Berita Energi
Akselerasi Pemanfaatan Energi Bersih Ramah Lingkungan, PGN Bangun 15 Titik Jargas GasKita

Published by: kompas.com 03 August 2022
Di baca: 3 kali

KOMPAS.com – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai sub holding gas PT Pertamina (Persero) berkomitmen mengakselerasi pemanfaatan energi bersih ramah lingkungan yang dapat membantu pemerintah dalam menekan subsidi energi. Komitmen tersebut diwujudkan PGN dengan memulai pembangunan Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas) GasKita di 15 titik melalui skema investasi internal. 

Pembangunan di 15 titik itu terdiri dari empat provinsi, yaitu Lampung, Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Banten, dan Jawa Barat (Jabar).  Empat provinsi tersebut meliputi 11 kabupaten dan kota, yaitu Lampung, Bekasi, Cilegon, Cirebon, Jakarta Timur (Jaktim), Jakarta Barat(Jakbar), Jakarta Pusat, Karawang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Bogor. 

Direktur Utama (Dirut) PGN M Haryo Yunianto mengatakan, pembangunan jargas GasKita merupakan bagian dari komitmen nyata pihaknya dalam mengembangkan pemanfaatan energi domestik nasional melalui skema investasi internal. 

PGN Gandeng Dekoruma Gelar Program Bedah Dapur GasKita Program tersebut, kata Haryo, sekaligus dalam upaya mengurangi subsidi energi impor yang menjadi salah satu beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

“Program jargas juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan target 4.000.000 sambungan rumah tangga (SR) di seluruh Indonesia,” jelas Haryo dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Selasa (2/8/2022). 

Pembangunan 15 titik, lanjut dia, juga merupakan tahap awal jargas GasKita dengan total sambungan sekitar 92.000 SR. Hal ini merupakan bagian dari upaya pencapaian target 400.000 SR pada 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akselerasi Pemanfaatan Energi Bersih Ramah Lingkungan, PGN Bangun 15 Titik Jargas GasKita", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/08/02/161204126/akselerasi-pemanfaatan-energi-bersih-ramah-lingkungan-pgn-bangun-15-titik.
Penulis : Dwi Nur Hayati
Editor : Amalia Purnama Sari

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved