Berita Kampus
Dorong Transformasi Energi, Kolaborasi Mahasiswa Universitas Pertamina dan PT Pertamina

Published by: Universitas Pertamina 30 November 2022
Di baca: 56 kali
Jakarta, 30 November 2022  – Energi bersih menjadi tren energi terbaru bagi semua negara termasuk Indonesia, karena dampak perubahan iklim yang semakin terasa di seluruh penjuru bumi, dunia internasional sepakat untuk mencapai  net – zero emission pada 2060. Mengikuti kesepakatan tersebut, Indonesia memiliki kebijakan untuk mencapai target Energi Baru dan Terbarukan (EBT) sebesar 23% pada bauran energi nasional pada tahun 2025.

Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, menjelaskan mengenai pentingnya inovasi sebagai sebuah upaya dalam meningkatkan produktivitas di sektor energi Indonesia. "Inovasi merupakan kunci transformasi dan energi untuk menciptakan perubahan dalam menjawab tantangan. Inovasi juga sebagai modal untuk menjadi bangsa yang maju dan terdepan," ujar Ego pada seminar dan pameran 50 Inovasi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, UKM Inovasi Energi Universitas Pertamina memiliki tujuan strategis untuk mencapai transformasi energi di Indonesia. Ketua UKM Inovasi Energi, Ahmad Hardiyansyah, ingin agar mahasiswa Universitas Pertamina dapat meningkatkan ketertarikan pada isu energi khususnya inovasi energi.

“UKM Inovasi Energi didirikan dengan tujuan untuk menyadarkan mahasiswa sebagai akademisi mengenai pentingnya transformasi energi di Indonesia,” ujar Ahmad dalam wawancara pada saat UKM Fair 2022, Senin (10/10).

Kegiatan diskusi mingguan anggota UKM Inovasi Energi membahas perkembangan energi, inovasi, teknologi, dan solusi energi terbarukan. Selain itu, mereka membangun komunikasi dengan komunitas mahasiswa Universitas lain yang memiliki minat dalam Inovasi Energi, dengan harapan untuk membangun kolaborasi dalam Inovasi Energi.

Pencapaian UKM ini merupakan program Innovation Energy Challenge yang berkolaborasi dengan PT Pertamina. Melibatkan 5 dosen dan 20 mahasiswa Universitas Pertamina, untuk melakukan penelitian terkait inovasi energi khususnya pada energi bersih, kemudian hasil penelitian tersebut akan diterapkan oleh PT Pertamina pada unit kilangnya.

Siswa yang tertarik dengan industri energi dan memiliki prestasi dapat bergabung dalam Universitas Pertamina yang memiliki dosen ahli praktisi industri energi. Informasi selengkapnya mengenai Universitas Pertamina bisa dilihat, melalui laman berikut https://pmb.universitaspertamina.ac.id


Thumbnail

Tinggalkan Balasan

Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalam UU ITE

© 2021 Universitas Pertamina.
All Rights Reserved