Berita Kampus
Teknik Geologi UPER Berhasil Menjuarai International Geomapping Competition (IGC) 2022

Published by: Universitas Pertamina 01 August 2023
Di baca: 56 kali
Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina berhasil meraih juara ketiga dalam International Geomapping Competition (IGC) 2022. IGC merupakan kompetisi pemetaan geologi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada sejak tahun 2011. Kompetisi IGC bersifat terbuka untuk seluruh mahasiswa geologi dari berbagai universitas di Asia Pasifik.  

IGC 2022 diselenggarakan pada 12 sampai dengan 17 September 2022 dengan mengusung tema ‘’Unearthing the Earth Heritage Through Geomapping”. Lokasi pemetaan yang ditentukan adalah Pegunungan Selatan, tepatnya pada daerah Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Peserta kompetisi dituntut untuk dapat melakukan pencarian lapangan, pengolahan data, menyajikan data, serta mempresentasikan data. 

Perwakilan Teknik Geologi Universitas Pertamina bersaing dengan Perwakilan dari Universitas Gadjah Mada (2 tim), Universitas Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, dan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran’’ Yogyakarta. Dalam enam hari, para peserta dibekali dengan peralatan geologi lengkap sehingga tidak diperbolehkan untuk mengakses internet atau membawa alat komunikasi selama kompetisi berlangsung.
 
Melalui hasil penilaian dewan juri, Tim Demeter, perwakilan dari Teknik Geologi Universitas Pertamina berhasil meraih juara ketiga International Geomapping Competition 2022. Sementara juara pertama dan kedua diraih oleh kedua tim perwakilan dari tuan rumah, Universitas Gadjah Mada. Prestasi ini menunjukkan bahwa tim Teknik Geologi Universitas Pertamina merupakan salah satu tim dengan kesiapan yang baik dibandingkan dengan seluruh tim yang turut berkompetisi walaupun adanya keterbatasan pembelajaran dan pelatihan karena pandemi yang terjadi dalam dua tahun ke belakang. [GA]
 

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved