Berita Kampus
UPER LEARN BERSAMA BPJS KESEHATAN UNTUK PEGAWAI

Published by: Universitas Pertamina 15 June 2023
Di baca: 69 kali
Jakarta, 15 Juni 2023 - BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) merupakan lembaga atau badan dari pemerintah yang dibentuk untuk memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) secara bertahap.

Beberapa waktu lalu BPJS melakukan sosialisasi di Universitas Pertamina dengan tujuan ingin memberikan pemahaman kepada tenaga kerja Uper terkait jaminan kesehatan terutama yang berada dalam lingkup kampus.

Berikut hak yang akan didapatkan peserta pada program jaminan kesehatan:
1. Mendapatkan kartu identitas peserta sebagai Identitas peserta JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan.
2. Mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.
3. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Menyampaikan pengaduan, kritik, dan saran secara lisan maupun tertulis kepada BPJS Kesehatan.
5. Menentukan FKTP yang diinginkan pada saat mendaftar.

Peserta Pekerja Penerima Upah, baik pemerintah (PPU-P) yang terdiri dari ASN/TNI/POLRL maupun Badan Usaha (PPU-BU) yang terdiri dari pekerja selain ASN/TNI/POLRI, dikenakan besaran iuran bagi peserta PPU adalah 5% dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, tunjangan profesi, dan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan dan upah bagi pekerja formal.

Batas atas upah atau penghasilan sebagai dasar penghasilan adalah Rp12 juta dan bawah sebesar upah minimum Kabupaten/Kota.

Untuk memudahkan peserta, BPJS Kesehatan menyediakan pelayanan secara luring maupun daring. Pelayangan secara luring tersedia pada Kantor BPJS Kesehatan, Mobile Customer Sandra (MCS), Mall Pelayanan Publik, dan PIPP RS. Sedangkan pelayanan luring tersedia di BPJS Kesehatan Care Center 165, VIKA, CHIKA, Pandawa BPJS Kesehatan, dan Mobile JKN. [NA].


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved