Berita Kampus
UPER Bangun Laboratorium Bersama PT COSL INDO

Published by: Universitas Pertamina 28 August 2023
Di baca: 70 kali
Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting bagi individu, kemajuan teknologi berperan cukup penting untuk mendorong kegiatan pembelajaran. Kemajuan teknologi menjadikan sebuah peranan penting untuk memenuhi permintaan energi global dan memberikan kemajuan dalam metode pengeboran minyak.

Tujuan pengeboran minyak untuk mengevaluasi dan menyelesaikan sumur yang akan menghasilkan minyak secara aman, pengeboran ini menggunakan larutan pemboran. Larutan yang berbahan kimia, mineral, gas udara atau busa dengan menggunakan komposisi tertentu, larutan ini seperti lumpur dan karena itu diberikan nama lumpur pemboran.

Lumpur Pemboran (Drilling Fluid, Drilling Mud) merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam operasi pengeboran sumur minyak dan gas. Berkembangnya teknologi pemboran lumpur mulai digunakan. 

Universitas Pertamina (UPER) bersama dengan prodi Teknik Perminyakan 2023, terus meningkatkan kualitas Pendidikan, Penelitian, serta  Pengabdian Masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia. UPER bersama dengan PT COSL INDO melakukan nota kesepahaman untuk dapat membangun laboratorium semen dan lumpur di UPER.

Penandatanganan nota kesepahaman ini turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan dan Kerja Sama Universitas Pertamina Prof. Dr. Ir. Rudy Sayoga Gautama Benggolo. Ketua Program Studi Teknik Perminyakan Raka Sudira Wardana beserta jajaran Universitas Pertamina, serta Bu Jiyong Vice President of COSL/ Oilfield Chemical Division, PT COSL INDO beserta jajaranya.

PT COSL INDO memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat UPER untuk mendapatkan kesempatan untuk magang Tugas Akhir, Kerja Praktek serta pelatihan sertifikasi dan kompetensi pada bidang pengeboran.

Nota kesepahaman ini merupakan salah satu sinergi UPER untuk dapat terus meningkatan kualitas pendidikan serta membuka peluang karir bagi para mahasiswa. Program kerjasama ini menjadikan sebuah langkah nyata untuk mempersiapkan generasi muda untuk berbagai tantangan pada dunia industri energi.

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved