Berita Kampus
MENDALAMI PENGETAHUAN DI BIDANG EKONOMI BERSAMA BANK INDONESIA

Published by: Universitas Pertamina 15 December 2023
Di baca: 60 kali
Pada Kamis, 14 Desember 2023, Program Studi Ekonomi Universitas Pertamina (UPER) telah melangsungkan kegiatan company visit ke Bank Indonesia. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa/i Program Studi Ekonomi UPER, Dr. Feriansyah, S.E., M.Si, selaku Ketua Program Studi Ekonomi UPER, dan pihak Bank Indonesia.

Company visit ini memiliki tujuan, seperti membantu mahasiswa dalam membangun jejaring dengan para profesional di industri yang relevan, memberikan pengalaman langsung tentang praktik terbaik dan proses kerja dalam industri tertentu, membantu mahasiswa dalam merencanakan karir mereka dengan lebih baik berdasarkan wawasan dari perusahaan yang akan dikunjungi, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjelajahi berbagai bidang dan industri pekerjaan.

Adapun rangkaian kegiatan inti dari company visit ini, yakni mahasiswa diajak untuk melakukan pre test terkait bidang ekonomi dengan menggunakan Kahoot. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa tahu dan dengan dengan program studinya. Lalu, masuk ke bagian terpentingnya, yaitu seminar ‘Transformasi Kelembagaan Bank Indonesia, Kebanksentralan dan Pembayaran Non Tunai’.

Materi tersebut membahas bagaimana dari awal Bank Indonesia berdiri dan struktur kepengurusan Bank Indonesia. Sementara itu, untuk materi Kebanksentralan membahas terkait perbedaan bank sentral dan bank konvensional, serta fungsi atau tugas Bank Indonesia untuk masyarakat Indonesia. Dan materi Pembayaran Non Tunai membahas tentang perkembangan Qris yang sudah bisa diakses di beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura, serta membahas perbedaan uang digital dan dompet digital.

“Suatu kehormatan buat kami (Prodi Ekonomi) bisa mengunjungi salah satu perusahaan ternama di Indonesia, yaitu Bank Indonesia. Mereka menyambut kami dengan sangat baik dan pastinya materi yang disampaikan sangat relevan dengan bidang ilmu yang kami jalankan. Harapannya, semoga kami bisa bekerja sama lebih lanjut dengan Bank Indonesia seperti company visit, kesempatan magang, kerjasama berupa suatu event, dan kesempatan untuk masuk ke dunia kerja Bank Indonesia ,” ucap Achmad Rizki, mahasiswa dan penanggung jawab kegiatan. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved