Berita Kampus
Siap Hadapi Dunia Perkuliahan, HIMAKOM UPER Bekali Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa Baru

Published by: Universitas Pertamina 12 December 2023
Di baca: 53 kali
Forum Ekonomi Dunia atau yang lebih dikenal dengan sebutan World Economic Forum (WEF) melakukan survei yang berjudul Future of Jobs 2023. Dalam laporan survei tersebut, diperkirakan sebanyak 83 juta pekerjaan dalam lima tahun ke depan akan hilang dan berdampak besar bagi para tenaga kerja. Hal tersebut dikarenakan hadirnya kemajuan teknologi seperti sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Oleh karena itu penting bagi mahasiswa di era ini untuk mengembangkan keterampilan dalam menghadapi perkembangan zaman. Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI mengungkapkan setidaknya ada 15 keterampilan yang paling dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 dan era digitalisasi. Salah satu keterampilan yang harus dimiliki ialah kemampuan berpikir kritis. 

Menyadari hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Universitas Pertamina membekali para mahasiswa baru dengan materi berpikir kritis (critical thinking) pada acara WINNING.COMM 5.0. Dalam rangkaian acara WINNING.COMM 5.0, diadakan sesi talkshow bersama Dhimas Andriyan Saputro, S.I.Kom selaku alumni Prodi Komunikasi yang memiliki pengalaman kerja di instansi BUMN dan perusahaan multinasional. Sesi talkshow diadakan di ruang 3103 Gedung Laboratorium Universitas Pertamina. 

Dhimas mengungkapkan bahwa secara sederhana critical thinking adalah suatu cara berpikir untuk mencari solusi dari suatu permasalahan. Dalam melakukan critical thinking diperlukan enam tahap yang mencangkup tahap observation, analysis, synthesis, inference, communication, dan problem solving. Ia juga menyampaikan bahwa seorang mahasiswa setidaknya harus memiliki satu kemampuan teknis yang diantaranya terdiri dari kemampuan menulis, kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan fotografi dan editing, serta kemampuan videografi. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan permasalahan yang sekiranya dihadapi oleh mahasiswa, seperti permasalahan akademik, organisasi, dan lainnya. 

“Saya merasa materi yang disampaikan sangat informatif dan menarik. Selain diberikan pengetahuan mengenai cara berpikir kritis, kami juga diberikan contoh penerapannya di kehidupan nyata. Saya berharap dapat mempelajari keterampilan lainnya di lain waktu,” ujar Untsa, peserta WINNING.COMM 5.0


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved