Berita Kampus
MAHASISWA TEKNIK PERMINYAKAN GANDENG PENGHARGAAN SEBAGAI CONSOLATION PRIZE DI KANCANG INTERNASIONAL

Published by: Universitas Pertamina 04 September 2023
Di baca: 65 kali
Simulasi reservoir merupakan proses pemodelan matematika dari perilaku aliran fluida di dalam reservoir bawah tanah untuk mengestimasi produksi minyak atau gas. Pada proses tersebut melibatkan penggunaan data geologi, petrofisika, dan teknis reservoir untuk memprediksi bagaimana fluida akan bergerak dan mengakumulasi di dalam lapisan batuan reservoir selama produksi.

Pada industri migas, simulasi reservoir memegang peranan penting bagi keberlanjutan operasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan serta kehati-hatian pertimbangan ketika melakukan simulasi, sehingga hasil yang dihasilkan dapat mewakili kondisi reservoir sebenarnya. Sebelum melakukan simulasi, penting untuk dilakukan memahami beberapa parameter dalam model.

Tim Valio merupakan mahasiswa Program Studi Perminyakan UPER yang terdiri dari Muhammad Abdul Aziz, Bima Putra Rayyan, dan Raihan Dhia Nandika mengikuti kompetisi PetroSolve Reservoir Simulation.

PetroSolve Reservoir Simulation merupakan kompetisi simulasi reservoir yang diadakan oleh SPE Universitas Teknologi Petronas, Malaysia dan pada kesempatan ini bekerja sama dengan Rock Flow Dynamics. 

Pada kompetisi tersebut karya yang dibuat oleh Tim Valio yaitu field development plan yang dapat diimplementasikan dalam dunia yang sesungguhnya dengan menjadikan parameter ekonomi yang menjadi acuan dalam melakukan development plan yang dapat diimplementasikan di lapangan.

"Tim kami membuat field development plan yang lebih realistis dan masuk akal serta sesuai dengan output yang diharapkan oleh juri,"ujar Muhammad Abdul Aziz.

Tercatat sebanyak 13 tim lolos tahap finalis yang berasal dari 3 negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Filipina, tim Valio turut berhasil mendapatkan penghargaan Consolation Prize.

"Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, saya dan tim berharap segala aspek dari Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina dapat terus memberikan dukungan kepada mahasiswanya, agar mahasiswa dapat menunjukkan kemampuannya di kancah nasional maupun internasional," ungkap Bima Putra Rayyan. [NA].

Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved