, Dr. Mohammad Ichlas El Qudsi SSi.MSi yang menyampaikan pentingnya untuk menggali banyak hal. “PERISAI merupakan UKM yang mengembangkan pemahaman dan pendalaman terkait dengan aktivitas kemediaan, untuk itu harapan saya kegiatan ini merupakan salah satu kesempatan untuk mengembangkan diri , membangun karakter, dan wawasan, Sehingga pada kesempatan ini temen-teman bisa menggali lebih banyak hal-hal yang perlu diketahui.” Ungkapnya

Dalam materi yang dibawakan oleh Jihan Novita sebagai News Anchor bukanlah pembawa berita yang tampil dilayar studio saja , namun memiliki tugas yang sesungguhnya yaitu Jurnalis. “ News anchor yang membawa berita di studio sebenarnya itu adalah bonus dan memang ada beberapa sebagian News Anchor hanya menyiarkan dan mempresentasikan berita di televisi. Tetapi sebenarnya News Anchor sesungguhnya ia adalah seorang jurnalis dan ini yang membedakan kualitas News Anchor yang satu dengan yang lainnya” Ujarnya 

Jihan menjelaskan sebagai News Anchor harus memiliki kemampuan yang bisa dipersiapkan sejak saat ini. Adapun kemampuan yang harus dimiliki sebagai News Anchor dapat dilihat dalam beberapa aspek yaitu memiliki kepekaan dan kejelian, berwawasan, memiliki passion, kemampuan public speaking yang baik , mudah beradaptasi dengan bidang dan pihak serta memperhatikan penampilan.
 
“Mungkin teman-teman ada yang keinginan menjadi News Anchor maka tidak ada salah nya untuk mempersiapkan diri jadi news anchor yang memumpuni sejak saat ini yaitu dengan cara nya kita persiapkan diri dari sekarang dengan memulai dari tahap awal , nikmati prosesnya dan jadilah jurnalis yang handal” Tambahnya.

Menjadi seorang News Anchor memiliki tugas untuk menjadi jurnalis. Dalam pemaparannya Jihan menjelaskan Jurnalis merupakan kegiatan menyiapkan, mencari mengumpulkan mengolah menyajikan dan menyebarkan berita melalui media berkala kepada khalayak seluas-luasnya dan secepat-cepatnya. Ketika menjadi jurnalis juga penting untuk mengenali produk-produk jurnalistik televisi seperti Soft news, Investigation news, Straight news, Opinion news dan Depth news.

Jihan mengungkapkan setiap produk berita yg disampaikan program berita televisi mempunya jenis kemasannya masing-masing. Ada beberapa jenis kemasan yaitu Paket Berita yang merupakan satu materi berita yang disajikan secara lengkap dan di dubbing / di isi  suara orang lain bukan presenter yang menyiarkan di studio. Voice Over merupakan berita yang disampaikan langsung oleh presenter. Live Report merupakan menyiarkan secara on cam dan disiarkan secara langsung. Live On Tape yaitu siaran langsung yang sudah direkam sebelumnya.Terakhir Sound Of Tape kutipan wawancara dari sejumlah orang terpercaya untuk mendukung narasi yang disampaikan presenter.
 
Menjadi seorang jurnalis dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di era media sosial  yang semakin meningkat. “Kita bisa menjadi jurnalis di kehidupan sehari-hari yaitu dengan cara citizen journalism dan jadilah jurnalis yang memenuhi kriteria untuk bisa menghasilkan produk jurnalistik itu yaitu dalam memuat berita terdapat unsur 5w = 1 H” Tambahnya. (LT)

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved