Berita Kampus
UPERAISAL 2 Green Products: Alam Asri, Generasi Lestari

Published by: Universitas Pertamina 28 August 2022
Di baca: 45 kali
Jakarta 28 Agustus 2022 - Universitas Pertamina selenggarakan kegiatan webinar pengabdian kepada masyarakat bertajuk UPERAISAL 2 Green Products: Alam Asri, Generasi Lestari. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom.

Kegiatan yang dibuka secara umum ini mengundang Laksamana Muhammad Sakti, Chief Operating Officer SIKLUS dan Rahmad Inca Liperda, Dosen Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina sebagai pembicara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen Program Studi Teknik Logistik sekaligus ketua penyelenggara kegiatan ini, Aji Candra Kurniawan, S.T., M.T., CSCA.

Dalam sambutannya Aji menyampaikan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk perhatian Universitas Pertamina terhadap isu-isu lingkungan yang sedak marak dibicarakan. Selain itu melalui acara ini juga akan dibahas bagaimana implementasi sektor ekonomi dari penerapan green products.

Webinar UPERAISAL 2 membahas seputar masalah sampah plastik di Jakarta ditinjau dari sisi lingkungan dan ekonomi. Narasumber pertama yakni Laksamana Muhammad Sakti, atau yang akrab disapa Alif ini mengatakan, alasan utama jumlah sampah plastik terus bertambah adalah dari biaya produksinya yang murah.

“Untuk sekarang, yes, aku bilang plastik itu murah, namun jika dilihat dari economical benefit-nya, secara longer term, tidak, plastik itu sangat mahal karena dampak multiplier-nya di masa depan sangat buruk bagi masyarakat,” jelas Alif.

Untuk mengatasi permasalahan sampah, salah satu program yang dilakukan oleh Siklus adalah menyediakan layanan home delivery refill service. Hal ini dilakukan dengan cara menyediakan layanan pengiriman barang secara door to door dengan sistem isi ulang.

Menurut Rahmad Inca Liperda, atau yang akrab disapa Inca, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan produk home delivery refill service, diantaranya pengetahuan konsumen terhadap isu lingkungan, harga produk, kualitas aktivitas logistik atau proses delivery, norma yang dianut individu, kontrol individu atas perilakunya.

Dengan diselenggarakannya kegiatan webinar ini, diharapkan para partisipan baik mahasiswa UPER dan peserta lainnya dapat semakin memahami pentingnya mengurangi sampah plastik guna menjaga bumi dari kehancuran. [RD]

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved